Sukses

10 Tips Kulit Tetap Awet Muda Setelah Usia 25 Tahun, Cegah Garis Halus

Setelah usia 25 tahun, kulit lebih rentan mengalami penuaan.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki usia pertengahan dua puluhan, berbagai perubahan bisa terjadi. Ini mulai dari karier, hubungan, hingga perubahan pada tubuh. Melewati usia 25-an kulit akan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Tanda penuaan yang biasa terlihat di usia 25 ke atas seperti garis halus, lingkaran hitam di bawa mata, kerutan, kulit kering, dan pori-pori yang terbuka. Faktor-faktor tertentu bisa mempercepat proses penuaan dini. Ini seperti stres dan pola makan yang buruk.

Maka dari itu penting mengetahui cara menjaga kulit tetap sehat setelah usia 2 tahun. Perawatan rutin dan gaya hidup sehat sangat berpengaruh pada penampilan kulit di usia 25 ke atas.

Bagi kamu yang akan memasuki usia 25 tahun atau sudah berada pada usia ini, berikut tips kulit tetap awet muda setelah usia 25 tahun dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (10/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tips kulit tetap awet muda Setelah 25 tahun

Bersihkan wajah secara teratur

Mencuci muka dan melakukan pembersihan lainnya sangat penting untuk kulit. Pembersih yang baik akan membersihkan pori-pori dan kotoran secara menyeluruh. Membersihkan wajah juga akan menghilangkan minyak dan sisa riasan, membuat kulit lembut, segar, dan bersih.

Pilihlah produk pembersih yang sesuai untuk jenis kulit. Sebaiknya gunakan pembersih yang lembut untuk menjaga pelindung kulit dan menjaganya tetap tahan terhadap dehidrasi dan kerusakan.

Toning

Menggunakan toner adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit. Toner dirancang untuk mengembalikan pH rendah pada kulit setelah dicuci dengan pembersih pH tinggi. Jika kamu menggunakan pembersih dengan pH rendah, toner tidak diperlukan.

Setelah membersihkan kulit secara menyeluruh, gunakan toner yang bagus untuk menutup pori-pori, mengencangkan kulit, dan menghilangkan rasa berminyak yang mungkin tersisa setelah pembersihan.

3 dari 6 halaman

Tips kulit tetap awet muda Setelah 25 tahun

Eksfoliasi rutin

Seiring bertambahnya usia, kulit akan lebih lambat melakukan regenerasi. Sel kulit mati tidak segera tergantikan oleh sel-sel segar. Ini membuatnya akan nampak kusam. Eksfoliasi atau pengelupasan adalah cara yang bagus untuk membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit.

Pengelupasan juga tidak hanya membersihkan sel-sel mati tetapi juga membantu dalam produksi sel-sel baru. Ada dua kategori utama exfoliant: fisik dan kimia. Keduanya bisa digunakan dengan baik untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi hindari eksfoliasi fisik yang keras seperti scrub gula atau butiran scrub kasar.

Gunakan serum

Serum juga bisa membantu mencegah proses penuaan dini di usia 25-an. Secara umum, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap. Serum antipenuaan terbaik biasanya mengandung turunan vitamin A yang dikenal sebagai Retinoid dan vitamin C.

Selain meningkatkan kolagen di kulit, serum juga bertindak sebagai antioksidan untuk menyerap stres oksidatif penyebab penuaan.

4 dari 6 halaman

Tips kulit tetap awet muda Setelah 25 tahun

Gunakan pelembap

Semakin bertambahnya usia, produksi minyak bisa berkurang. Meskipun ini berarti kemungkinan jerawat lebih kecil, tapi kulit jadi akan mudah kering. Salah satu alasan utama munculnya garis halus adalah kurangnya hidrasi kulit. Maka dari itu penting untuk terus menghidrasi kulit dengan pelembap.

Carilah pelembab yang mengandung pelembab pengikat air seperti gliserin dan asam hialuronat. Pastikan pelembap memberikan kelembapan yang maksimal dan melindungi kulit dari penuaan dini.

Gunakan tabir surya

Tabir surya adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kulit tetap awet muda. Sinar UV matahari dapat menyebabkan penuaan dengan memecah kolagen dan menyebabkan bercak di kulit. Aplikasikan tabir surya dengan SPF 30 setiap pergi ke luar rumah.

Mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari matahari seperti kemeja lengan panjang, topi, dan kacamata hitam, serta menghindari sinar matahari di tengah hari, akan mengurangi risiko penuaan akibat sinar UV.

5 dari 6 halaman

Tips kulit tetap awet muda Setelah 25 tahun

Gunakan masker

Rutin menggunakan masker wajah bisa membantu menutrisi dan merevitalisasi kulit. Ada banyak jenis masker yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Kamu bisa membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan alami. Gunakan masker wajah seminggu sekali untuk kulit yang bersih, lebih muda dan kencang.

Hindari stres

Stres dapat memicu penuaan karena tingginya jumlah kortisol, hormon stres, dapat memecah kolagen dan elastin kulit. Di usia 25-an, seseorang rentan terkena stres baik karena pekerjaan maupun masalah lainnya. Mengatasi stres dengan relaksasi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya dapat membantu mencegah proses penuaan dini.

6 dari 6 halaman

Tips kulit tetap awet muda Setelah 25 tahun

Cukup tidur

Selain stres, kurang tidur jadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Wanita yang kurang tidur menunjukkan tanda-tanda penuaan kulit dini dan penurunan kemampuan kulit mereka untuk pulih setelah terpapar sinar matahari. Tidur yang cukup sekitar 6-8 jam perhari dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Perhatikan pola makan

Pola makan yang seimbang dan bergizi bisa menjadi rahasia di balik kulit yang sehat. Konsumsi banyak buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit. Cobalah untuk memasukkan jumlah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup ke dalam makanan. Jangan lupa untuk mengunsumsi cukup air putih, setidaknya 6 hingga 8 gelas air untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini