Sukses

Bersihkan Makam Terbengkalai, Aksi Influencer Wanita Ini Jadi Sorotan

Bersihkan makam yang tak terurus, aksi wanita ini viral dan tuai pro kontra dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta Makam adalah suatu tempat yang digunakan untuk memakamkan jenazah, atau sisa-sisa manusia yang telah meninggal. Makam juga dapat menjadi tempat ziarah, atau refleksi bagi keluarga dan teman-teman yang ditinggalkan.

Pada umumnya, makam dijaga dan dirawat agar tetap terpelihara dan menjadi tempat yang layak, untuk mengenang dan menghormati orang yang telah meninggal. Ingin agar makam tetap bersih dan terawat, salah satu influencer TikTok memutuskan untuk merapikan kuburan tanpa izin, dengan alasan bahwa "setiap orang berhak mendapatkan tempat peristirahatan yang indah." 

Mulai dari menyekop tanah di sekitar batu nisan dan menyemprotkan pembersih ke nisan dan menggosoknya hingga bersih. Ia juga merenungkan penghuni kuburan dengan merinci nama, tanggal kematian dan bahkan mencoba mengetahui lebih banyak tentang kehidupan mereka. 

Sontak aksi wanita yang dijuluki gadis bersih ini viral karena di tonton jutaan orang, serta tuai beragam komentar pro kontra dari warganet. Ada beberapa yang merasa senang, namun banyak juga dari mereka yang bertanya tentang tindakan merapikan kuburan tanpa izin keluarga.

Berikut ini kisah wanita bersihkan makam terbengkalai yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/3/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wanita Ini Bersihkan Makam yang Terbengkalai

Seorang influencer kebersihan memutuskan untuk merapikan kuburan tanpa izin, dengan klaim bahwa "setiap orang berhak mendapatkan tempat peristirahatan yang indah." Video mengenai proses pemeliharaan kuburan yang terlihat aneh oleh seorang tukang makam ini telah menjadi viral di TikTok, dengan jumlah penonton mencapai jutaan.

Melalui video yang diunggah oleh akun TikTok @_the_clean_girl ini, memperlihatkan dirinya membersihkan kuburan yang ditinggalkan di malam hari tanpa meminta bayaran. Dirinya terlihat menyekop tanah di sekitar batu nisan yang penuh dengan jelaga, seolah-olah sedang menggali kuburan. Kemudian, dengan cara yang tak biasa, dia menyemprotkan pembersih permen karet berwarna merah muda ke nisan dan menggosoknya hingga bersih, menggunakan spons merek Scru***y (salah satu sponsornya, sesuai klip).

Dalam klip tersebut, gadis ini merenungkan tentang kondisi kuburan, bahkan mencoba merenungkan penghuni kuburan dengan merinci nama dan tanggal kematian, bahkan mengekspresikan keingintahuannya tentang kehidupan mereka. 

 

3 dari 3 halaman

Tuai Pro-Kontra dari Warganet

Dengan cara yang agak meresahkan, dia bahkan bertanya apakah si penghuni kuburan suka kue coklat. Melihat aksinya, beragam tanggapan datang dari penggemar di mana beberapa memuji aksinya sebagai "perbuatan baik," sedangkan yang lain merasa tidak senang, dengan tindakan merapikan kuburan tanpa izin keluarga.

Sebagian komentator bahkan menuduhnya memanfaatkan situasi tersebut, untuk mendapatkan perhatian online.

"Rasanya tidak pantas menyentuh makam orang lain tanpa izin keluarga,” kata salah satu orang.

“Anda benar-benar menekankan 'gratis' yang Anda maksud untuk konten,” ejek salah satu pemberi komentar. “Keluar dari kuburan.”

“Jika Anda benar-benar melakukannya secara 'gratis', Anda tidak akan mempostingnya di media sosial untuk mendapatkan pengaruh,” kritik yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.