Sukses

11 Nabi yang Pernah Tinggal di Palestina, Negerinya Para Anbiya

Palestina menyandang sebagai julukan Negeri Para Anbiya atau Negeri Para Nabi.

Liputan6.com, Jakarta Negeri Syam atau yang sekarang dikenal dengan Palestina memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam, terutama dalam hal kenabian. Bahkan Palestina menyandang sebagai julukan Negeri Para Anbiya.

Hal ini karena sepanjang hanya Palestina-lah satu-satunya daerah yang pernah disinggahi oleh para nabi dan rasul Allah SWT. Dalam Al-Qur’an juga telah dijelaskan bahwa tanah Palestina adalah bumi yang suci dan diberkahi oleh Allah SWT. Sebagaimana yang terkandung dalam surat Ma’idah ayat 21, yang berbunyi:

 يٰقَوْمِ ادْخُلُوا الْاَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ الَّتِيْ كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَرْتَدُّوْا عَلٰٓى اَدْبَارِكُمْ فَتَنْقَلِبُوْا خٰسِرِيْنَ

Artinya: "Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi".

Itulah alasannya mengapa Palestina dikenal sebagai negeri para nabi. Meskipun kini negara Palestina menjadi negara konflik yang diperebutkan oleh Israel yang notabenenya sebagai negara berbasis orang-orang Yahudi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai para nabi yang pernah tinggal di Palestina yang telah telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Nabi Ibrahim AS

Palestina dan negeri Syam lainnya memiliki ikatan yang kuat dengan para nabi. Di tanah ini rupanya banyak nabi yang lahir, diutus, tinggal, atau singgah dalam berdakwah menegakkan nilai-nilai tauhid.

Salah satu nabi yang tinggal di Palestina adalah Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim memiliki hubungan kuat dengan wilayah Palestina, terutama di Hebron dan sekitarnya. Beliau diyakini tinggal bersama dengan keluarganya yakni istrinya yang bernama Sarah dan anaknya yang bernama Ismail. Bahkan beliau juga melakukan misi kenabiannya di wilayah ini.

Salah satu mukjizat Nabi Ibrahim yang menjadi paling sejarah dalam Islam dan diperingati oleh umat Muslim hingga saat ini adalah perayaam Idul Adha. Perayaan tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Nabi.

Inilah mengapa makam Nabi Ibrahim berada di Masjid Al-Khalil, Hebron, Tepi Barat, di samping makam istrinya, Sarah. Tak jauh di sebelah barat Hebron terdapat pohon “Oak of Ibrahim” yang merupakan situs legendaris tempat Nabi Ibrahim memasang tendanya selama di Palestina.

2. Nabi Ismail AS

Palestina adalah salah satu negara di wilayah Asia Barat atau Timur Tengah. Negara ini berbatasan dengan Laut Tengah dan Sungai Yordan. Palestina pun berada di lokasi yang strategis di antara negara Mesir, Suriah, Yordania, dan negara-negara jazirah Arab lainnya.

Palestina merupakan tempat tinggal Nabi Ismail AS bersama ayahnya yakni Nabi Ibrahim dan ibunya Sarah. Mereka tinggal di Hebron, sebuah wilayah di Palestina yang sekarang dikenal sebagai Al-Khalil. Meskipun tidak tinggal sepanjang hidupnya di Palestina, Ismail memiliki hubungan erat dengan wilayah tersebut melalui bagian awal dari hidupnya.

3. Nabi Ishaq AS

Nabi Ishaq AS merupakan putra kedua Nabi Ibrahim AS. Beliau dilahirkan di Palestina tepatnya di Hebron dan melanjutkan dakwah sang ayah untuk menyebarkan pesan tauhid kepada penduduk bumi. Beliau merupakan salah stau nabi yang menerima wahyu dan risalah dari allah SWT. Makamnya berada di Masjid Ibrahimi di Perbukitan Hebron dan dianggap sebagai situs paling religius dalam Islam. 

4. Nabi Musa AS

Nabi Musa AS merupakan nabi yang lahir di Mesir tepatnya di Heliopolis. Beliau menerima wahyu Allah SWT berupa kitab Taurat untuk umatnya, Bani Israel. Khalifah Salahuddin Al-Ayyubi pernah bermimpi bahwa Nabi Musa dimakamkan di selatan Jericho, Tepi Barat, Palestina. Kemudian dibangun masjid di lokasi tersebut untuk menghormati Nabi Musa. Lokasi masjid tersebut termasuk salah-satu kompleks arsitektur religius paling besar di Palestina.

