Sukses

Biar Tidak Ngantuk Setelah Sahur Ramadhan, Ikuti 5 Cara Ini

Berikut 5 cara untuk menghindari ngantuk dan keinginan langsung tidur setelah makan sahur Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan 1443 Hijriah memasuki hari keenam, Jumat (6/4/2022). Salah satu ibadah wajib selama bulan suci ini adalah berpuasa.

Rasanya kurang lengkap jika menjalankan ibadah puasa Ramadhan tanpa makan sahur. Biasanya aktivitas ini dilakukan sebelum memasuki waktu subuh.

Setelah makan sahur sebaiknya Anda tidak tidur karena tak bagus bagi kesehatan. Sebab, setelah sahur organ pencernaan masih bekerja untuk mengolah makanan yang dikonsumsi di waktu tersebut.

Karena itu, tidak tidur setelah makan sahur adalah langkah tepat. Dengan begitu, sistem pencernaan memiliki waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi menjadi lebih baik.

Sementara jika tidur, maka seluruh fungsi tubuh beristirahat, termasuk organ pencernaan. Akibatnya, sistem pencernaan tidak punya kesempatan bekerja dengan baik.

Pada akhirnya, akan terjadi timbunan zat di dalam perut. Untuk menghindari ngantuk dan keinginan langsung tidur setelah makan sahur, ada 5 cara yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari Klik Dokter:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak tidur setelah sahur

1. Untuk mengalihkan keinginan tidur setelah makan sahur, Anda dapat mencicil pekerjaan kantor. Selain itu, Anda juga bisa menonton televisi.

2. Agar tidak mengantuk dan lemas setelah makan sahur, Anda dapat menyegarkan tubuh dengan mandi. Ada baiknya menggunakan air dingin, jangan air hangat.

Sebab, air hangat justru membuat rubuh Anda menjadi terasa relaks. Dengan begitu, Anda justru bisa semakin mengantuk.

3. Tidur lebih cepat dari waktu biasanya di malam hari. Sehingga saat bangun sahur Anda sudah cukup waktu tidur dan tidak mudah mengantuk.

3 dari 3 halaman

Cara lainnya

4. Saat santap sahur, sebaiknya batasi porsi makanan. Karena, semakin banyak makanan yang dikonsumsi, maka Anda justru akan semakin mudah mengantuk.

5. Cara kelima agar Anda tidak mengantuk setelah makan sahur adalah membersihkan rumah. Kegiatan ini bisa meningkatkan produksi hormon adrenalin.

Selain itu, membersihkan rumah juga dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih semangat dalam memulai hari di saat puasa Ramadhan.

Lima cara di atas bisa Anda coba untuk menghindari langsung tidur setelah aktivitas sahur. Selamat puasa Ramadhan 1443 Hijiriah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.