Sukses

5 Contoh Patung Figuratif yang Ada di Indonesia Beserta Keterangannya

Contoh patung figuratif yaitu patung dengan bentuk yang alamiah, seperti manusia, hewan, atau tumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta Contoh patung figuratif perlu kamu kenali sebagai salah satu jenis patung berdasarkan bentuknya. Jenis seni patung dibagi ke dalam beberapa pembagian. Jenis seni patung ini dibagi berdasarkan bentuk, posisi, fungsi, dan coraknya.

Dengan mengenali berbagai jenis patung, kamu bisa menggolongkan berbagai macam patung yang pernah kamu lihat sesuai jenisnya. Apalagi, di Indonesia banyak patung yang bisa kamu lihat, baik sebagai ikon kota maupun di tempat-tempat wisata religi seperti candi. Contohnya saja di Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Menurut KBBI, patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya. Seni patung merupakan sebuah karya seni yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Orang yang menciptakan seni rupa patung disebut dengan pematung.

Contoh patung figuratif yaitu patung dengan bentuk yang alamiah, seperti manusia, hewan, atau tumbuhan. Jenis-jenis seni patung juga berubah seiring perkembangan zaman. Apalagi, teknik dan bahan-bahan yang digunakan pada seni patung juga semakin berkembang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/9/2023) tentang contoh patung figuratif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Patung Figuratif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, contoh patung figuratif yaitu patung dengan bentuk yang alamiah, seperti manusia, hewan, atau tumbuhan. Patung figuratif adalah satu di antara jenis patung berdasarkan bentuknya. Patung jenis ini berasal dari kata "figur" dan memiliki makna objek yang terbentuk serta memiliki kesamaan dengan suatu bentuk tertentu.

Contoh patung figuratif memiliki bentuk seperti manusia, binatang, dan juga tumbuhan serta beberapa objek lain. Selain itu, contoh patung figuratif lebih menunjukkan tentang objek yang memiliki sifat, kiasan, atau juga lambang. Berikut beberapa contoh patung figuratif:

1. Patung Garuda Wisnu Kencana

Contoh patung figuratif yang pertama yaitu Garuda Wisnu Kencana. Patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung yang sangat terkenal dan berlokasi di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali. Patung dengan nilai budaya ini mungkin sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan kemegahannya. Garuda Wisnu Kencana merupakan patung raksasa yang juga menjadi patung tertinggi di Indonesia. Seniman yang merancang patung Garuda Wisnu Kencana adalah Nyoman Nuarta.

2. Patung Monumen Selamat Datang

Patung Monumen Selamat Datang yang terletak di Jakarta. Letak patung ini di Bunderan HI (Hotel Indonesia) di daerah Menteng. Contoh patung figuratif ini merupakan ide presiden pertama Indonesia yaitu Ir Soekarno pada 1962. Arsitek yang membangun patung ini adalah Henk Ngantung dan Edhi Sunarso. Tinggi patung Monumen Selamat Datang ini yaitu sekitar 7 meter dan kaku patung 10 m.

3 dari 5 halaman

3. Patung Yesus Memberkati

Contoh patung figuratif berikutnya adalah Patung Yesus Memberkati, yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Patung yang berbentuk figur Yesus tampak sedang merentangkan kedua tangannya dan menggunakan jubah ini bagai sedang memberikan pemberkatan kepada manusia. Karya ini dirancang oleh Ir Ciputra pada tahun 2007 dan memiliki tinggi 50 meter.

4. Patung Dirgantara

Patung Dirgantara merupakan patung yang terletak di Jakarta, tepatnya di Jakarta Selatan. Patung ini sering juga disebut sebagai Patung Pancoran. Contoh patung figuratif ini terinspirasi dari Gatot Kaca yang memiliki jiwa ksatria. Karya ini digarap oleh Edhi Sunarso, tetapi idenya datang dari Ir Soekarno. Patung ini memiliki tinggi 1 meter dan kaki patung 27 meter.

5. Patung Jalesveva Jayamahe

Contoh patung figuratif lainnya yaitu Patung Jalesveva Jayamahe. Patung Jalesveva Jayamahe ini terletak di Surabaya, tepatnya di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Patung ini berupa sosok perwira TNI AL yang membawa pedang kehormatan. Patung Jalesveva Jayamahe juga dirancang oleh Nyoman Nuarta dan memiliki tinggi 30,6 meter.

4 dari 5 halaman

Teknik Membuat Patung

Setelah mengenali contoh patung figuratif, kamu tentunya perlu mengetahui teknik-teknik membuat patung. Berikut beberapa teknik pembuatan patung:

1. Teknik Butsir

Butsir merupakan salah satu teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam dan bahan yang berstruktur lunak lainnya sehingga tercipta karya patung yang memiliki nilai estetika.

2. Teknik Modeling

Modeling merupakan teknik dalam membuat patung dengan cara membuat model terlebih dahulu dan setelah itu dibentuk patung sebenarnya.

3. Teknik Merakit

Teknik ini hampir mirip dengan permainan puzzle, yaitu dengan cara merakit bahan dasar patung kemudian merangkainya.

4. Teknik Cor

Teknik ini biasanya digunakan pada proses pembuatan patung dengan bahan dasar logam. Pembuatan diawali dengan memanaskan logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya.

5. Teknik Membentuk

Teknik ini merupakan teknik pembuatan patung dengan cara membentuk patung secara bertahap sehingga tercipta patung yang diinginkan. Dalam teknik ini lebih membutuhkan ketelitian dari senimannya. Tetapi kualitas patung yang diperoleh biasanya lebih bagus karena menggunakan perasaan atau feeling dalam membentuknya.

6. Teknik Pahat

Teknik pahat biasanya dilakukan pada proses pembuatan patung dengan bahan dasar keras seperti kayu, tulang, batu ganit, batu granit dan bahan dasar yang berstruktur keras lainnya dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada bahan dasar hingga membentuk patung yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Bahan Seni Patung

  1. Bahan lunak. Material yang digunakan empuk dan mudah dibentuk. Misalnya tanah liat, plastisin dan sabun.
  2. Bahan sedang. Material yang tidak lunak dan tidak keras. Misalnya kayu waru, kayu sengon, kayu randu dan kayu mahoni.
  3. Bahan keras. Material dapat berupa kayu atau batu-batuan. Contohnya kayu jati, kayu ulin, batu granit, batu andesit dan batu marmer.

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, patung juga kadang kala dibuat menggunakan bahan semen, pasir, kuningan, perunggu, emas, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.