Sukses

Hatta Rajasa Janjikan Rp 10 Triliun untuk Dana Riset

Hatta Rajasa mengatakan, pendidikan berkeadikan inklusi dan berkualitas adalah kewajiban sesuai kontitusi negara wajib sesuai pasal 33

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Hatta Rajasa mengatakan, menyiapkan Rp 10 triliun dalam 5 tahun ke depan. Hal ini untuk mewujudkan pendidikan inklusi yang berkeadilan.

"Pendidikan berkeadikan inklusi dan berkualitas adalah kewajiban sesuai kontitusi negara wajib sesuai pasal 33 ayat 1  ayat 2 dan 5 tentang Iptek. Tidak ada pilihan tidak melaksanakan itu dan anggaran dapat kita siapkan untuk SDM yang merupakan pilar utaman membangun bangsa dan bangun pusat informasi," ujar Hatta Rajasa dalam debat cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Hatta menuturkan, hal tersebut penting karena merupakan bagian peningkatan daya saing bangsa. Pusat-pusat keunggulan juga akan dibangun. Ada 3 hal yang menjadi perhatian.

"Pertama, Prabowo-Hatta menaikkan anggaran terutama untuk perguruan tinggi kaitan Iptek dalam 2 tahun ke depan, menyiapkan Rp 10 triliun dalam 5 tahun ke depan untuk dana riset yang fokus pada untuk percepat difusi, penemuan, agar diterapan dalam sektor yang  betul-betul penting seperti pangan, transportasi, energi kesehatan dan sebagainya," kata Hatta.

Sebab itu, dia akan mengembangkan pendanaan untuk 3 hal utama yaitu kualitas, keterjangkauan, dan keserasian.

Kedua, bila terpilih nanti dia dalam waktu 5 tahun kedepan akan menambah guru sedikitnya 800 ribu dan meningkatkan kesejahteraan guru. "Dengan demikian iptek dan peningkatan pendidikan seiring peningkatan SDM yang berkualitas dalam menghadapi tantangan jaman," tandas Hatta. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini