Sukses

Cara Keluar dari Akun Google di Android, iPhone, dan iPad, Begini Tambah Akunnya

Jika akun Google dihapus dari perangkat HP, maka seluruh informasi yang terkait dengan akun tidak dapat dikases kecuali akun ditambahkan kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pengguna HP Android, iPhone, dan iPad mungkin ingin melakukan keluar dari akun Google atas berbagai alasan. Misalnya saat ingin mengganti perangkat atau membutuhkan akun Google yang sama di perangkat yang baru.

Cara keluar dari akun Google pada perangkat-perangkat ini sebenarnya cukup sederhana, seperti yang dijelaskan di laman resmi Support Google. Pengguna dapat melakukannya melalui menu "Pengaturan" pada sistem HP Android, iPhone, dan iPad.

Namun, perlu dicatat bahwa peran akun Google dalam perangkat HP sangat penting. Sebelum mengambil langkah untuk logout dari akun Google, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Jika akun Google dihapus dari perangkat HP, maka seluruh informasi yang terkait dengan akun tersebut tidak akan lagi dapat diakses pada perangkat tersebut.

Informasi hanya dapat diakses kembali ketika pengguna menambahkan akun Google di perangkat lagi. Cara menambahkan akun Google di HP, buka "Pengaturan Google", pilih "Kelola Akun Google Anda", lalu ikuti panduan untuk memasukkan alamat email dan kode verifikasi. Akun Google akan ditambahkan ke perangkat kembali.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara keluar dari akun Google di HP Android, iPhone, dan iPad, Jumat (6/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HP Android

Begini cara keluar dari akun Google di HP Android melansir dari laman resmi support.google.com:

  1. Buka Aplikasi Chrome di Perangkat Android Anda: Pertama, buka aplikasi Chrome di perangkat Android Anda. Chrome adalah browser web yang dikembangkan oleh Google.
  2. Ketuk Titik Tiga di Pojok Kanan Atas: Di sebelah kanan kolom URL, Anda akan melihat tiga titik yang mengindikasikan menu. Ketuk titik tiga ini yang terletak di pojok kanan atas layar Anda.
  3. Pilih Setelan: Setelah Anda mengklik titik tiga, pilih opsi "Setelan" dari menu yang muncul. Ini akan membawa Anda ke menu pengaturan Chrome.
  4. Ketuk Nama Anda: Di dalam menu Setelan Chrome, cari dan ketuk nama Anda. Ini adalah bagian dari pengaturan akun Anda di Chrome.
  5. Ketuk Logout: Terakhir, dalam halaman pengaturan akun Anda, cari opsi "Logout" dan ketuk ini. Ini akan membuat Anda keluar dari akun Google di perangkat Android Anda.

Jika Anda ingin juga menonaktifkan sinkronisasi Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi Chrome di Perangkat Android: Di perangkat Android Anda, buka aplikasi Chrome seperti sebelumnya.
  2. Ketuk Titik Tiga di Pojok Ranan Atas: Di sebelah kanan kolom URL, ketuk opsi "Lainnya" yang terletak di titik tiga pojok kanan atas layar.
  3. Ketuk "Setelan": Dalam menu "Lainnya," pilih "Setelan." Ini akan membawa Anda ke menu pengaturan Chrome.
  4. Ketuk "Sinkronisasi" dan Logout serta Nonaktifkan Sinkronisasi: Di dalam menu Setelan, temukan opsi "Sinkronisasi" dan ketuk ini. Setelah itu, Anda dapat memilih untuk "Logout" dari akun Google dan "nonaktifkan sinkronisasi."

Untuk menonaktifkan perintah login Chrome yang mengizinkan login ke akun Google yang sudah digunakan di perangkat Anda, begini caranya:

  1. Buka Aplikasi Chrome di Perangkat Android: Kembali, buka aplikasi Chrome di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk "Lainnya" dan Pilih "Setelan": Di sebelah kanan kolom URL, ketuk opsi "Lainnya" yang terletak di titik tiga pojok kanan atas, kemudian pilih "Setelan."
  3. Ketuk "Layanan Google": Di bawah bagian "Anda dan Google," ketuk opsi "Layanan Google."
  4. Nonaktifkan "Izinkan Login Chrome": Di dalam menu "Layanan Google," Anda akan menemukan opsi "Izinkan Login Chrome." Matikan opsi ini untuk menonaktifkan perintah login Chrome.

 

3 dari 3 halaman

HP iPhone dan iPad

Begini cara keluar dari akun Google di HP iPhone dan iPad melansir dari laman resmi support.google.com:

  1. Buka aplikasi Chrome di iPhone atau iPad: Pertama, buka aplikasi Chrome di perangkat iPhone atau iPad Anda. Chrome adalah browser web yang dikembangkan oleh Google.
  2. Ketuk "Lainnya" (titik tiga) dan "Setelan": Di dalam aplikasi Chrome, temukan dan ketuk opsi "Lainnya" yang biasanya ditandai dengan tiga titik atau garis horizontal di pojok kanan atas layar. Setelah itu, pilih opsi "Setelan."
  3. Ketuk nama Anda dan kemudian "Logout": Di dalam menu "Setelan," cari dan ketuk nama Anda yang merupakan bagian dari pengaturan akun Anda di Chrome. Setelah itu, Anda akan melihat opsi "Logout." Ketuk opsi ini untuk keluar dari akun Google Anda di Chrome.

Jika Anda ingin juga menonaktifkan sinkronisasi Chrome di HP iPhone dan iPad, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Chrome di iPhone atau iPad: Kembali, buka aplikasi Chrome di perangkat iPhone atau iPad Anda.
  2. Ketuk "Lainnya" (titik tiga) dan "Setelan": Di dalam aplikasi Chrome, ketuk opsi "Lainnya" yang ditandai dengan tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih "Setelan."
  3. Ketuk "Sinkronisasi" dan kemudian "Logout" dan "Nonaktifkan Sinkronisasi": Di dalam menu "Setelan," cari dan ketuk opsi "Sinkronisasi." Setelah itu, Anda dapat memilih opsi "Logout" dan "Nonaktifkan Sinkronisasi" untuk menghentikan sinkronisasi dengan akun Google Anda.

Untuk menonaktifkan perintah login Chrome yang mengizinkan login ke akun Google yang sudah digunakan di perangkat HP iPhone dan iPad, begini caranya:

  1. Buka aplikasi Chrome di iPhone atau iPad: Sama seperti sebelumnya, buka aplikasi Chrome di perangkat Anda.
  2. Ketuk "Lainnya" (titik tiga) dan "Setelan": Di dalam aplikasi Chrome, ketuk opsi "Lainnya" yang ditandai dengan tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih "Setelan."
  3. Ketuk "Layanan Google": Di dalam menu "Setelan," cari opsi "Layanan Google" dan ketuk ini.
  4. Nonaktifkan "Izinkan Login Chrome": Di dalam menu "Layanan Google," Anda akan menemukan opsi "Izinkan Login Chrome." Matikan opsi ini untuk menonaktifkan perintah login Chrome.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.