Sukses

Restoran Ini Ciptakan Sushi Terkecil di Dunia, Begini Cara Mendapatkannya

Sushi terkecil di dunia, sebuah hidangan unik yang dibuat di sebuah restoran Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Sushi menjadi salah satu makanan khas asal Jepang yang popularitasnya sudah mendunia. Di setiap negara, restoran sushi pun sudah tersebar di berbagai daerah, membuat penggemarnya tidak kesulitan ketika ingin menyantap makanan tersebut.

Bahkan, ada sebuah kedai yang menyajikan sushi dengan cara unik. Sebuah restoran di Tokyo bernama Sushiya no Nohachi, kabarnya menyajikan sushi yang lezat, namun restoran ini paling terkenal karena ide kreatifnya, membuat sushi terkecil di dunia hanya dengan sebutir nasi.

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Kamis (28/12/2023), restoran itu terletak di Asakusa, bagian Tokyo yang sedikit lebih tenang. Sushiya no Nohachi adalah tempat yang tepat jika Anda ingin menikmati sushi terkecil dan paling menggemaskan di dunia.

Setiap potongannya dibuat hanya dengan sebutir nasi dan sepotong kecil topping yang dibungkus dengan potongan nori paling tipis. Meski berukuran sangat kecil, namun sushi ini dibuat lengkap dengan bahan-bahannya. Para chef menunjukkan kerja keras dan kesabaran dalam membuatnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu pembuatan sushi dari sebutir beras

Sushi terkecil di dunia merupakan karya Hironori Ikeno, koki Sushiya no Nohachi, yang mengemukakan idenya pada tahun 2002 ketika seorang klien bertanya kepadanya seberapa kecil dia bisa membuat sushinya. Dia menjawab, "sekecil sebutir beras". Kemudian, koki itu menunjukkan bahwa dirinya tidak bercanda.

Dia benar-benar bisa membuat sushi sekecil itu. Selama bertahun-tahun, restoran ini menjadi terkenal karena membuat sushi terkecil di dunia. Ukuran sushi yang sangat kecil bukan berarti mudah untuk dibuat.

Sushi terkecil itu membutuhkan waktu pembuatan yang cukup lama dibandingkan sushi ukuran biasa. Sebab, dibutuhkan konsentrasi penuh untuk menyatukan bahan-bahan sushi.

Oleh karena itu, Sushiya no Nohachi hanya akan menyajikan sushi kecil itu beberapa kali dalam seminggu dan tidak lebih dari lima kali sehari. Namun, mereka akan memberikan pengecualian bagi turis asing yang mengunjungi restoran mereka untuk merasakan pengalaman dunia, mencicipi sushi terkecil.

3 dari 3 halaman

Cara mendapatkan sushi terkecil

Koki di restoran tetap akan memberikan kesempatan untuk turis asing untuk mencicipi sushi terkecil mereka saat mengunjungi restoran, meski kuota pengajiannya telah habis. 

"Saya mendapat klien dari Swedia yang datang hanya untuk melihat sushi kecil saya dan saat dia melihatnya, dia benar-benar menangis kegirangan," kata Hironori Ikeno kepada Play Tokyo, dilansir dari Oddity Central.

Menariknya, seseorang tidak bisa begitu saja memesan sepiring sushi kecil di Sushiya no Nohachi. Ini disajikan secara gratis jika Anda memesan set sushi ukuran reguler seharga $50 (Rp 771.407).

Toko sushi tersebut tidak hanya memiliki sushi terkecil di dunia, tetapi juga dikatakan menyajikan sushi terlezat. Jadi, tak heran jika Anda harus membeli sushi set untuk mendapatkan sushi terkecil di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.