Sukses

7 Contoh Saran dalam Makalah, Ciri-Ciri, dan Cara Membuatnya yang Benar

Contoh saran dalam makalah dibutuhkan untuk melengkapi sebuah karya tulis.

Liputan6.com, Jakarta Contoh saran dalam makalah perlu kamu kenali agar tidak salah. Saran adalah pendapat yang diberikan seseorang untuk dipertimbangkan oleh orang lain. Saran tidak bersifat memaksa dan kalimatnya biasanya bersifat halus.

Kalimat saran secara tidak langsung selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini terutama ketika seseorang membutuhkan pendapat atau solusi dari masalahnya. Umumnya, saran muncul karena ada suatu permasalahan atau berada di situasi yang membutuhkan pendapat maupun masukan dalam melakukan sesuatu.

Contoh saran dalam makalah dibutuhkan untuk melengkapi sebuah karya tulis. saran umumnya terletak di bagian akhir makalah untuk memudahkan pembaca menganalisis kekurangan karya tulis yang dibuat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/9/2023) tentang contoh saran dalam makalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Saran dalam Makalah

1. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Makanan dan Kesehatan

Setelah melihat dampak negatif dari permasalahan tersebut, maka kami sebagai penyusun makalah menyarankan beberapa hal berikut ini:

  1. Melakukan tindakan pencegahan seperti menyediakan makanan sehat secara mandiri
  2. Edukasi bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan oleh seluruh stakeholder kesehatan.

2. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Sampah

Seharusnya masalah sampah ini ditangani secara bersama-sama baik dari masyarakat maupun dari pihak pemerintahan. Misalnya seperti mendirikan tempat sampah yang memadai di beberapa tempat dengan pekerja yang dapat mengolahnya untuk mengurangi jumlah sampah yang bertebaran di mana-mana.

3. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Pekerjaan

Disarankan kepada masyarakat terutama yang sudah kehilangan pekerjaan, jangan berdiam diri dan mari berusaha mencari celah pekerjaan sehingga ekonomi keluarga dapat terpenuhi, walaupun sebatas kebutuhan mengisi kehidupan. Bagi generasi muda belajarlah untuk menciptakan lapangan pekerjaan guna dapat mengatasi hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan sehingga tidak terjadi pemutusan hubungan kerja menjadi suatu hal yang membunuh kreativitas.

4. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Praktik Kerja Lapangan

Untuk melengkapi laporan ini kami akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada. Antara lain sebagai berikut:

  1. Para siswa bisa menguasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktik kerja lapangan
  2. Utamakan keselamatan kerja
  3. Gunakan waktu praktik sebaik mungkin
  4. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai

5. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Imbauan Berolahraga

Saran untuk para pembaca untuk rutin berolahraga atau membuat jadwal agar terhindar dari gejala stress. Tidak perlu melakukannya dengan latihan berat yang menguras tenaga, karena olahraga juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih santai seperti berjalan-jalan atau bersepeda.

6. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Bahan Alam

Seharusnya kita lebih peka untuk menggali bahan-bahan alam yang berguna untuk menopang kebutuhan hidup kita. Baik itu bahan-bahan alam yang masih alami ataupun yang sudah menjadi limbah karena manusia sangat bergantung pada alam.

7. Contoh Saran dalam Makalah Tentang Perpustakaan

Perpustakaan SMA Dharma Jakarta perlu mempunyai waktu tersendiri untuk melakukan pendidikan pemakai sehingga pendidikan pemakai dapat berjalan efektif. Rak display buku diletakkan strategis mungkin agar pengguna perpustakaan dapat mengetahui buku-buku yang baru.

3 dari 5 halaman

Pengertian Saran

Setelah mengenali beberapa contoh saran dalam makalah, kamu perlu mengetahui makna dari saran lebih lanjut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saran adalah pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Secara umum, saran adalah sesuatu yang diusulkan untuk dilakukan. Pada umumnya, saran muncul karena ada suatu permasalahan atau berada di situasi yang membutuhkan pendapat maupun masukan dalam melakukan sesuatu.

Kalimat saran adalah kalimat yang diberikan seseorang ke orang lain untuk menjadikan segala sesuatu menjadi lebih baik. Kalimat saran adalah kalimat yang disebut juga dengan kalimat anjuran karena berisi sesuatu hal yang dipertimbangkan dari seseorang ke orang lain.

Kalimat saran adalah sebuah kalimat yang diungkapkan oleh seseorang kepada orang lain, yang berisi mengenai opini maupun harapan akan suatu hal. Saran yang diberikan harus objektif serta sesuai dengan apa yang sedang dibahas. Selain itu, saran sebaiknya menggunakan kalimat yang baik dan benar agar tidak menyinggung perasaan lawan bicara.

Saran adalah kalimat yang berisi akan pesan untuk perbaikan, sehingga citranya akan lebih positif. Definisi kalimat saran adalah sebuah pendapat atau usul, ajuran, maupun cita-cita yang dikemukakan oleh seseorang untuk mempertimbangkan suatu hal. Hal ini berbeda dengan kritik. Kritik adalah sebuah kecaman maupun bentuk tanggapan yang kadang disertai dengan uraian serta pertimbangan baik dan juga buruk yang diberikan oleh seseorang terhadap suatu karya, pendapat, dan sebagainya. Kritik juga dapat dibilang sebagai pengoreksian perbuatan maupun tindakan yang telah terjadi.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Kalimat Saran

Untuk mengenali kalimat saran, anda perlu mengetahui ciri-cirinya. Ciri-ciri kalimat saran adalah sebagai berikut:

  1. Biasanya terdapat kata penanda yang digunakan biasanya ada pada awal kalimat maupun pada tengah kalimat. Contoh dari kata penanda yaitu seharusnya, sebaiknya, lebih baik jika, perlu diingat bahwa, usahakan, hendaknya, saran saya dan berbagai kata penanda lainnya yang serupa.
  2. Sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga sebuah karya sastra. Kalimat saran juga bisa digunakan untuk teks tajuk rencana, resensi, maupun paragraf argumentasi.
  3. Pada akhir kalimat, kalimat saran tidak menggunakan tanda baca seru yang menggambarkan sebagai sebuah kalimat seruan maupun kalimat larangan.
5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kalimat Saran

Cara membuat atau menulis kalimat saran adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah kalimat saran yang sifatnya membangun menggunakan bahasa yang sopan agar mudah diterima.
  2. Usahakan untuk memberikan solusi atau penyelesaian masalah kepada orang yang kamu ingin berikan saran, tujuannya agar ia bisa lebih baik lagi.
  3. Saran lebih baik disampaikan secara tertutup, agar hal ini tidak menyinggung perasaan si penerima saran. Sebaiknya, menggunakan kata maaf saat awal pembuakaan kalimat. Tujuannya untuk menjelaskan bahwa kamu dari awal tidak bermaksud menjatuhkan ataupun menyinggung.
  4. Akan lebih baik, sebelum mengungkapkan kalimat saran kamu bisa memberi pujian terlebih dahulu, ijin, atau berkata maaf sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.