Sukses

Perubahan Apa yang Terjadi Pada Masa Pubertas? Ini 8 Tandanya

Pubertas adalah masa perubahan fisik dan psikologis yang signifikan, di mana akan dialami oleh anak-anak saat mereka memasuki masa remaja.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas? Pubertas adalah fase perkembangan dalam kehidupan manusia, yang ditandai oleh serangkaian perubahan fisik, emosional, dan sosial yang signifikan. Ini adalah periode ketika seorang anak atau remaja, mengalami transformasi menuju kedewasaan biologis dan psikologis.

Pubertas biasanya dimulai pada awal remaja, biasanya di antara usia 8 hingga 13 tahun. meskipun waktu munculnya pubertas dapat bervariasi dari individu ke individu.

Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas? Perubahan pada masa pubertas ditandai dengan pertumbuhan fisik yang cepat, termasuk peningkatan tinggi badan, pertambahan berat badan, dan perubahan bentuk tubuh. Organ genital berkembang, dan sekunder seksual seperti payudara pada perempuan, dan perkembangan jenggot pada laki-laki muncul.

Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas? Umumnya, setiap perubahan disebabkan oleh peningkatan produksi hormon seks, seperti estrogen pada perempuan dan testosteron pada laki-laki. Pubertas seringkali disertai dengan fluktuasi emosi yang kuat, sehingga individu dapat mengalami perasaan cemas, marah, atau bahagia dengan intensitas yang lebih besar. Ini dapat terkait dengan perubahan hormon dan juga perasaan tentang identitas diri yang mulai berkembang.

Berikut ini perubahan selama masa pubertas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/10/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Perubahan pada Masa Pubertas?

Pubertas dimulai ketika perubahan pada otak anak, menyebabkan hormon seks mulai dilepaskan dari gonad, yaitu ovarium dan testis. Hal ini biasanya terjadi sekitar usia 10-11 tahun pada anak perempuan, dan sekitar 11-12 tahun pada anak laki-laki. Namun normalnya, masa pubertas berkisar antara 8-13 tahun pada anak perempuan, dan 9-14 tahun pada anak laki-laki.

Tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti kapan anak Anda akan mulai pubertas. Perubahan awal pada otak dan kadar hormon anak Anda tidak dapat dilihat dari luar, sehingga mudah untuk berpikir bahwa masa pubertas belum dimulai. Pubertas bisa selesai dalam waktu sekitar 18 bulan, atau bisa juga memakan waktu hingga 5 tahun. Kisaran ini juga sepenuhnya normal.

Mengutip dari laman healthychildren, pubertas terdiri dari serangkaian tahapan yang mempengaruhi kerangka, otot, reproduksi, dan hampir semua sistem tubuh lainnya. Perubahan fisik selama masa pubertas cenderung lebih bertahap dan stabil. Hal ini melegakan banyak orang tua yang merasa masa kanak-kanak berlalu terlalu cepat. Pubertas adalah masa ketika semua organ utama dan sistem tubuh Anda matang.

Pada akhir masa pubertas, Anda sudah matang secara seksual dan reproduktif. Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada masa pubertas dipicu oleh perubahan kadar hormon tertentu dalam tubuh Anda. Setiap orang berbeda, dan mungkin saja Anda memulai pubertas lebih awal atau lebih lambat. 

 

3 dari 4 halaman

1. Perubahan pada Perempuan

Perubahan fisik yang terjadi pada anak perempuan menjelang masa pubertas adalah sebagai berikut: 

  1. Selama masa ini, pinggul akan melebar dan tubuh akan mengalami peningkatan melengkung, di mana anak perempuan akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang signifikan.
  2. Salah satu gejala yang umum terjadi adalah jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan benjolan-benjolan, biasanya muncul di wajah, leher, bahu, punggung bagian atas, dan dada. Benjolan ini dapat berupa komedo hitam, komedo putih, jerawat, atau kista. Perubahan hormonal yang terjadi selama pubertas, seringkali menjadi penyebab jerawat pada remaja.
  3. Tahap awal pertumbuhan payudara disebut "budding." Kadang-kadang, ukuran payudara kanan dan kiri dapat berbeda, dan payudara mungkin juga terasa lembut selama periode ini. Ini adalah perubahan yang normal, namun, jika Anda merasa khawatir, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
  4. Rambut akan mulai tumbuh di sekitar area kemaluan dan di bawah lengan, sementara rambut di kaki dan lengan akan menjadi lebih gelap.
  5. Anak perempuan mungkin akan mengalami keputihan, yaitu keluarnya cairan bening dari vagina. Hal ini adalah bagian dari proses pembersihan alami yang normal.
  6. Masa pubertas juga ditandai dengan dimulainya periode menstruasi, yang merupakan bagian dari siklus bulanan. Hal ini terjadi, karena lapisan rahim menebal sebagai persiapan untuk kehamilan. Setiap bulan, lapisan ini akan terlepas selama beberapa hari, jika kehamilan tidak terjadi.
  7. Siklus menstruasi tidak selalu berjalan dengan jadwal yang sama setiap bulan. Misalnya, jarak antara dua periode menstruasi bisa berbeda, seperti 24 hari pada bulan satu dan 42 hari pada bulan berikutnya. Ini disebut sebagai menstruasi yang tidak teratur, yang umum terjadi terutama dalam beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai.
  8. Beberapa anak perempuan mungkin merasakan nyeri atau kram sebelum atau pada awal menstruasi. Untuk mengatasi ini, mereka dapat mencoba berolahraga, menggunakan botol air panas di perut, atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. 

