Sukses

Doa Kemuliaan Katolik Bahasa Indonesia dan Doa-Doa Dasar Lainnya

Doa kemuliaan merupakan doa penting yang mewakili dasar hidup umat Katolik.

Liputan6.com, Jakarta Doa kemuliaan tentunya sudah dipahami oleh seluruh umat Katolik. Pasalnya, doa kemuliaan ini merupakan salah satu doa utama bagi umat Katolik, di samping doa lainnya seperti doa Salam Maria dan Doa Bapa Kami.

Doa Kemuliaan termasuk doa dasar yang sering dideraskan oleh umat Katolik. Dalam doa ini, umat memuji Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus di tempat-Nya yang Maha Tinggi. Walaupun singkat dan sederhana, sesungguhnya makna doa Bapa Kami ini sangatlah dalam. 

Doa kemuliaan merupakan doa penting yang mewakili dasar hidup umat Katolik. Doa ini juga merupakan pesan iman dan menjadi doa yang sering dipanjatkan pada momen misa, ibadat, dan juga persekutuan kecil.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/6/2023) tentang doa kemuliaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Kemuliaan

Doa Kemuliaan merupakan pesan iman dan menjadi doa penting yang mewakili dasar hidup umat Katolik. Doa Kemuliaan biasanya dipanjatkan pada momen misa, ibadat, dan persekutuan kecil. Doa Kemuliaan merupakan pujian singkat kepada Allah. Dalam doa Kemuliaan, umat  memuji Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus di tempat-Nya yang Maha Tinggi.

Berikut bacaan doa Kemuliaan bahasa Indonesia bagi umat Katolik:

"Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. (Amin.)"

3 dari 5 halaman

Doa-Doa Dasar Umat Katolik

Selain doa Kemuliaan, ada beberapa doa dasar lainnya yang perlu kamu hafalkan sebagai umat Katolik. Seperti doa Kemuliaan, doa-doa dasar lainnya ini juga terdiri dari doa yang cukup pendek sehingga mudah dihafalkan.

Doa Bapa Kami

oa Bapa Kamu Katolik ini mengandung pujian atau penyembahan kepada Allah, penyerahan diri kamu kepada-Nya, pertobatan dan permohonan. Melansir katolisitas.org, berikut doa Bapa Kami Katolik:

(berdasarkan Mat 6:9-13)

"Bapa Kami, yang ada di surga,

dimuliakanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu,

Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga

Berilah kami rejeki pada hari ini,

dan ampunilah kesalahan kami

seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami

Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan

Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin."

 

Doa Tanda Salib

Doa Tanda Salib merupakan doa yang tentunya sudah sangat dikenali oleh umat Katolik. Berikut doa Tanda salib bagi umat Katolik:

"Dalam (Demi) nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

4 dari 5 halaman

Doa Salam Maria

Doa Salam Maria merupakan salah satu doa utama dalam agama Katolik, di samping Doa Bapa Kami Katolik dan Doa Kemuliaan. Berikut bacaan doa Salam Maria:

"Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu,

terpujilah engkau di antara wanita,

dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus.

Santa Maria, bunda Allah,

doakanlah kami yang berdosa ini

sekarang dan waktu kami mati. Amin."

 

Doa Terpujilah

Selain doa Tanda Salib yang tidak terlalu panjang, ada pula doa Terpujilah yang juga singkat saja. Doa Terpujilah bisa kamu lafalkan dengan bacaan sebagai berikut:

"Terpujilah nama Yesus, Maria dan Yosef, sekarang dan selama-lamanya. Amin."

5 dari 5 halaman

Doa Tobat

Melansir Keuskupan Agung Jakarta, Allah selalu siap menerima orang yang bertobat. Langkah-langkah pertobatan seseorang yaitu Menyadari dan mengakui dosa, Menyesali dosa, Berniat untuk tidak berbuat dosa lagi, Mohon ampun, dan Mau menghidupi cara hidup yang baru.

Untuk melakukan pertobatan, kamu tentunya perlu mengenali doa Tobat Katolik. Doa Tobat Katolik dapat merujuk pada Puji Syukur No 25. Melansir imankatolik.or.id, berikut bunyi doa tobat Katolik:

"Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku.

Aku sungguh patut Engkau hukum, terutama karena aku telah tidak setia kepada Engkau yang maha pengasih dan mahabaik bagiku.

Aku benci akan segala dosaku, dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi.

Allah yang maha-murah, ampunilah aku, orang berdosa. (Amin.)"

 

Doa Tobat Katolik Bahasa Inggris

Bila kamu belum terbiasa membaca doa tobat Katolik dengan bahasa Indonesia, kamu bisa membacanya dengan bahasa Inggris. Berikut doa Tobat Katolik bahasa Inggris:

"I am heartily sorry for my sins, and I detest them all because of your just punishments.

But most of all, because they offend you, my God, who are all good and deserving of all my love.

I firmly resolve with the help of your grace, to sin no more and to avoid the near occasions of sin. Amen."

 

Doa Tobat Katolik Bahasa Latin

Kamu juga bisa melafalkan doa Tobat Katolik dengan bahasa Latin. Berikut doa tobat Katolik bahasa Latin:

"Deus meus, ex toto corde pænitet me omnium meorum peccatorum, eaque detestor, quia peccando, non solum pœnas a te iuste statutas promeritus sum, sed præsertim quia offendi te, summum bonum, ac dignum qui super omnia diligaris.

Ideo firmiter propono, adiuvante gratia tua, de cetero me non peccaturum peccandique occasiones proximas fugiturum. Amen."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.