Sukses

Kisah Pengamen Viral Kaus RSPAD Bersuara Merdu, Kuliah S2 Sambil Rawat Ayah Sakit

Kisah inspiratif pengamen viral kaus putih bertuliskan RSPAD yang punya suara merdu, ternyata sedang menempuh pendidikan S2 sambil merawat sang ayah yang sakit.

Liputan6.com, Jakarta Pengamen jalanan tak jarang yang mempunyai suara bagus. Bukan hanya sekadar meminta uang, tetapi mereka juga memberikan suara merdunya agar bisa dinikmati oleh para pendengarnya. Seperti yang sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial.

Ada seorang pengamen pria memakai kaus putih bertuliskan RSPAD. Terdengar ia menyanyikan lagu First Love milik Nikka Costa di depan sebuah warung makan. Ia tampak membawa speaker dan kantung plastik hitam. Video itu pun viral dan warganet banyak terpukau dengan suaranya yang merdu.

Rupanya, di balik keviralannya tersebut, ia menyimpan sebuah kisah yang memilukan. Dalam sebuah akun TikTok bernama Donny Ramadhan, cerita inspiratifnya dibagikan dalam video berdurasi 3 menit.

Pengamen viral di Bekasi itu ternyata adalah mantan karyawan swasta yang menempuh S2. Namun, kini memilih tidak bekerja karena ingin fokus merawat ayah yang sakit.

"Ketemu Kak Basilica pengamen viral yang ternyata orang berpendidikan," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan, dikutip Liputan6.com dari TikTok @donnyrapu, Sabtu (10/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempuh pendidikan S2 sambil rawat ayah

Pengamen viral berkaus RSPAD di Bekasi ini bernama Basilica. Saat ditanya, pengamen itu mengaku dirinya sudah tidak bekerja sejak 2020 lalu. Ia mengisi waktu dengan mengamen dan sembari mencari penghasilan. Sebelumnya, ia bekerja di sebuah perusahaan swasta.

Basilica mengaku sempat menempuh pendidikan S2 Magister Manajemen Keuangan, namun belum lulus masih mengerjakan tesis. Ia lulus S1 dari jurusan Ekonomi Manajemen. Setelah terkena layoff dari perusahaannya, ia lebih memilih tidak mencari kerja lagi karena harus menjaga sang ayah yang sakit.

Saat ditanya adakah keinginan menyanyi di kafe atau wedding, Basilica mengaku ingin tapi belum sempat terpikir. Pengamen yang mengidolakan Bebi Romeo ini kemudian menunjukkan lagi suara merdunya di dalam video tersebut.

Kagum dengan suara merdu dari Basilica, sang pemilik akun juga mendoakannya agar pengamen viral tersebut bisa tampil di Bajawa Coffee, agar dia bisa tampil dan mendapatkan tempat yang lebih baik daripada sekadar ngamen di jalan.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton hingga 2,2 juta kali itu pun menuai beragam reaksi warganet. Banyak yang mendoakannnya agar bisa menjadi orang sukses. Tak sedikit juga yang mengaku mengenalnya dan mengakui sosoknya adalah orang yang baik.

"Ini temen kantor aku dulu mas donni...emang suaranya bagus bgt.jadi kangen bgt Sama basilica," tulis akun @ellieaulia.

"Semoga setelah viral ka basilica punya kesempatan cari penghasilan yg lebih baik lagi," tulis akun @queen_tpv.

"ini bas temen kuliah ku s1, orang humble baik, semua angkatan pasti kenal dia...semoga Tuhan segera mengangkat derajat mu Bas🤲🏻 dgn pekerjaan yg lebih dari saat ini aamin," tulis akun @harumcake.

"Bener loh, apa yg dihadapi basilica aq pernah ngalamin, dia rela tinggalin pekerjaan demi merawat ortu, saya pun ngalamin itu padahal udah punya posisi di kantor," tulis akun @double_a5598.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut ini:

@donnyrapu

Ketemu Kak Basilica pengamen viral yang ternyata orang berpendidikan.

♬ original sound - Donny Ramadhan - Donny Ramadhan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.