2. Perubahan pada Laki-Laki

  1. Pada tahap ini, anak laki-laki akan mengalami peningkatan tinggi badan dan perkembangan otot. Namun, perubahan ini terjadi pada tingkat yang berbeda-beda bagi setiap individu.
  2. Kemungkinan besar, jerawat akan muncul selama masa pubertas. Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan benjolan-benjolan, terutama di area wajah, leher, bahu, punggung atas, dan dada. Perubahan hormonal selama masa pubertas adalah penyebab utama munculnya jerawat pada remaja.
  3. Suara anak laki-laki akan mengalami perubahan menjadi lebih dalam, di mana proses ini kadang-kadang disebut sebagai 'suara pecah' karena fluktuasi.
  4. Rambut tubuh akan mulai tumbuh di sekitar daerah kemaluan, kaki, di bawah lengan, dan di wajah. Pertumbuhan rambut ini dimulai dengan halus dan kemudian menjadi lebih tebal dan gelap. Beberapa pria mungkin akan terus mengalami pertumbuhan rambut lebih banyak di tubuh mereka, saat memasuki usia 20-an.
  5. Testis dan penis akan mengalami pertumbuhan dalam ukuran. Adalah normal jika salah satu testis lebih besar dari yang lain.
  6. Mimpi basah di mana ejakulasi terjadi saat tidur, adalah bagian normal dari perkembangan.
  7. Ereksi kadang-kadang terjadi dalam situasi yang membuat Anda gugup, bersemangat, atau bahkan tanpa alasan yang jelas. Walaupun bisa terasa memalukan, biasanya tidak ada yang menyadarinya, dan ereksi ini akan mereda setelah beberapa waktu.
  8. Beberapa anak laki-laki mungkin mengalami pertumbuhan dan nyeri pada payudara. Ini adalah respons normal terhadap perubahan hormon dalam tubuh mereka, dan dengan waktu akan mereda.
4 dari 4 halaman

Pubertas dan Perasaan

Pubertas adalah proses yang dikendalikan oleh hormon, dan hormon ini memengaruhi perasaan serta tubuh Anda. Selama masa pubertas, Anda mungkin akan merasakan emosi yang lebih kuat dan intens. Perubahan suasana hati adalah hal yang biasa, di mana perasaan Anda dapat berubah dengan cepat dan tiba-tiba.

Selama masa pubertas, seseorang akan mengalami lebih banyak pikiran dan dorongan seksual. Anda mungkin merasa tertarik kepada pria, atau wanita yang sering disebut sebagai naksir, serta menyadari bahwa Anda menjadi lebih terangsang secara seksual.

Ini adalah bagian normal dari perkembangan, meskipun intensitasnya mungkin akan berkurang seiring bertambahnya usia. Bagi beberapa orang, masturbasi bisa menjadi cara untuk melepaskan ketegangan seksual dan mengeksplorasi seksualitas mereka, sementara yang lain mungkin memilih untuk menunggu sampai perasaan itu mereda.

Pubertas memicu para remaja untuk terlibat dalam hubungan romantis. Remaja tidak hanya membangun kedekatan hubungan bersama teman maupun orang tua, tetapi juga mulai mencobanya dengan pasangan. Rasa suka yang ditumbuhkan kepada lawan jenis di masa ini adalah hal yang wajar. Pubertas adalah masa-masa yang krusial dalam perjalanan kehidupan seseorang. Pada masa ini, banyak terjadi perubahan baik secara fisik maupun psikologis yang umum terjadi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.