Sukses

Panduan Doa Rosario Lengkap dengan Doa Permohonan, Simak Juga Peristiwa Pentingnya

Doa Rosario adalah salah satu doa yang dijalankan oleh umat Katolik dalam rangka memperingati dan menghormati Bunda Maria, ibu Yesus Kristus.

Liputan6.com, Jakarta Doa Rosario lengkap dengan doa permohonan, merupakan salah satu doa yang dipraktikkan oleh umat Katolik untuk menghormati Bunda Maria, ibu Yesus Kristus. Doa ini terdiri dari serangkaian doa dan meditasi, yang dilakukan dengan mengulangi serangkaian doa tertentu, sambil merenungkan misteri-misteri dari kehidupan Yesus Kristus. 

Apa itu doa Rosario lengkap dengan doa permohonan? Perlu diketahui bahwa Doa Rosario terdiri dari empat bagian utama, yaitu Pembukaan, Pengumuman Misi, Doa Rosario, dan Penutup. Setiap bagian memiliki tujuan dan fokus yang berbeda dalam perenungan dan permohonan.

Selama menjalankan Doa Rosario, umat Katolik dapat menyampaikan berbagai permohonan kepada Tuhan atau Bunda Maria. Permohonan ini dapat berkaitan dengan kebutuhan pribadi, keluarga, teman, kesembuhan, pengampunan, perlindungan, atau permohonan untuk kebaikan umum.

Ingatlah bahwa doa permohonan dalam Doa Rosario bersifat pribadi, jadi setiap individu dapat menyampaikan permohonan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Berikut ini Doa Rosario lengkap dengan doa permohonan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/7/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Rosario Lengkap

1. Tanda Salib

+ Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus, Amin.

2. Aku Percaya

Aku percaya akan Allah,

Bapa yang Mahakuasa, pencipta langit dan bumi.

Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.

Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat, dan dimakamkan.

Yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati. Yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Mahakuasa.

Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.

3. Kemuliaan

Kemuliaan kepada Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

4. Terpujilah

Terpujilah nama Yesus, Maria, dan Yosef, sekarang dan selama-lamanya. Amin.

5. Bapa Kami

Bapa Kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu. Datanglah Kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami. Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan. Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

6. Salam, Putri Allah Bapa,

Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.

7. Salam, Bunda Allah Putra,

Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.

8. Salam, Mempelai Allah Roh Kudus,

Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.

09. Kemuliaan…

10. Terpujilah…

11. Doa Fatima (Ya Yesus)*

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami. Selamatkanlah kami dari api neraka, dan hantarlah jiwa-jiwa ke surga, terlebih jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu. Amin.

3 dari 4 halaman

Ujud Doa

Peristiwa-peristiwa Gembira, khususnya selama Masa Adven dan Natal

  1. Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel (Luk 1:26-38).
  2. Maria mengunjungi Elisabet, saudarinya (Luk 1:39-45).
  3. Yesus dilahirkan di Bethlehem (Luk 2:1-7).
  4. Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah (Luk 2:22-40).
  5. Yesus diketemukan dalam Bait Allah (Luk 2:41-52).

Peristiwa-peristiwa Sedih, khususnya selama Masa Prapaskah dan tiap hari Jumat

  1. Yesus berdoa kepada Bapa-Nya di surga dalam sakratul maut (Luk 22:39-46).
  2. Yesus didera (Yoh 19:1).
  3. Yesus dimahkotai duri (Yoh 19:2-3).
  4. Yesus memanggul salib-Nya (ke Gunung Kalvari) (Luk 22:26-32).
  5. Yesus wafat di salib (Luk 23:44-49).

Peristiwa-peristiwa Mulia, khususnya selama Masa Paskah dan tiap hari Minggu

  1. Yesus bangkit dari kematian (Luk 21:1-12).
  2. Yesus naik ke surga (Luk 24:50-53).
  3. Roh Kudus turun atas para Rasul (Kis 2:1-13).
  4. Maria diangkat ke surga (1Ko r15:23; DS 3903).
  5. Maria dimahkotai di surga (Why 12:1, DS 3913-3917).

Peristiwa-peristiwa Terang

  1. Yesus di baptis di sungai Yordan (Ma 3:16-17)
  2. Yesus menyatakan diri-Nya dalam pesta pernikahan di Kana (Yoh 2:11)
  3. Yesus memberitakan Kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan (Mat4:17-23)
  4. Yesus menampakan kemuliaan-Nya (Mat 17:2-5)
  5. Yesus menetapkan Ekaristi (Mrk 14:22-24)
4 dari 4 halaman

Doa Permohonan

" Ya Tuhan, dalam kasih-Mu yang melimpah, pandanglah kepada mereka yang hidup dalam kekurangan atau penderitaan. Bantulah mereka yang kelaparan, yang tidak memiliki tempat tinggal, atau yang kehilangan pekerjaan. Permudahkanlah jalan mereka menuju rezeki yang cukup, berikanlah rumah yang nyaman bagi yang tidak punya tempat tinggal, dan berikanlah kesempatan pekerjaan yang layak bagi yang mencari nafkah.

Bunda Maria, ibu yang penuh belas kasih, perhatikanlah mereka yang merasakan kesepian, putus asa, atau terabaikan. Sambutlah doa mereka yang merintih dalam kesedihan, dan hampirkanlah mereka kepada kehangatan kasih-Mu. Jadikanlah mereka merasakan kehadiran-Mu yang menghibur dan diberkati oleh perhatian dan kasih sesama.

Ya Tuhan, kami juga berdoa untuk orang-orang yang hidup dalam situasi sulit seperti konflik, perang, atau bencana alam. Berilah mereka perlindungan dan keamanan. Lindungilah mereka dari kekerasan dan bantulah mereka untuk mendapatkan bantuan dan bimbingan yang mereka butuhkan. Sampaikanlah kekuatan dan harapan kepada mereka yang terjebak dalam situasi yang penuh ketakutan dan keputusasaan.

Tuhan yang Mahakuasa, kami juga menyampaikan permohonan khusus kami kepada-Mu. Engkaulah yang mengetahui setiap kebutuhan dan kerinduan dalam hati kami. Kami memohon untuk [sebutkan permohonan pribadi]. Dengarkanlah doa kami, ya Tuhan, dan berikanlah jawaban yang terbaik menurut kehendak-Mu.

Kami mengucapkan doa ini dengan penuh keyakinan dan harapan, menyerahkan segala permohonan kami kepada-Mu, Tuhan yang baik dan penyayang. Dalam nama Yesus Kristus, Anak-Mu yang terkasih, kami berdoa. Amin."

Dalam Doa Rosario, permohonan-permohonan ini dapat disampaikan pada waktu yang tepat, setelah merenungkan setiap misteri atau pada saat-saat khusus antara misteri-misteri. Selain itu, setiap individu juga dapat menyertakan permohonan pribadi mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.