Sukses

Nenek Ini Klaim Hanya Minum Air Mineral dan Minuman Bersoda Selama 50 Tahun

Kisah nenek ini menjadi sorotan netizen.

Liputan6.com, Jakarta Memakan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh tentu sangat diperlukan. Terlebih, banyak makanan sehat yang mengandung berbagai mineral, karbohidrat, vitamin bahkan protein dan lemak yang baik untuk tubuh.

Tentu saja memakan makanan bergizi ini diperlukan oleh segala usia, baik anak-anak hingga lanjut usia. Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh seorang nenek asal Vietnam satu ini.

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Jumat (1/12/2023), seorang nenek bernama Bui Thi Loi asal Loc Ninh, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Pasalnya, diusia yang tak lagi muda, ia diketahui memiliki tubuh yang bugar. Namun, yang menjadi sorotan ialah pola makan dari nenek 75 tahun ini yang cukup mengejutkan publik.

Bui Thi Loi mengungkapkan jika dirinya hanya hidup dengan meminum air mineral serta minuman bersoda selama lebih dari 50 tahun. Bahkan, ia juga mengaku tak pernah menginginkan makanan padat apapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat tersambar petir

Pernyataan Bui Thi Loi ini pun menjadi perhatian banyak netizen. Ia pun akhirnya menerangkan mengenai awal mula tak lagi mengonsumsi makanan padat.

Bui Thi Loi menyebutkan pada 1963 dirinya tersambar petir saat mendaki gunung bersama beberapa wanita lainnya untuk merawat tentara yang terluka akibat perang. Karena hal tersebut, dirinya pun sempat pingsan selama beberapa saat.

Usai sadar, Bui Thi Loi diketahui tampak berbeda. Dia tidak makan apa pun selama berhari-hari setelah sadar, jadi teman-temannya mulai memberinya air manis. Selama beberapa tahun setelah kejadian, ia pun terus memakan makanan padat terutama buah-buahan.

Akan tetapi ia tidak pernah benar-benar merasakan kebutuhan akan makanan tersebut. Hingga akhirnya pada 970, dia menghindari makanan padat selamanya, hanya mengandalkan air dan minuman ringan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meski begitu dirinya tetap memasak untuk anak-anaknya, namun tak pernah ikut memakannya.

3 dari 3 halaman

Khawatirkan kesehatan

Kini setelah anak-anaknya tumbuh besar dan pindah, dapurnya mulai berdebu. Bahkan, karena pola makannya yang cukup aneh, dirinya juga tak pernah bisa menyusui anak-anaknya, dan harus meminta susu kepada orang lain.

Menurut dokter dari Departemen Gizi di Rumah Sakit Persahabatan Vietnam-Kuba di Dong Hoi, minuman bersoda yang manis memang bisa mengisi energi tubuh dengan cepat dan bisa mendukung sistem pencernaan tubuh. Akan tetapi minuman tersebut juga berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan masalah lain seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.