Sukses

Nenek 104 Tahun Jadi Penerjun Payung Tertua di Dunia, Aksinya Bikin Kagum

Pencapaian luar biasa seorang wanita berusia 104 tahun bernama Dorothy Hoffner dari Chicago, saat melakukan olahraga terjun payung.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang berani melakukan aksi terjun payung, bahkan tak sedikit merasa takut akan ketinggian. Berbeda dengan wanita asal Chicago ini, di mana ia menoreh pencapaian luar biasa di umur yang menginjak 104 tahun. Wanita lansia yang bernama Dorothy Hoffner, kemudian melakukan terjun payung dari ketinggian 13,500 kaki, menggunakan parasut dan tali pengaman.

Pencapaian ini sangat mengesankan mengingat usia lanjutnya. Akan tetapi saat Hoffner mencapai tanah dengan selamat setelah lompatan tujuh menit yang spektakuler, dia berbicara kepada penonton bahwa usia hanyalah angka. Kini, Skydive Chicago tengah berusaha untuk mendapatkan sertifikasi resmi dari Guinness World Records, untuk pencapaiannya yang luar biasa ini.

Menariknya lagi, aksi ini bukan pertama kalinya bagi Hoffner untuk terlibat dalam kegiatan lompatan payung. Pada usia 100 tahun, dia melompat dengan parasut untuk pertama kalinya. Hoffner yang akan merayakan ulang tahunnya ke-105 pada bulan Desember mendatang, berbagi keinginannya untuk menaiki balon udara.

Berikut ini kisah inspiratif nenek 104 tahun jadi penerjun payung yang Liputan6.com rangkum dari NYPost, Selasa (3/10/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Wanita Tertua untuk Terjun Payung

Seorang wanita berusia 104 tahun dari Chicago telah melakukan hal luar biasa, di mana menukar alat bantu jalannya dengan tali pengaman dan parasut, untuk buktikan bahwa dirinya menjadi orang tertua di dunia pertama yang pernah terjun payung.

Dorothy Hoffner disambut dengan sorak-sorai pada hari Minggu, saat dia mendarat dengan selamat dari ketinggian 13,500 kaki di Bandara Skydive Chicago di Ottawa, Illinois, sekitar 85 mil barat daya Chicago, seperti yang dilaporkan oleh Chicago Tribune.

Hoffner, setelah sukses memecahkan rekor lompatan tandem selama tujuh menit, mengatakan kepada penonton, "Usia hanyalah angka." Saat ini, Skydive Chicago sedang berusaha untuk mendapatkan sertifikasi dari Guinness World Records untuk aksi dari wanita paruh baya ini.

 

3 dari 4 halaman

Lakukan Lompatan dan Cetak Prestasi

Jika rekor ini diumumkan secara resmi, maka lompatan Hoffner akan melampaui rekor dunia saat ini untuk penerjun payung tertua di dunia, yang sebelumnya dipegang oleh Linnéa Ingegärd Larsson dari Swedia pada Mei 2022, ketika ia berusia 103 tahun.

Ini bukan kali pertama Hoffner melakukan terjun payung. Ia melakukan terjun payung pertamanya pada usia 100 tahun dengan bantuan dorongan dari pesawat. Namun, kali ini, Hoffner memilih untuk memimpin lompatannya sendiri.

Hoffner meninggalkan alat bantu jalan merahnya di samping pesawat sebelum melompat, dan dengan sedikit bantuan, ia naik ke tangga dan bersiap untuk melompat dan mencatatkan namanya dalam buku rekor.

 

4 dari 4 halaman

Mendarat dengan Selamat

Ketika pintu belakang pesawat Skyvan terbuka lebih dari 2,5 mil di atas lanskap pedesaan Midwest, Hoffner yang tenang dan percaya diri terhubung pada instruktur bersertifikat Asosiasi Parasut A.S. Dia mencengkeram tali pengamannya, berjalan menuju tepi pesawat, dan melakukan lompatan keyakinannya.

Setelah mendarat dengan selamat di lapangan berumput di bandara, Hoffner segera dikelilingi oleh teman-temannya yang memberikan ucapan selamat. Dia tersenyum kepada wartawan dan pendukungnya, mengatakan bahwa semuanya "menyenangkan, luar biasa, sangat baik."

Hoffner, yang akan berusia 105 tahun pada bulan Desember mendatang, tampaknya tidak memiliki rencana untuk memperlambat dirinya dalam waktu dekat. Dia juga tidak ingin membuang waktu untuk merencanakan prestasi lintas udara berikutnya. Selanjutnya, dia mengungkapkan keinginannya untuk menaiki balon udara, sesuatu yang belum pernah dia alami sebelumnya. "Saya belum pernah mengalami salah satu dari itu," katanya dengan semangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.