Sukses

Jemaah Wafat Setelah Wukuf di Arafah, Sempurnakah Hajinya?

Orang yang meninggal dunia selepas hari Arafah ibadah haji yang dilakukannya belum sempurna.

Liputan6.com, Jakarta - Arafah merupakan sebuah tempat mulia yang menjadi arena berkumpulnya hamba-hamba Allah SWT yang taat di Tanah Suci.

Tempat ini selalu dipenuhi dengan warna putih pakaian jemaah haji dan umrah. Mereka semua melebur setiap perbedaan duniawi dan menghapus sisa-sisa kemusyrikan dan kesombongan saat di Arafah.

Arafah juga menjadi tempat jemaah haji melakukan wukuf. Wukuf merupakan rukun haji yang harus dilakukan oleh jemaah haji.

Tetapi bagaimana jika meninggal dunia seusai wukuf pada hari Arafah, sempurnakah hajinya?

Dikutip dalam buku 100 Tanya-Jawab Haji & Umrah karya DR Yusuf Al-Qaradhawi, orang yang meninggal dunia selepas hari Arafah ibadah hajinya belum sempurna.

Sebab, ia masih harus menunaikan tawaf ifadah yang berdasarkan kesepakatan umum ulama (ijtima) merupakan rukun yang kedua.

Berbeda hanya kalau seorang meinggal dunia setelah melaksanakan tawaf ifadah di Kakbah. Ibadah hajinya telah sempurna karena ia telah menunaikan dua rukun utama, yakni wukuf di Arafah dan tawaf ifadah. Allah berfirman :

وَلْيَطَّوَّفُوا۟ بِٱلْبَيْتِ ٱلْعَتِيقِ

"Dan hendaklah mereka melakukan tawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah)." dikutip dari Alquran surat Al Hajj ayat 29.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Dapat Pahala

Hanya saja, jemaah haji yang meninggal tersebut tetap mendapatkan pahala karena ia sudah berniat dan sudah melaksanakan amalan haji lainnya, terutama wukuf di Arafah. Menyinggung tentang hijrah, Allah berfirman :

وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Barangsiapa berhijrah di jalan Allah,niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijarah kepada Allah dan Rasul-Nya,kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." dikutip dari Alquran surat An Nisa ayat 100.

Rasullah juga bersabda:

"Semua amal itu hanya sesuai dengan niatnya. Dan, setiap orang hanya memperoleh apa yang diniatkannya,".

 

(Desti Gusrina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.