Sukses

Ini Keutamaan Sholat Subuh yang Penuh Keistimewaan

Ketika seseorang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah di masjid, maka orang-orang tersebut akan disaksikan oleh para malaikat yang bertugas di malam dan siang hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat menjadi salah satu ibadah yang wajib dijalankan bagi setiap umat muslim di dunia. Terdapat lima waktu sholat yang wajib dilaksanakan, salah satunya sholat subuh yang dilaksanakan pada waktu sebelum terbitnya matahari.

"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya sholat Shubuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (Qs. Al-Isra’: 78)

Namun, sholat subuh menjadi hal yang begitu berat untuk dilakukan. Butuh perjuangan ekstra untuk dapat melakukan kewajiban tersebut. Terkadang, beberapa orang melewati waktu subuh karena tidak bangun pagi untuk melakukannya. Padahal sholat subuh menjadi salah satu kewajiban bagi setiap umat Islam dan memiliki keutamaan yang luar biasa.

"Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651).

Berikut Liputan6.com telah merangkum beberapa keutamaan sholat subuh agar setiap umat Islam dapat mengetahuinya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Ketika Sholat Disaksikan Malaikat

Ketika seseorang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah di masjid, maka orang-orang tersebut akan disaksikan oleh para malaikat yang bertugas di malam dan siang hari.

Saat datang waktu subuh, malaikat yang bertugas malam hari akan digantikan oleh malaikat yang bertugas pada siang hari.

Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Bukhari yang berbunyi:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu sholat Subuh dan Ashar. Setelah itu, malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit, lalu Allah bertanya kepada mereka – dan Dia lebih tahu tentang mereka-, ‘Bagaimana kalian tinggalkan hamba hamba Ku?’ Mereka menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datang kepada mereka ketika mereka sholat,” (HR Bukhari).

 

3 dari 12 halaman

2. Dapat Keutamaan Sholat Sepanjang Malam

Keutamaan melaksanakan sholat subuh secara berjamaah di masjid salah satunya yaitu akan mendapatkan keutamaan sholat sepanjang malam. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi:

"Barangsiapa yang sholat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah sholat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang sholat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656).

 

4 dari 12 halaman

3. Mendapatkan Rezeki

Keutamaan lainnya yaitu akan dilapangkan rezekinya. Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW tengah melaksanakan sholat subuh. Setelah selesai, beliau kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fatimah yang masih tertidur pulas.

Kemudian, beliau membalikkan tubuh Fatimah dan kakinya lalu mengatakan sesuatu kepada putrinya yang berisi:

"Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari." (H.R. Baihaqi).

 

5 dari 12 halaman

4. Sebagai Kunci Kemenangan

Pada zaman Rasulullah SAW, ketika beliau ingin menyerang suatu kaum, maka beliau menundanya hingga datang waktu subuh. Hal tersebut disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari:

"Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh." (HR Bukhari)

Dahulu kala, pasca meletusnya perang Mesir-Israel tahun 1973 ada seorang tantara Mesir yang mengajak tantara Yahudi yang paham berbahasa arab berbicara. Tentara Mesir tersebut mengatakan:

"Demi Allah, kami akan memerangi dan mengalahkan kalian sampai ada di antara kalian yang bersembunyi di balik pohon dan bat. Kemudian pohon dan batu itu mengatakan, 'Hai hamba Allah, hai muslim, ini ada Yahudi di belakangku, ke mari dan bunuhlah dia." Tentara Yahudi menjawab,"Semua itu tidak akan terjadi sebelum sholat subuh kalian sama dengan sholat Jumat."

 

6 dari 12 halaman

5. Melaksanakan Sholat Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Isinya

Dalam hadis riwayat Muslim menjelaskan bahwa sholat subuh lebih baik dari dunia dan segala isinya.

"Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya." (HR. Muslim 725).

 

6. Penyebab Masuk Surga

Selain itu, melaksanakan sholat subuh juga memiliki keutamaan sebagai salah satu penyebab masuk surga. Hal ini disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

"Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga." ( HR. Bukhari no 574 dan Muslim no 635).

