Sukses

Viral Daging 'Zombie' Lompat dari Piring di Restoran, Pelanggan Teriak Ketakutan

Video viral daging 'zombie' melompat dari piring di restoran, pelanggan pun berteriak ketakutan.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai jenis makanan yang disajikan di restoran dengan cara masak sendiri. Umumnya, makanan tersebut berupa ikan atau perdagingan. Koki akan menyajikannya secara mentah di meja makan. Kemudian, pelanggan bisa memasaknya sendiri. Bisa dengan dipanggang atau direbus.

Namun, beberapa kejadian kerap dialami pelanggan kala daging yang akan disantapnya masih bergerak, bahkan melompat dari piring. Seperti dalam sebuah video viral yang dilansir Liputan6.com dari India Times, Selasa (7/5/2024).

Video di bawah ini menangkap momen ketika satu potongan daging tampak merayap dari piring. Daging tersebut tampak menggeliat seperti zombie yang baru bangun dari kematian. Karena itu, netizen ramai menyebutnya daging 'zombie'.

Sepotong daging yang berukuran cukup besar itu menggeliat di piring, lalu mendarat di meja, sebelum akhirnya terjatuh ke lantai. Hal itu membuat pelanggan yang duduk di meja tersebut panik. Terdengar suara teriakan ketakutan dari pelanggan saat daging itu merangkak sendiri keluar dari piring.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daging 'zombie' melompat dari piring di sebuah restoran

Meski sempat bikin geger pelanggan restoran, fenomena daging bergerak sendiri bisa dijelaskan secara ilmiah. Ada penjelasan untuk semua itu yang bukan 'orang mati telah bangkit' alias zombie. Bahkan, kita tak perlu takut karena itu hanyalah sepotong daging yang tidak memiliki kemampuan untuk menggigit.

Alasan mengapa potongan daging itu terus bergerak-gerak selama beberapa waktu setelah kematian dan meski sudah dalam kondisi terpotong-potong. Adalah karena potongan daging tersebut masih segar dan terkena banyak garam.

Snopes memeriksa faktanya dan menemukan bahwa neuron pada potongan daging itu masih aktif, menunjukkan bahwa ia bereaksi terhadap ion natrium yang ditemukan dalam garam dan kecap.

Oleh karena itu, garam menyebabkan otot-otot daging yang tersisa berkontraksi meskipun sudah mati, sehingga membuat daging tampak hidup dan terjatuh seperti zombie.

3 dari 3 halaman

Perhatikan sebelum dikonsumsi

Mereka berspekulasi bahwa rekaman tersebut mungkin berasal dari sebuah restoran yang menyajikan 'ikizukuri', sejenis hidangan makanan laut hidup. Biasanya dilakukan pada ikan, tetapi bisa juga dilakukan pada katak.

Jadi begitulah; mungkin inilah yang menyebabkan daging 'zombie' itu tampak bergerak. Neuron pada potongan daging yang masih aktif itu pada akhirnya akan melemah dan pada akhirnya menjadi tidak aktif. Setelah itu, daging harus didiamkan dulu selama beberapa jam sebelum harus dikonsumsi lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.