Sukses

12 Fakta Anak Tunggal yang Jarang Diketahui, Relate Banget

Kumpulan fakta menarik tentang anak

Liputan6.com, Jakarta Anak tunggal sering kali menjadi objek stereotip dan prasangka yang kurang akurat. Dalam kenyataannya, banyak fakta menarik yang menggambarkan kehidupan anak tunggal secara lebih mendalam. Pertama, anak tunggal tidak selalu eksentrik atau aneh, seperti mitos yang mengelilingi mereka selama lebih dari seratus tahun. 

Penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk membina hubungan sosial dan memiliki teman sebanyak anak-anak dengan saudara. Fakta ini menunjukkan bahwa anak tunggal memiliki dinamika sosial yang beragam, membantah pandangan umum yang seringkali disematkan pada mereka.

Selain itu, anak tunggal tidak selalu dimanjakan atau egois, sebagaimana diungkapkan oleh sejumlah riset. Meskipun ada beberapa kasus yang menjadi pengecualian, kebanyakan anak tunggal tidak lebih dimanja daripada populasi umumnya. Mereka juga mungkin menghadapi tekanan untuk sukses, baik dari faktor internal maupun eksternal. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kumpulan fakta menarik tentang anak tunggal pada Kamis (8/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mereka Tidak Terlalu Aneh

Mitos anak tunggal sebagai anak yang "aneh" bermula pada tahun 1895, ketika EW Bohannon, seorang psikolog, melakukan survei terhadap lebih dari 1.000 anak (hanya 46 di antaranya adalah anak tunggal) dan menyatakan bahwa anak-anak tanpa saudara lebih mungkin menjadi "jelek, berperilaku buruk, dan bodoh."

Stereotip ini tetap bertahan selama lebih dari 100 tahun, meskipun banyak bukti yang menentangnya. Satu penelitian pada tahun 2008 menemukan bahwa anak-anak dengan saudara memiliki hubungan yang lebih baik dengan teman sebaya mereka di usia taman kanak-kanak.

Namun, penelitian lain telah membantah hal ini, termasuk sebuah studi yang melibatkan 13.466 anak usia 11 hingga 18 tahun yang menemukan bahwa orang cenderung sama-sama menyertakan anak-anak tunggal dalam kelompok teman sebaya mereka seperti halnya anak-anak dengan saudara.

Mari kita nyatakan fakta: Setiap orang memiliki sifat aneh dan kebiasaan. Tapi, tumbuh tanpa saudara tidak membuatmu lebih (atau kurang) aneh.

 

2. Mereka Bukan Anak Manja

Tentu saja selalu ada pengecualian, tetapi seperti yang ditulis Susan Newman PhD dalam bukunya "The Case for the Only Child," berbagai penelitian menunjukkan bahwa "anak tunggal tidak lebih dimanja daripada populasi secara umum."

Namun, anak-anak saat ini menghadapi risiko materialisme yang merajalela, terlepas dari jumlah saudara yang dimiliki. Saat ini, sebagian besar orang tua (59 persen menurut satu jajak pendapat) mengakui bahwa mereka memanjakan anak-anak mereka, terlepas dari jumlah anak yang dimiliki.

Seperti yang dikemukakan Newman, memanjakan "merupakan masalah pengasuhan yang tidak dapat diatasi dengan memiliki dua anak daripada satu."

Mungkin Mereka menerima sedikit lebih banyak hadiah Natal daripada jika Mereka memiliki saudara, tetapi Mereka senang orang tua Mereka membesarkan Mereka untuk bersyukur, bersikap rendah hati, dan bukan anak manja.

3 dari 6 halaman

3. Mereka Tidak Mengasingkan Diri

Meskipun Mereka bukan sosok yang sangat sosial, Mereka memiliki banyak teman saat kecil, dan Mereka masih memiliki banyak teman hingga saat ini.

Mereka sangat beruntung tumbuh di lingkungan yang penuh dengan keluarga besar, sehingga Mereka selalu bisa menemukan seseorang untuk bersepeda atau bermain di taman. Mereka memiliki teman sebanyak orang lain. Mereka hanya perlu mencari di luar rumah untuk menemukannya.

Sebenarnya, Mereka pikir menjadi anak tunggal membantu Mereka fokus lebih pada persahabatan. Karena Mereka tidak memiliki saudara, Mereka bekerja keras untuk mengembangkan dan menjaga persahabatan yang erat sebagai pengganti quasi-saudara.

Selain itu, saudara kandung bisa dianggap terlalu dihargai, terutama jika Anda harus berurusan dengan saudara yang sulit.

 

4. Mereka Suka Memberikan Tekanan pada Diri Sendiri

Ini bukan hanya tekanan eksternal dari keluarga Mereka. Mereka internalisasi banyak tekanan untuk berhasil dan masih sangat termotivasi untuk mencapai standar tinggi.

Anak tunggal dapat "mendorong diri mereka dengan keras," seperti yang diungkapkan oleh psikolog Carl Pickhardt PhD, penulis The Future of Your Only Child, kepada Vice, dan "mereka bisa cukup kritis ketika mereka tidak berhasil sebagaimana yang mereka inginkan."

Mereka masih ingat merasa menyalahkan diri sendiri karena mendapatkan B- dalam pelajaran kimia. Bagian baiknya? Tekanan tersebut memberikan hasil yang baik: Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak tunggal tidak memiliki kekurangan intelektual dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki saudara, bahkan mungkin memiliki keunggulan dibandingkan dengan anak-anak dari keluarga besar.

Mereka juga mungkin mendapatkan skor lebih tinggi dalam tes IQ. (Studi ini dilakukan pada tahun '91, sebelum Anda bahkan bisa mencari informasi di Google. Temuan penelitian ini mungkin sudah tidak berlaku lagi.)

 
4 dari 6 halaman

5. Mereka Sering Suka Melakukan Hal-Hal dengan Cara Sendiri

Mereka tahu cara berbagi, makanan, rumah Mereka, dan pakaian Mereka. Tapi jujur, Mereka agak pilih-pilih. Ini mungkin hasil dari beberapa faktor, seperti gen dan kepribadian umum, tetapi menjadi anak tunggal mungkin juga memainkan peran dalam hal ini.

Mereka suka cara Mereka mengatur dapur, kamar mandi, dan lemari yang berkode warna, dan Mereka harus berusaha agar tidak terlalu memerintah di luar rumah Mereka.

Mereka tidak dibesarkan dengan saudara yang masuk ke dalam kamarku dan mengacaukan barang-barangku, jadi Mereka tidak terbiasa dengan orang-orang yang mengatur ulang lemari dapur Mereka atau menggali melalui file-file Mereka di tempat kerja.

Mereka tahu ini bisa terlihat sedikit berkuasa, tetapi ketika datang ke proyek di tempat kerja atau sekolah, itu bisa menjadi hal yang bagus: Mereka selalu mengambil peran pimpinan. Dan seringkali, Mereka akan melakukan lebih dari bagian Mereka agar Mereka bisa melihat segalanya selesai.

Jika Anda merasa bosan oleh orang yang suka memerintah — nah, orang yang menyebalkan bisa hebat dalam situasi tertentu, jadi syukuri bahwa Mereka ada di sekitar.

 

6. Mereka Berhubungan Baik dengan Orang Dewasa dan Figur Otoritas

Ketika anak-anak lain sedang menonton TV dengan saudara mereka selama pesta makan malam, Mereka duduk di meja berbicara dengan teman-teman orang tua Mereka.

Sebagai hasil dari bersosialisasi dengan orang dewasa sejak usia muda, Mereka tumbuh dewasa dengan merasa sangat nyaman di sekitar orang dewasa, yang telah sangat membantu Mereka di sekolah dan dunia kerja.

Mereka tidak yakin apakah kebanyakan anak tunggal lain mengalami hal ini, tetapi ini telah menjadi bagian penting dari perkembangan Mereka.

(Hubungan anak-dewasa bisa aneh, misalnya, ibu bisa menjadi cemburu dan merasa iri terhadap anak perempuannya, tetapi Mereka menghargai kemampuan Mereka untuk menjadi teman dengan siapa pun, tanpa memandang usia.)

5 dari 6 halaman

7. Mereka Dapat Menghindari Konflik

Dr. Pickhardt yang disebutkan sebelumnya menulis di Psychology Today bahwa anak tunggal cenderung menghindari konflik, yang sepenuhnya masuk akal bagi Mereka.

Bukan berarti siapa pun benar-benar suka bertengkar, tetapi pertengkaran di antara teman, pasangan hidup, atau rekan kerja membuat Mereka sangat tidak nyaman.

Mereka tidak pernah harus menghadapi pertengkaran berteriak-teriak setiap hari di antara saudara-saudara, jadi Mereka tidak terbiasa dengan konfrontasi dan cenderung merasa pribadi ketika sebenarnya itu seringkali disebabkan oleh berbagai faktor lain.

Sudah waktu yang dibutuhkan untuk menyadari bahwa konflik dapat membantu mendukung pertumbuhan dan koneksi.

 

8. Mereka Dapat Sangat Sensitif

Anak tunggal cenderung sangat terhubung dengan perasaan mereka.

Tidak pernah memiliki saudara untuk menggoda Mereka, Mereka bisa bereaksi berlebihan ketika Mereka merasa orang-orang bersikap kritis, marah, atau menjauh dalam hubungan personal. Dan terkadang Mereka merasa mereka begitu meskipun sebenarnya tidak.

Di sisi positif, sensitivitas Mereka juga membuat Mereka lebih memperhatikan perasaan orang lain, dan Mereka selalu mencoba memikirkan bagaimana tindakan Mereka bisa membuat orang lain merasa.

Hal ini bertentangan dengan kesalahpahaman bahwa anak tunggal secara otomatis "dimanjakan" atau "egois," meskipun beberapa dari kita tanpa ragu akhirnya menjadi seperti itu — kita manusia, dan manusia terkadang tidak enak.

Mereka hanya tidak hanya tidak enak karena mereka tidak memiliki saudara.

6 dari 6 halaman

9. Mereka Cenderung Menyukai Privasi

Di dunia yang sangat suka berbagi saat ini, adalah hal biasa bagi orang untuk memposting setiap detail kecil dari kehidupan sehari-hari mereka. Tapi Mereka masih merasa sedikit malu dan enggan sebelum Mereka memposting foto di Instagram atau mengirimkan Tweet, dan sekarang Mereka tahu mengapa.

Anak tunggal cenderung "merasa sadar sosial, dan menghargai privasi, karena tumbuh menjadi fokus tunggal dari pengawasan tak henti-hentinya oleh orang tua," tulis Pickhardt di Psychology Today.

 

10. Mereka Bisa Menjadi Pendiam dalam Kelompok Besar

Mereka suka berbicara dengan orang satu lawan satu, dan terkadang, setelah cukup banyak minum anggur, Mereka bisa menjadi salah satu orang yang paling ramah di pesta.

Tetapi sebagai anak tunggal, Mereka bisa menjadi sangat pendiam dalam kelompok besar, terutama jika Mereka tidak benar-benar mengenal orang-orang tersebut. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan kelompok tiga atau empat orang. Orang lebih banyak bisa membuat Mereka cenderung mundur.

Jadi atas nama semua anak tunggal, tolong jangan salah paham kependiaman Mereka sebagai kesombongan! Mereka hanya tidak terbiasa dengan semua keramaian itu.

 

11. Mereka Khawatir tentang Menjadi Tua

Maaf jika terdengar kelam sejenak, tetapi cukup menakutkan untuk menghadapi menjadi satu-satunya yang merawat orang tua saat mereka semakin tua. Mereka beruntung belum harus menghadapinya. Tetapi Mereka sudah kehilangan tidur hanya dengan memikirkannya.

Saudara kandung dapat berbagi beban emosional atas kematian orang tua, serta beban fisik menangani barang-barang dan harta benda mereka. Sebagai anak tunggal, semuanya bergantung pada Mereka. Mereka memiliki panduan untuk mengatasi duka dan kecemasan di sini.

 

12. Mereka Memiliki Dinamika Keluarga yang Unik

Seorang teman yang baru-baru ini berkunjung ke rumah Mereka kagum dengan seberapa banyak perhatian yang masih Mereka dapatkan dari orang tua Mereka.

Ya, itu bisa intens. Tetapi Mereka tidak akan menukarkan hubungan sangat dekat Mereka dengan orang tua dengan apa pun. Mereka telah mengajari Mereka begitu banyak tentang hidup dan diri Mereka sendiri, mereka tahu (hampir) segalanya tentang Mereka, dan Mereka tahu banyak tentang mereka — baik atau buruk.

Hal itu bisa sulit ketika perselisihan muncul, dan tidak ada orang lain di ruangan untuk meredakan ketegangan (atau menanggung tanggung jawab).

Tapi intinya? Mereka tidak ingin ada yang lain. Mereka menyusun panduan untuk mengetahui apakah Anda memiliki hubungan yang normal dengan orang tua Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.