Sholat subuh merupakan sholat bardain yang apabila dikerjakan maka akan mendapatkan surga dari Allah SWT.

 

7 dari 12 halaman

7. Menjadi Penghalang Masuk Neraka

Selanjutnya, sholat subuh menjadi salah satu penghalang untuk orang-orang yang menjalankannya masuk ke neraka.

Maka dari itu, lakukanlah sholat subuh maupun sholat lainnya dengan hati yang ikhlas dan niat karena Allah SWT.

Hadis riwayat Muslim menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi:

"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari ( yaitu sholat subuh dan sholat sebelum tenggelamnya matahari yaitu sholat ashar." (HR. Muslim no. 634).

 

8. Sebagai Sumber Cahaya Saat Kiamat

Ketika hari kiamat datang menghampiri, sholat subuh menjadi salah satu sumber cahaya yang akan menerangi umatnya ketika seluruh sumber cahaya di dunia akan padam.

Matahari yang biasa menerangi akan digulung dan hanya ibadah yang akan menerangi.

 

8 dari 12 halaman

9. Jadi Jaminan Allah SWT

Rasulullah SAW berjanji, apabila umatnya melaksanakan sholat subuh, maka Allah SWT akan melindungi siapapun yang mengerjakannya seharian penuh.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Muslim dari Jundab bin Sufyan yang berbunyi:

''Barangsiapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barangsiapa yang membunuh orang yang menunaikan sholat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka.” (HR Muslim, at-Tirmizi dan Ibnu Majah).

 

10. Dapat Keberkahan dari Allah SWT

Apabila melaksanakan sholat subuh secara berjamaah, maka kelak akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Hal tersebut dikarenakan, ketika melaksanakan sholat subuh maka seluruh kegiatan manusia akan dilakukan pagi hari, terlebih aktivitas wajib dan pelaksanaan sholat subuh berjamaah.

 

9 dari 12 halaman

11. Terhindar dari Golongan Orang Munafik

Salah satu manfaat menjalankan sholat subuh yaitu dapat menjadikan orang tersebut terhindar dari sifat munafik.

Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah yang berbunyi:

"Tidak ada Sholat yang lebih berat (dilakukan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan juga sholat Isya. Seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan kemudian membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan shalat (di masjid)." (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

 

10 dari 12 halaman

12. Mendapat Peluang Pahala Haji dan Umrah

Bagi seluruh umat Islam yang selalu menjalankan kewajiban sholat subuh dan berzikir hingga terbit matahari, maka orang tersebut akan dapatkan peluang untuk meraih pahala haji atau umrah untuk ibadah lainnya.

Hadis riwayat Tirmidzi keterangan dari Anasibn Malik Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi).

 

11 dari 12 halaman

13. Miliki Kesempatan Sholat Sunah Subuh

Tak hanya itu, manfaat lain dari melaksanakan sholat subuh yaitu dapat memiliki kesempatan untuk melakukan sholat sunah subuh atau sholat subuh berjamaah.

Keutamaan dari sholat sunah subuh dua rakaat tersebut yaitu lebih baik dari dunia dan isinya. Hal ini disampaikan dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi:

"Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya." (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah RA).

 

12 dari 12 halaman

14. Dapat Melihat Allah SWT Saat Kiamat Nanti

Bagi mereka yang dapat menjaga sholat subuh dan ashar, kelak ketika di surga akan dijanjikan dapat melihat Allah SWT. Keutamaan ini menjadi ganjaran terbesar yang akan dikaruniakan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya.

Dalam hadis riwayat Bukhari-Muslim dari Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali RA mengatakan yang berbunyi:

“Kami pernah duduk bersama Nabi Muhammad  shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama tersebut, Maka, Nabi Muhammad bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak akan terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak untuk meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan juga sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim).

 

Cinta Islamiwati

Sumber: Dream

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.