Sukses

10 Contoh Kata Kunci dalam Kalimat, Simak Pula Definisi dan Ciri-Cirinya

Kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, cerita, abstrak atau teks, serta catatan isi.

Liputan6.com, Jakarta Contoh kata kunci bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang belajar bahasa Indonesia. Kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, cerita, abstrak atau teks, serta catatan isi.

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kebpribadian (2007) oleh Widjono Hs., arti kata kunci adalah kata atau frasa atau konsep yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan ke dalam suatu informasi yang disampaikan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata kunci adalah kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu zaman atau kelompok. Agar lebih paham mengenai kata kunci, anda perlu mempelajari contoh kata kunci dalam kalimat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kata kunci dalam kalimat beserta pengertian dan ciri-cirinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kata Kunci

Seperti yang telah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata kunci adalah kata atau ungkapan yang mewakili konsep atau gagasan yang menandai suatu zaman atau kelompok. 

Sedangkan Cambridge Dictionary menjelaskan arti kata kunci adalah sebuah kata yang diketikkan ke dalam komputer, misalnya ketika seseorang menggunakan internet, sehingga komputer akan menemukan informasi yang mengandung kata tersebut.

Hal yang berbeda dijelaskan dalam buku yang berjudul Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kebpribadian (2007) oleh Widjono Hs., arti kata kunci adalah kata atau frasa atau konsep yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan ke dalam suatu informasi yang disampaikan.

Kata kunci berisi kata atau rangkaian kata yang mengandung konsep pokok dari isi artikel. Kata kunci biasanya ditulis berulang. Aturan jumlah kata kunci juga diatur oleh setiap artikel maupun jurnal yang sedang ditulis.

Definisi lain, kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, cerita, abstrak atau teks, serta catatan isi. Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut. Pengertian lain dari kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting, yang digunakan untuk mencari suatu hal.

3 dari 5 halaman

Fungsi dari Kata Kunci

Susunan kata kunci biasanya ditulis sesuai dengan urutan alfabetis. Namun ada beberapa jurnal yang tidak mengatur cara penulisan secara alfabetis, melainkan urgensi urutan kata kunci. Kata kunci juga ditulis dalam dua bahasa, sebagaimana abstrak.

Fungsi dari kata kunci adalah untuk memudahkan pembaca dalam mencarinya, terutama dengan menggunakan pencarian melalui internet. Sehingga kata kunci memiliki peranan penting dalam proses pencarian informasi yang dapat dicari sehingga informasi yang relevan dapat ditemukan. Oleh sebab itu, ada yang menganjurkan tidak menulis kata kunci yang sudah menjadi judul artikel.

Selain itu, fungsi lain dari kata kunci adalah untuk menemukan kalimat utama atau ide pokok dalam suatu teks paragraf. Dengan demikian, fungsi dari kata kunci adalah untuk menemukan kalimat utama atau ide pokok dalam suatu teks paragraf. Kata kunci merupakan kata-kata penting yang sering muncul dalam suatu teks.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Kata Kunci

Dikutip dari laman Kemdikbud, berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari kata kunci yang bisa anda kenali adalah:

1. Kata kunci tersusun dari satu atau dua buah kata

Sebuah kata kunci tidak bisa memuat kata yang panjang. Kata kunci tersebut haruslah singkat, padat, dan jelas, supaya mudah diingat orang lain. Contohnya saja yakni makanan daerah, wisata terfavorit, dunia binatang, serta alat elektronik. 

2. Kata kunci mengandung kata yang sifatnya unik

Ciri-ciri kata kunci yang lainnya adalah memuat kata yang bersifat unik. Kata kunci haruslah mudah diingat dan mengandung kata yang bermakna spesifik atau bukan hal yang umum. Contohnya saja yakni wisata Jakarta, makanan Bali, hewan anjing, dan kursi bambu.

3. Kata kunci bersifat menyeluruh

Ciri kata kunci yang berikutnya adalah bersifat menyeluruh. Artinya kata kunci memuat satu atau dua kata yang bisa digunakan untuk memperjelas keseluruhan isinya. Sebagai contoh kata kunci ‘makanan Jakarta’ dipakai untuk menjelaskan apa saja makanan yang ada di Jakarta, baik makanan tradisional hingga makanan favorit.

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Kunci dalam Kalimat

Agar anda lebih paham terkait pengertian kata kunc dan ciri-cirinya yang telah disampaikan pada paragraf sebelumnya, berikut ini terdapat beberapa contoh kata kunci dalam kalimat adalah:

  1. Ibu makan gudeg dengan lahap, kata kuncinya adalah ibu dan gudeg.
  2. Kucing adalah binatang lucu yang manja, kata kuncinya adalah kucing, binatang, dan manja.
  3. Keluarga ini pesan nasi goreng semua, kata kuncinya adalah keluarga dan nasi goreng.
  4. Ayah pergi ke kebun tadi siang, kata kuncinya ayah dan kebun.
  5. Adik pergi ke sekolah tadi pagi, kata kuncinya adalah adik dan sekolah.
  6. Anjing merupakan hewan penjaga yang setia, kata kuncinya adalah anjing, hewan, setia.
  7. Gunung Kidul adalah desa wisata yang indah dan asri, kata kuncinya Wonogiri, wisata, dan asri.
  8. Sarankan ide dekorasi yang simpel untuk ruang tamu saya, kata kuncinya ide dekorasi.
  9. Resep masakan vegetarian rendah kalori, kata kuncinya resep dan vegetarian.
  10. Minum air lemon tiap pagi itu beneran ada manfaatnya. kata kuncinya air lemon dan pagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.