Sukses

Libur Lebaran 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Jateng

Libur Lebaran 2022 menjadi momentum kebangkitan pariwisata Jawa Tengah usai terpuruk imbas dihantam pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Purwokerto - Libur Lebaran 2022 menjadi momentum kebangkitan pariwisata Jawa Tengah usai terpuruk imbas dihantam pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir. Hal itu diungkapkan Direktur Operasional PT Palawi Risorsis Wawan Triwibowo.

"Berdasarkan data dari dua objek wisata yang kami kelola, yakni Wana Wisata Baturraden, Banyumas, dan Wana Wisata Coban Rondo, Malang, jumlah kunjungan wisatawan selama momentum Lebaran 2022 mengalami peningkatan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (6/5/2022).

Ia menduga hal itu disebabkan saat sekarang wisatawan yang lebih senang untuk mencari destinasi wisata alam terbuka karena dinilai lebih aman dengan udara terbuka dan area cakupan pengunjung lebih luas jika dibandingkan dengan objek wisata buatan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap momentum Lebaran 2022 merupakan titik balik kebangkitan bisnis sektor pariwisata.

"Artinya, dengan semakin banyaknya program pemerintah melalui vaksinasi 'booster', daya tahan tubuh masyarakat semakin baik, sehingga tidak ada lagi pandemi, dan pandemi bisa menjadi endemi ke depan," kata Wawan.

Ia mengaku optimistis dengan bangkitnya sektor pariwisata akan berdampak terhadap kebangkitan kegiatan ekonomi, sehingga ekonomi perusahaan khususnya PT Palawi Risorsis yang merupakan anak perusahaan Perum Perhutani itu juga semakin baik.

Dengan demikian, pihaknya dapat segera melakukan investasi perbaikan sarana dan prasarana wisata yang ada di Wana Wisata Baturraden maupun Wana Wisata Coban Rondo.

Lebih lanjut, Wawan mengakui dengan adanya kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat untuk mudik saat Lebaran 2022 telah berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan khususnya di dua objek wisata yang dikelola Palawi.

"Dengan diizinkannya masyarakat untuk mudik saat Lebaran 2022, tingkat kunjungan wisatawannya sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu," katanya menegaskan.

Khusus untuk Wana Wisata Baturraden, puncak kunjungan wisatawannya terjadi pada H+1 Lebaran atau Rabu (4/5/2022).

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Wisatawan

Wawan juga mengatakan berdasarkan pendataan di gerbang Wana Wisata Baturraden, jumlah wisatawan pada H1 Lebaran tercatat sebanyak 194 orang, H2 Lebaran sebanyak 1.161 orang, H+1 Lebaran mencapai 1.983 orang, dan H+2 Lebaran sebesar 1.903 orang.

"Kalau hari ini (6/5) yang merupakan H+3 Lebaran belum terdata dan wisatawan yang berkunjung cenderung sepi. Mungkin karena hari Jumat dan cuaca mulai turun hujan rintik-rintik, semoga setelah Jumatan reda dan kembali cerah, sehingga ada pengunjung yang datang," katanya.

Wawan memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan pada H+4 Lebaran dan H+5 Lebaran tidak akan mengalami peningkatan signifikan karena sebagian pemudik telah kembali ke daerahnya untuk menghindari kemacetan pada arus balik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini