Sukses

8 Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali, Alami Perjalanan Spiritual

Perjalanan spiritual artis yang berliku jadi pelajaran berharga.

Liputan6.com, Jakarta Hati manusia cenderung mudah goyah, begitu pula keyakinan. Mengingat dalam Al-Qur’an  An-Nisa Ayat ke-137 digambarkan ada orang yang berpindah dari agama islam ke agama lamanya. Bahkan bolak balik keluar masuk agama Islam yang jadi peringatan tersendiri bagi manusia. Tak heran jika banyak yang punya pengalaman serupa, termasuk para artis.

Ada beberapa artis yang menempuh perjalanan spiritual yang kompleks dengan pindah keyakinan lebih dari sekali. Sosok seperti Dewi Sandra, Bang Tigor, Sandy Tumiwa, dan Nania Yusuf menarik perhatian karena perjalanan spiritual mereka yang berliku.

Dewi Sandra, pernah memeluk agama Islam, kemudian berpindah menjadi Kristen, dan kembali ke agama Islam. Bang Tigor juga mengalami perjalanan serupa, mulai dari Islam ke Kristen, lalu kembali lagi ke Islam. Begitu juga dengan Sandy Tumiwa, yang mengalami perjalanan spiritual dari Buddha ke Kristen, hingga akhirnya memilih Islam. Nania Yusuf, yang berpindah keyakinan lebih dari tiga kali, akhirnya menemukan kedamaian dalam agama Islam.

Namun, ada pula artis yang tidak memeluk agama Islam meskipun sempat berpindah-pindah keyakinan. Contohnya adalah Nafa Urbach, Jonas Rivano, dan Steve Emmanuel. 

 Keputusan mereka ini mungkin dipengaruhi oleh pencarian makna hidup, keinginan akan kedamaian batin, dan pengaruh lingkungan. Berikut Liputan6.com merangkum artis pindah agama lebih dari sekali melansir dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Dewi Sandra, awalnya memeluk Islam, kemudian menjadi Protestan saat menikah dengan Glenn Fredly, namun kini ia kembali ke Islam, bahkan semakin taat.

3 dari 9 halaman

2. Bang Tigor, pemain sinetron Suami-Suami Takut Istri, berpindah agama tiga kali, dari Kristen menjadi mualaf, kemudian kembali lagi ke Nasrani, dan akhirnya mantap sebagai seorang Muslim.

4 dari 9 halaman

3. Marcell Siahaan, awalnya beragama Islam, menjadi penganut Buddha saat menikah dengan Dewi Lestari, namun kembali ke kepercayaan awalnya.

5 dari 9 halaman

4. Sandy Tumiwa, yang awalnya Muslim, memeluk Kristen setelah menikah dengan Tessa Kaunang, namun kini kembali memeluk Islam.

6 dari 9 halaman

5. Nania Yusuf, awalnya seorang Muslim, memeluk Kristen selama 13 tahun sebelum kembali menjadi mualaf setelah membaca dua kalimat syahadat dengan bimbingan dari Gus Miftah.

7 dari 9 halaman

6. Nafa Urbach, saat menjalin hubungan dengan Primus Yustisio, memutuskan menjadi mualaf, tetapi kemudian beralih menjadi Kristen dan menikah dengan Zack Lee.

8 dari 9 halaman

7. Jonas Rivanno, awalnya seorang Kristen taat, menjadi mualaf saat menikahi Asmirandah, namun kembali memeluk Kristen Protestan bersama sang istri.

9 dari 9 halaman

8. Steve Emmanuel, meninggalkan agama Kristen menjadi mualaf, bahkan mengganti namanya menjadi Yusuf Iman, namun setelah terjerat kasus narkoba, ia kembali menjadi umat Kristen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.