Sukses

Kepala Lemsaneg: Kami Siap Tidak Terlibat di Pemilu 2014

"Kami tidak pernah berpihak kepada kekuatan politik mana pun. Itu profesionalisme kami semenjak Lemsaneg ada," papar Djoko.

Lembaga Sandi Negara siap menarik kembali kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU sudah mendapat banyak masukan yang mempertanyakan netralitas Lemsaneg dan juga tudingan mendukung kekuatan politik partai pemerintah.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kepada KPU. Kami sudah siap menarik diri untuk tidak terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2014. Supaya tidak terjadi kontraproduktif," kata Kepala Lemsaneg Mayjend TNI Djoko Setiadi di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2013).

Djoko juga menampik tudingan miring terhadap Lemsaneg. Dia menegaskan lembaganya sangat profesional dalam bekerja dan tidak berpihak pada kepentingan politik tertentu mana pun. Namun, pihaknya tak bisa membendung asumsi dan pandangan publik terhadap lembaganya.

"Kami tidak pernah dan tidak akan pernah berpihak kepada kekuatan politik mana pun, itu profesionalisme kami semenjak Lemsaneg ada," papar Djoko.

Polemik yang berkembang di tengah publik terkait netralitas Lemsaneg dalam Pemilu bukan karena keraguan profesionalisme kinerja  lembaga kode negara itu. Akan tetapi publik lebih melihat keraguan netralitas Lemsaneg karena berada langsung di bawah presiden.

"Polemik bukan karena keraguan kemampuan, kapabilitas Lemsaneg menciptakan teknik-teknik Piktografi atau algoritma, pengamanan informasi. Namun ketidak percayaan karena dinilai tidak netral, ini merupakan hal prinsip yang harus disikapi secara tegas," pungkas Djoko. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini