Sukses

Tips Kenakan Masker agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Ada beberapa alasan mengapa menjaga kebersihan mulut kini menjadi semakin penting, terutama terkait penggunaan masker saat Ramadan di tengah COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak. Namun, pemakaian masker terus-menerus selama puasa Ramadan, terutama ketika berada di luar, memicu bau mulut mengganggu serta penumpukan plak di permukaan gigi.

Oleh karena itu, ortodontis dan dokter gigi secara khusus memperingatkan agar berhati-hati atau menjaga kebersihan mulut sepanjang Ramadan. Ini karena pemakaian masker yang terus menerus di tempat kerja dapat memperburuk penumpukan bakteri di rongga mulut.

Dilansir dari Gulfnews, ada beberapa alasan mengapa menjaga kebersihan mulut kini menjadi semakin penting, terutama saat Ramadan di tengah COVID-19.

“Saat Anda memakai masker dalam waktu lama, mulut cenderung kering. Dengan kedua hidung dan mulut terlindung di belakang kain, orang cenderung lebih sering membuka mulut (untuk bernapas), yang menyebabkan peningkatan kekeringan,” jelas dokter gigi dan spesialis ortodontis di Prime Health Care Group, Dr Sanjay Jyothish

Pasalnya, selama Ramahan dengan jam puasa yang panjang tanpa air, terjadi dehidrasi dan pemicu lebih banyak kekeringan. Air liur di mulut kita menetralkan asam tetapi memakai masker mengurangi produksi air liur. Oleh karena itu, tingkat Ph rongga mulut kita menjadi tidak seimbang.

"Ph adalah keseimbangan asam dan air liur menjaga keseimbangan pH pada tingkat netral 6,2-7,6 di rongga mulut. Dengan tidak adanya kadar air liur yang optimal, keseimbangan pH terganggu, memicu perkembangbiakan bakteri di mulut kita yang menyebabkan bau mulut tidak sedap, lebih banyak penumpukan plak dan peradangan gusi,” kata Jyotish.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Cara Jaga Kebersihan Mulut

Berikut delapan cara menjaga kebersihan mulut secara optimal selama Ramadan:

1. Selesaikan masalah gigi dengan rutin ke dokter gigi dan menjaga kebersihan gigi.

2. Hindari konsumsi kafein saat sahur.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran segar, makanan utuh (bukan olahan) serta banyak minum.

4. Selalu bersihkan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dan menggunakan obat kumur sebelum berpuasa.

5. Ganti masker wajah setiap empat jam sekali dan jaga kebersihan masker kain dengan rutin mencucinya.

6. Berhenti merokok agar tidak memicu bau mulut.

7. Hindari mengonsumsi karbohidrat olahan, makanan tinggi gula ataupun garam.

8. Jauhi minuman karbonasi dan gorengan yang akan memicu gangguan pencernaan, keseimbangan pH mulut dan infeksi gusi.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini