Sukses

Mudik Lebaran Telah Usai, Jangan Lupa Cek 5 Komponen Mobil Ini

Bagi sebagian masyarakat yang sudah siap bekerja minggu ini, maka mudik Lebaran 2022 bisa dikatakan telah berakhir. Jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil usai perjalanan jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian masyarakat yang sudah siap bekerja minggu ini, maka mudik Lebaran 2022 bisa dikatakan telah berakhir. Jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil usai perjalanan jarak jauh.

Untuk menjaga performa mobil pasca mudik dan libur Lebaran, pemilik disarankan untuk membawa ke bengkel untuk melakukan perawatan. Namun, jika dirasa tidak perlu, juga bisa dilakukan pemeriksaan manual.

1) Oli

Pastikan pemilik mobil memeriksa cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat mengubah kekentalan oli dan volumenya berkurang.

Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli.

2) Kaki-Kaki

Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Periksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3) Rem

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman yang juga bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik.

Pemilik mobil dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal, dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

4) Filter Bahan Bakar

Selama perjalanan mudik, kadang pengemudi terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tertentu.

Maka dari itu, pastikan juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5) Interior dan Filter AC

Pastikan interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh, mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.