Sukses

Joki Adalah Bahasa Gaul, Kenali Artinya dalam Berbagai Bidang

Joki adalah istilah yang memiliki arti yang berbeda-beda sesuai konteksnya.

Liputan6.com, Jakarta Joki adalah istilah yang mungkin sudah sering kamu dengar pada percakapan sehari-hari. Istilah ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti dalam game, pacu kuda, musik, dan lain sebagainya. Dalam KBBI, ada empat makna joki yang bisa kamu temukan.

Joki adalah istilah yang memiliki arti yang berbeda-beda sesuai konteksnya. Dulu mungkin istilah ini lebih lekat dengan profesi penunggang kuda. Namun sekarang ini definisi dari joki kerap kali dimaknai sebagai orang yang mengerjakan sesuatu yang harusnya dikerjakan oleh orang lain dengan permintaan orang tersebut. Joki kini menjadi bagian dari bahasa gaul.

Selain itu, istilah joki ini sekarang juga kerap dikaitkan dengan dunia game online. Untuk mengenali artinya dari istilah joki ini, kamu tentu perlu mengenali konteks pembicaraan terlebih dahulu. Pasalnya, joki merupakan istilah yang telah digunakan secara luas oleh masyarakat untuk berbagai bidang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/11/2023) tentang joki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenal Joki

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), joki adalah orang yang mengerjakan ujian untuk orang lain dengan menyamar sebagai peserta ujian yang sebenarnya dan menerima imbalan. Dari pengertian ini, joki adalah istilah yang disebut juga sebagai joki ujian. Joki ujian ini sesuai dengan namanya, biasanya muncul saat ada tes atau ujian, seperti tes perguruan tinggi, tes masuk perusahaan, dan lain sebagainya.

Joki ujian ini tidak jarang pula disandingkan dengan joki tugas yang masih satu lingkup bidang. Joki tugas ini biasanya bertugas untuk menyelesaikan tugas kuliah atau sekolah dari seseorang, tentunya dengan bayaran. Bahkan, kamu tentu tidak asing lagi mendengar istilah joki skripsi yang bertugas untuk menyelesaikan skripsi orang lain.

Selain itu, arti joki adalah penunggang kuda pacuan. Dalam hal ini, arti joki juga tidak hanya terbatas pada penunggang kuda saja, tetapi juga pada kendaraan lainnya. Jadi, joki kerap juga dimaknai sebagai pengendara atau penunggang suatu alat transportasi.

Dalam bidang musik, joki adalah pengatur lagu yang menangani mesin perekam lagu atau piringan hitam (di studio atau diskotek). Kamu mungkin lebih mengenal panggilan joki ini dengan DJ atau Disc Jockey.

Terakhir, pengertian joki adalah orang yang memberi layanan kepada pengemudi kendaraan yang bukan angkutan umum untuk memenuhi ketentuan jumlah penumpang (tiga orang) ketika melewati kawasan tertentu. Joki satu ini disebut juga sebagai joki 3 in 1, yang muncul saat adanya kebijakan di Jakarta di mana kendaraan pribadi harus memiliki 3 penumpang saat melewati wilayah tertentu.

3 dari 3 halaman

Arti Joki dalam Game Online

Joki adalah istilah yang juga sering muncul di game online. Gamers tentunya tau arti dari joki dalam bidang ini, yaitu seseorang yang menawarkan jasa untuk memainkan game bagi orang lain yang ingin menaikkan peringkat atau level pada sebuah game. Joki dalam game juga kadang melakukan tugas untuk mendapatkan sebuah item di dalam game.

Selain itu, ada beberapa istilah lainnya yang biasa digunakan dalam game online, yaitu sebagai berikut:

1. GG. Singkatan dari Good Game. Kata ini sering diucapkan ketika permainan berakhir, terutama jika meraih kemenangan.

2. GGWP. Ini artinya kamu sedang dipuji. GGWP adalah singkatan dari Good Game, Well Played. Kalimat ini biasanya diucapkan sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang telah dilakukan.

3. Savage. Istilah yang sering disebutkan ketika pemain berhasil mengalahkan lawan dengan trik yang tidak biasa.

4. Spam. Menggunakan jurus yang sama berulang-ulang hingga lawan merasa malas menghadapi kita.

5. Push. Hampir sama seperti bahasa Indonesianya, push berarti mendorong. Di dalam game, push bisa berarti segala kegiatan yang mendorong menuju objektif dalam game. Misalnya, melakukan push untuk menghancurkan tower lawan atau mendorong creep untuk maju. 

6. GB. GB adalah singkatan dari guide beginner, yaitu istilah yang digunakan untuk meminta bantuan menaikkan level pada gamer yang lebih kuat. Biasanya, GB digunakan oleh dua gamer atau lebih sebagai strategi untuk melawan monster.

7. AFK. AFK adalah away from keyboard yang artinya meninggalkan ke keyboard. Istilah AFK ini dahulu digunakan digunakan saat chattingan dengan orang lain di internet. Sekarang istilah AFK populer pada game online, seperti Mobile Legends, dan game-game lainnya.

8. DC. DC adalah singkatan dari Disconnect, yaitu terputus dari permainan. Entah karena gangguan jaringan ataupun sengaja menutup game.

9. Lag. Permasalahan dalam permainan yang berkaitan dengan koneksi. Istilah ini sering menjadi kambing hitam ketika mengalami kekalahan.

10. Loot. Istilah loot biasa digunakan ketika kamu menemukan senjata atau perlengkapan lain di mayat lawan yang telah kamu habisi ataupun di lokasi lain. Sering digunakan pada game PUBG.

Itulah beberapa istilah dalam game online yang perlu kamu ketahui agar tidak ketinggalan zaman dan dianggap tidak gaul dalam game. Joki adalah salah satu bahasa gaul yang digunakan untuk berbagai macam tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.