3 dari 4 halaman

5. Nabi Yaqub AS

Nabi Yaqub AS merupakan putra Nabi Ishaq AS yang lahir di Palestina. Nabi Ya’kub menyebarkan agama tauhid kepada para pengikutnya meneruskan jejak sang ayah dan kakeknya. Ketika dewasa, Nabi Yaqub bepergian ke utara Irak, lalu kembali ke Palestina, hingga akhirnya menetap di Mesir sampai beliau meninggal dunia.

Meski menetap di Mesir, namun ketika wafat beliau justru dimakamkan di Hebron, Palestina bersama makam sang ayah. Makamnya berada di dalam Masjid Ibrahimi bersama dengan makam Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq, dan putranya, Nabi Yusuf. 

6. Nabi Luth AS

Nabi Luth AS merupakan keponakan laki-laki dari Nabi Ibrahim AS. Nabi Luth mendapatkan tugas untuk berdakwah kepada Kaum Sodom dan Gomorrah.

Diyakini kaum tersebut dulunya tinggal di sebuah tempat disebut Laut Mati, sebuah danau garam yang berlokasi antara Tepi Barat dan Yordania. Makam Nabi Luth berada di Kota Palestina, bagian selatan Hebron, Tepi Barat.

7. Nabi Daud AS

Nabi Daud pernah tinggal di Palestina bahkan menjadi pemimpin di sana selama 40 tahun, yaitu 7 tahun di Hebron dan 33 tahun di Yerusalem. Beliau dikenal memiliki kebijaksanaan, kekuatan, kekuasaan, dan pengabdian kepada Allah SWT. Masa pemerintahannya berperan penting dalam pembentukan arsitektur keagamaan di Yerusalem.

4 dari 4 halaman

8. Nabi Sulaiman AS

Nabi Sulaiman AS merupakan putra dari Nabi Daud AS yang lahir di Yerusalem. Allah SWT memberkahi Nabi Sulaiman AS dengan banyak mukjizat, salah satunya memiliki kemampuan berbicara dengan hewan dan jin. Nabi Sulaiman memerintah Palestina selama 30 tahun.

Dengan mukjizat yang dimilikinya, Nabi Sulaiman memerintah para jin untuk memperbaiki Masjidil Aqsha di Yerussalem. Jika memasuki kompleks Masjidil Aqsha, anda akan menjumpai makam Nabi Sulaiman yang dikatakan sebagai tempat di mana ia meninggal dunia sambil memegang tongkatnya.

9. Nabi Isa AS

Sebagian besar cendekiawan menyebutkan bahwa Nabi Isa AS lahir di Bethlehem (Tepi Barat) dan menghabiskan masa hidupnya di Palestina menyebarkan agama Allah SWT. Banyak mukjizat yang diberikan kepada Nabi Isa, salah satunya bisa menghidupkan orang mati.

Ilmuwan memprediksi bawah Gereja Kelahiran di Tepi Barat dibangun di tempat kelahiran Nabi Isa. Sebuah balok batu di dalam gereja menandai titik pohon palem, di mana ibunya (Siti Maryam) merintih kesakitan selama melahirkan Nabi Isa. Sementara Bukit Zaitun di Yerusalem disebut sebagai situs di mana Nabi Isa diangkat ke langit. 

Bahkan nanti ketika hari kiamat, Nabi Isa AS kelak akan turun kembali ke Palestina untuk membunuh dajjal. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut:

"Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa bin Maryam menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya." (HR. Abu Dawud)

10. Nabi Yusuf AS

Nabi Yusuf AS merupakan nabi yang lahir di Yerusalem, Palestina. Ia adalah putra kesayangan Nabi Yaqub AS yang ke 12. Pada negara ini bahkan terdapat Situs Jubb Yussef, tepatnya di Galilee, yang diyakini sebagai sumur di mana Nabi Yusuf dilemparkan ke dalamnya oleh saudara-saudaranya. Nabi Yusuf diperkirakan menjadi nabi terakhir yang dimakamkan di Masjid Ibrahimi di Hebron, bagian Tepi Barat.

11. Nabi Muhammad SAW

Terakhir, nabi yang pernah tinggal di Palestina adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau pernah singgah ke Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsha ketika melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj. Perjalanan spiritual yang panjang ini hanya memakan waktu satu malam saja yaitu pada 27 Rajab. Masjidil Aqsha yang dikunjungi Rasulullah SAW ini berada di Kawasan Kota Yerusalem. Masjid ini merupakan bangunan suci dalam Islam ketiga setelah Makkah dan Madinah.

Masjidil Aqsha merupakan situs sejarah yang menjadi bukti perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram Mekkah ke Masjidil Aqsa Palestina dikenal dengan sebutan Isra’. Kemudian dilanjutkan dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha dikenal dengan sebutan Mi’raj.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.