Sukses

5 Amalan Sunah Ketika Berbuka Puasa yang Wajib Diketahui

Tak sekedar membatalkan puasa, ada amalan sunnah yang perlu kalian ketahui di waktu berbuka tiba.

Liputan6.com, Jakarta Berbuka puasa menjadi hal yang penting dilakukan bagi setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Namun tak sekedar membatalkan puasa, ada amalan sunnah yang perlu kalian ketahui di waktu berbuka tiba.

Amalan ini baik dilakukan agar ibadah puasa maksimal dan juga mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT. Berikut deretan amalan sunnah yang bisa kalian lakukan di waktu berbuka puasa.

1. Menyegerakan Buka Puasa

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk segera melaksanakan buka puasa atau membatalkan puasa ketika waktu berbuka puasa sudah datang. Maka dari itu ada baiknya kalian langsung membatalkan puasa ketika mendengar adzan maghrib berkumandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Buka Puasa dengan yang Manis

Amalan sunnah selanjutnya yang baik dilakukan saat buka puasa adalah berbuka dengan yang manis. Bukan tanpa alasan, pasalnya makanan yang manis dipercaya mampu lebih cepat mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

3 dari 5 halaman

3. Membaca Doa Buka Puasa

Berdoa ketika buka puasa adalah amalan penting dan wajib dilakukan sebelum buka puasa. Jangan sampai kalian lupa membaca doa buka puasa ketika membatalkan puasa.

4 dari 5 halaman

4. Tak Berlebihan saat Buka Puasa

Banyak dari kalian yang sering kali mengonsumsi makanan berlebihan ketika berbuka puasa. Tanpa disadari ini adalah godaan setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Ada baiknya kalian menghindari hal ini selain tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga tidak dianjurkan oleh Rasulullah.

5 dari 5 halaman

5. Memberi Makan Orang yang Buka Puasa

Bulan ramadan adalah bulan yang dirahmati oleh Allah SWT. Segala perbuatan yang baik akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Salah satu hal yang disunnahkan di bulan Ramadan ialah memberikan makan buka puasa kepada orang yang menjalaninya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.