Sukses

12 Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet

Sukun memiliki rasa gurih yang lezat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah sukun bagi kesehatan dapat dengan mudah dinikmati. Sukun merupakan jenis buah tropis yang banyak ditemui di Indonesia. Buah ini memiliki tampilan mirip nangka dengan daging buah empuk mirip roti. Manfaat buah sukun bagi kesehatan ini memiliki rasa gurih dan manis.

Sukun memiliki karbohidrat yang dapat memenuhi asupan harian nutrisi tersebut. Ini membuat sukun menjadi makanan mengenyangkan yan sehat. Manfaat buah sukun bagi kesehatan bisa dikonsumsi dengan cara merebus, mengukus, atau memanggang. Manfaat buah sukun bagi kesehatan sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Manfaat buah sukun bagi kesehatan didapat dari kandungan vitamin dan mineral. Manfaat buah sukun bagi kesehatan mengandung vitamin C, B kompleks, vitamin K, vitamin E, dan folat. Sukun juga merupakan sumber kalium yang baik. Mineral lain dalam sukun termasuk magnesium, mangan, tembaga, seng, kalsium, besi, fosfor, dan selenium.

Berikut 12 manfaat buah sukun bagi kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat buah sukun bagi kesehatan

Aman untuk diabetes

Buah sukun cenderung aman dikonsumsi penderita diabetes. Sukun merupakan sumber serat yang baik. Konsumsi serat yang cukup dikaitkan dengan kontrol gula darah yang lebih stabil. Konsumsi sukun juga bisa mengurangi risiko diabetes. Sukun juga memiliki indeks glikemik rendah yang aman untuk diabetes.

Serat dalam sukun menghambat penyerapan glukosa dari makanan yang dimakan, sehingga mengendalikan diabetes. Sukun mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin dalam tubuh.

Sumber energi sehat

Sebagian besar kalori dalam sukun berasal dari karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Karena kaya serat, sukun juga merupakan penambah energi yang sangat baik. Ini membuat seseorang bisa merasa energik dan aktif setelah makan sukun.

3 dari 7 halaman

Manfaat buah sukun bagi kesehatan

Baik untuk diet

Sukun bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori berlebihan. Jumlah serat yang tinggi juga mendukung kelancaran metabolisme. Tubuh yang memiliki metabolisme baik dapat terhindar dari risiko obesitas dan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Bantu sehatkan jantung

Sukun adalah sumber kalium yang sangat baik. Kalium mendukung penurunan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur detak jantung dengan meminimalkan efek natrium. Serat makanan dalam sukun juga membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapannya dalam usus.

Manfaat buah sukun bagi kesehatan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Konsumsi sukun juga dikaitkan dengan pengurangan kadar trigliserida yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung.

4 dari 7 halaman

Manfaat buah sukun bagi kesehatan

Sumber omega-3 dan omega-6

Sukun adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak esensial ini cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 juga penting untuk pertumbuhan otak dan pikiran. Konsumsi sukun juga bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Sehatkan pencernaan

Konsumsi sukun juga bermanfaat untuk pergerakan usus dan fungsi usus yang baik. Serat yang ada dalam sukun lagi membantu mengeluarkan kotoran dan juga mengeluarkan racun dari usus. Ini mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti mulas, keasaman, maag dan gastritis. Sukun juga membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan menangkal bahan kimia penyebab kanker dari usus besar.

5 dari 7 halaman

Manfaat buah sukun bagi kesehatan

Cegah peradangan

Sukun mengandung antioksidan yang baik seperti vitamin C. Senyawa ini membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas berbahaya dari tubuh yang menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.

Sumber protein sehat

Sukun memiliki dua kali lipat protein dalam sajian serupa nasi putih atau kentang. Protein dalam sukun sebagian besar adalah leusin dan lycine. Asam amino esensial ini harus dikonsumsi dalam makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya.

6 dari 7 halaman

Manfaat buah sukun bagi kesehatan

Cegah infeksi kulit

Ekstrak sukun segar dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Sukun dapat membantu menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi dan mencegah kelebihan oksida nitrat, sehingga mencegah peradangan berlebihan.

Bantu pembentukan sel dan kolagen

Konsumsi sukun juga dapat membantu meratakan warna kulit dan mengencangkan kulit dengan meremajakan penampilannya. Vitamin C pada sukun membantu produksi kolagen, protein yang memberikan elastisitas pada kulit.

Antioksidan dalam sukun juga memberikan perisai yang efektif terhadap sinar matahari dan kerusakan akibat sinar matahari. Sukun juga mendorong pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.

7 dari 7 halaman

Manfaat buah sukun bagi kesehatan

Bantu pertumbuhan rambut

Asupan sukun secara teratur memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Zat besi dalam sukun meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Memelihara kesehatan rambut

Sukun dapat mendukung pertumbuhan rambut sehat dan tebal. Vitamin C dalam sukun memfasilitasi penyerapan mineral dan memberi nutrisi pada rambut. Sukun mencegah gangguan rambut seperti ketombe secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini