Sukses

Cara Membuat Stiker WhatsApp dan Line yang Mudah, Bagus, dan Menarik

Kumpulan cara membuat stiker whatsApp dan Line.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat stiker bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Terkhusus untuk aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Line. Stiker adalah salah satu alasan aktivitas chatting atau bertukar pesan menjadi lebih mengasyikkan.

Melalui fitur stiker, penerima dan pengirim pesan bisa mengekspresikan emosi lebih maksimal. Sayangnya, fitur stiker bawaan dari aplikasi biasanya hanya terbatas dan monoton. Inilah mengapa penting paham cara membuat stiker WhatsApp dan Line.

Cara membuat stiker di kedua aplikasi chatting terpopuler ini, pengguna bisa menggunakan berbagai macam foto atau gambar yang unik. Keunikan gambar bahan inilah yang membuat hasil cara membuat stiker akan lebih bagus dan menarik.

Langsung saja berikut Liputan6.com ulas cara membuat stiker WhatsApp dan Line dari berbagai sumber, Senin (3/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Stiker Whatsapp

Cara Membuat Stiker Whatsapp Persiapan

1. Persiapan cara membuat stiker Whatsapp adalah dengan menyiapkan gambar atau foto yang ingin Anda jadikan sebagai stiker.

2. Usahakan foto dengan latar belakang putih dengan metode portrait. Cara membuat stiker Whatsapp ini dikarenakan latar belakang putih akan mempermudah penghapusan latar belakang gambar atau foto tersebut.

3. Anda bisa cara membuat stiker Whatsapp dari potret diri Anda sendiri, idola Anda maupun orang-orang di sekitar Anda. 

4. Apabila Anda ingin cara membuat stiker Whatsapp dengan menambahkan stiker ke WhatsApp, siapkan minimal tiga buah stiker buatan Anda dari 3 gambar atau foto yang Anda inginkan.

5. Tiga aplikasi pengolah gambar dari cara membuat stiker Whatsapp yang bisa Anda gunakan yaitu Picsart, Background Eraser dan Personal Stickers For WhatsApp. Bisa unduh di Google Play Store maupun App Store.

Cara Membuat Stiker Whatsapp Proses

1. Cara membuat stiker Whatsapp untuk prosesnya, mulai download aplikasi Background Eraser dan install di ponsel Anda.

2. Buka aplikasi tersebut dan Load Photo, pilih foto selfie Anda, foto kartun, atau foto idola Anda yang ingin Anda gunakan dalam proses cara membuat stiker Whatsapp.

3. Hapus latar belakang objek foto Anda dengan tool yang disediakan secara manual maupun magic.

4. Jika sudah terhapus semua backgroundnya dan terlihat seperti stiker, cara membuat stiker Whatsapp pilih Done dan kemudian Save hasilnya.

5. Unduh aplikasi Personal Stickers for WhatsApp, kemudian cara membuat stiker Whatsapp mulai bukalah.

6. Pilihan sticker akan muncul berdasarkan folder.

7. Pilih 3 foto yang sudah Anda edit menjadi stiker karena itu merupakan jumlah minimal cara membuat stiker Whatsapp.

8. Pilih tombol Add untuk menambahkan stiker ke akun WhatsApp Anda.

3 dari 6 halaman

Cara Menambahkan Stiker Whatsapp dari Pengguna Lain

1. Klik stiker yang dikirimkan teman Anda di jendela chatting

2. Klik tambah ke favorite, maka stiker tersimpan di aplikasi Anda

3. Buka ikon emoticon di pojok kiri bawah, pilih ikon di bawah di samping kanan ikon GIF

4. Klik ikon bergambar bintang, dan klik stiker yang Anda simpan tadi

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Stiker Line

1. Persiapan cara membuat stiker Line adalah unduh aplikasi Line Creators Studio dan kemudian buka aplikasi tersebut.

2. Setelah itu cara membuat stiker Line, ketuk tombol "+" untuk membuat stiker baru dan pilih diantara 3 cara membuat stiker line yang kamu inginkan.

3. Cara membuat stiker Line yang ketiga adalah dari 3 cara membuat stiker tadi, pilihlah salah satu antara kanvas, foto yang tersimpan di perangkat kamu atau ambil foto baru dengan kamera perangkat kamu yang digunakan sekarang untuk memulai cara membuat stiker Line.

4. Sebelum kamu menentukan pilihan gambar yang ingin kamu pilih, terlebih dahulu cara membuat stiker Line pastikan untuk memilih “mewarnai stiker” yang akan kamu buat karena hal ini dapat mempengaruhi peninjauan di akhir nanti.

5. Cara membuat stiker line yang kelima adalah pilih foto mana pun yang ingin kamu gunakan untuk diubah menjadi stiker. Lalu simpanlah dan edit bagian foto yang ingin kamu edit dengan fitur yang telah tersedia seperti Pangkas, Laso, Bentuk, Bingkai, dan Penghapus. Jika kamu ingin melewati proses pangkas kamu tidak perlu untuk menggunakannya.

6. Cara membuat stiker line selanjutnya adalah pilih berbagai bentuk yang tersedia untuk memangkas foto dengan cepat dan praktis sehingga membentuk hasil yang baik dan menarik.

7. Langkah selanjutnya, jika kamu ingin memangkas gambar agar semakin bagus. Kamu bisa memilih bagian mana pun dari foto untuk diubah menjadi stiker dengan membuat outline menggunakan jari. Modifikasi foto yang dipilih serta perbesar, perkecil, atau ubah arah foto.

8. Cara membuat stiker line yang kedelapan adalah gunakan penghapus. Kamu bisa membuang bagian foto yang tidak diinginkan menggunakan penghapus. Ukuran penghapus bisa diatur, dan foto juga bisa diperkecil atau diperbesar selama proses ini.

9. Kreasikan dengan tambahan bingkai. Kamu juga bisa mencoba cara membuat stiker Line dengan menambahkan beragam bingkai dekoratif yang menggemaskan ke kreasi stiker. Unduh berbagai pilihan bingkai yang dapat digunakan sesuai dengan selera.

10. Gunakan fitur pangkas otomatis. Pada fitur pangkas otomatis ini kamu bisa membuat proses memangkas jadi lebih mudah. Cukup menggambar garis secara asal di sekeliling foto, maka cara membuat stiker Line akan menghasilkan pangkas dalam waktu singkat. Kamu juga dapat mengembalikan bagian yang ingin disimpan atau membuang sisanya.

11. Cara membuat stiker line yang terakhir adalah atur ukuran dan sudut gambar serta tambahkan teks ke gambar dengan beragam pilihan font. Font baru dapat diunduh dari daftar di dalam aplikasi. Tidak hanya itu kamu juga dapat menambahkan ilustrasi foto sesuai selera kamu masing-masing. Simpan dan selesai.

5 dari 6 halaman

Cara Menjual Stiker Line

1. Masukkan judul dan penjelasan stiker serta pilih gambar utama koleksi stiker di layar pembuatan stiker. Perhatikan bahwa kamu mungkin harus mengubah keterangan yang telah dimasukkan sebelum mengajukan permintaan peninjauan stiker.

2. Ketuk Apply to sell atau ajukan peninjauan jika kamu sudah membaut setidaknya 8 buah stiker. Kemudian kamu dapat menjual stiker mulai dari 8, 16, 24, 32, atau 40 stiker/set.

3. Sebelum di jual kamu harus menunggu prose peninjauan terlebih dahulu. Begitu proses peninjauan selesai, kamu akan diberitahu melalui pesan obrolan akun resmi Creators Market dan juga pemberitahuan melalui email apakah stiker kamu bisa masuk proses penjualan atau enggak.

4. Setelah status stiker menjadi telah disetujui, kamu dapat menjualnya di LINE STORE dan Toko Stiker di aplikasi.

6 dari 6 halaman

Aplikasi Cara Membuat Stiker

Sticker Make

Sticker Make hadir dengan fitur yang sangat lengkap. Kamu bisa membuat stiker dengan menggunakan foto berformat JPG, WEBP, dan juga PNG. 

Selain itu, kamu juga bisa menghapus background latar untuk menjadi transparan. Kamu juga bisa menambahkan teks pada setiap stiker yang akan kamu buat.

Sticker Maker

Tidak diragukan lagi, aplikasi Sticker Maker sudah sangat pupuler. Tahukah kamu bahwa aplikasi ini telah mendapatkan 10 juta unduhan lebih pada Google Play Store. 

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pertama, kamu juga bisa menikmati fitur pemotong background secara otomatis. Kamu juga bisa menambahkan teks pada stiker.

Stickify

Nah, kali ini kamu bisa merasakan berbagai macam fitur keren untuk membuat stiker WhatsApp. Karena Stickify hadir dengan fitur-fitur yang sangat menarik. Aplikasi ini juga menyediakan lima ribu lebih stiker WhatsApp gratis. 

Kamu bisa menghapus background foto dan menambahkan teks, hingga kamu juga bisa membuat stiker dengan penambahan emoji. Kamu juga bisa menikmati fitur pembuat meme khusus yang sudah disediakan.

Sticker Studio

Selain aplikasi di atas, masih ada lagi aplikasi pembuat stiker gratis di Android yang bisa kamu coba. Aplikasi ini telah di klaim menjadi aplikasi terbaik untuk membuat stiker.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Kamu tidak hanya bisa membuat stiker untuk WhatsApp saja, melainkan kamu juga bisa membuat stiker untuk Gboard. 

Kamu bisa membuat stiker berdasatkan kategori. Di mana kamu akan disediakan wadah untuk mengumpulkan berbagai macam stiker yang kamu buat.

Personal Stickers

Baut kamu yang tidak memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi bisa mencoba Personal Stickers ini. Aplikasi ini hadir dengan ukuran yang sangat ringan.

Ukuran yang dimilikinya hanya berkisar 4mb saja. Jadi kamu tidak perlu khawatir kinerja ponsel kamu terganggu. 

Aplikasi ini menyediakan fitur pemotong background otomatis dan juga merubah ukuran foto yang akan di jadikan stiker secara otomatis juga.

Sticker Factory

Aplikasi ini hadir dengan fitur ajaibnya yaitu menghapus background hanya dengan sekali ketukan saja. Fitur inilah yang akan mempercepat proses pembuatan stiker.

Kamu juga bisa menambahkan pernak-pernik pada stiker yang kamu buat. Dengan penambahan teks dan juga icon pendukung lainnya itu akan membuat stiker kamu lebih menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini