Sukses

KPU Pastikan TV Penyelenggara Debat Capres-Cawapres Bebas Politik

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, stasiun televisi hanya pelaksana dari acara debat capres-cawapres peserta Pilpres 2014. Lembaga pimpinan Husni Kamil Manik itu memastikan semua televisi bebas kepentingan politik.

"Independensi itu sangat kita tekankan. Kami mengusahakan semuanya bisa independen," ujar Komisioner KPU Sigit Pamungkas di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Sigit melanjutkan, televisi di sini hanya sebagai pihak penyiaran saja. Sedangkan pokok dari pembahasan dan moderator yang dipilih adalah pilihan KPU sendiri.

"Kita inginnya semua ikut berpartisipasi sehingga publik bisa melihat debat dengan baik dan dia (televisi) kan cuma pelaksana penyiaran sedangkan kontennya dari KPU, moderator dari KPU dan pasangan calon," katanya.

Dalam debat capres-cawapres pertama pada 9 Juni disiarkan langsung SCTV, Indosiar, dan Berita Satu. Debat dimoderatori pengamat hukum dari Pukat UGM Zainal Arifin Mochtar.

Debat kedua digelar 15 Juni, khusus untuk capres bertema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial dan disiarkan Metro TV dan Bloomberg.

Untuk debat berikut digelar 22 Juni, yaitu debat capres dengan tema Politik Internal dan Ketahanan Nasional dan disiarkan TV One dan ANTV. Dan keempat, debat diadakan 29 Juni khusus cawapres dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK dan disiarkan RCTI, MNCTV, dan Global TV.

Terakhir, debat akan diadakan 5 JuliĀ  untuk capres dan cawapres dengan tema Pangan, Energi, Lingkungan dan diisiarkan TVRI dan Kompas TV. (Mut)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS