Sukses

5 Jenis Buah Tin yang Paling Enak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah tin punya rasa manis dan segudang manfaat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis buah tin yang paling enak punya ragam bentuk dan warna. Buah tin atau buah ara merupakan buah yang berasal dari Asia Barat. Dalam bahasa Inggris, buah tin disebut juga fig. Buah ini lunak dengan kulit tipis berwarna hijau atau ungu sesuai dengan jenisnya.

Jenis buah tin yang paling enak banyak ditanam hingga Timur Tengah dan Eropa. Ada sejumlah jenis buah tin yang paling enak. Setiap jenis buah tin yang paling enak berbeda secara halus dalam rasa dan manisnya.

Buah tin memiliki rasa manis dan segar. Dalam persebarannya, ada beragam jenis buah tin yang paling enak. Buah tin bisa ditemukan dalam keadaan segar, kering, atau dalam bentuk jus.

Jenis buah tin yang paling enak ini kaya serat dan banyak mineral penting. Mineral ini seperti magnesium, mangan, kalsium, tembaga, kalium, vitamin K dan B6. Berikut 5 jenis buah tin yang paling enak dan manfaatnya, yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Adriatic

Buah tin adriatic memiliki kulit hijau muda dan berwarna merah muda di bagian dalam. Jenis buah tin yang paling enak ini sering digunakan untuk membuat fig bars. Adriatic juga disebut buah ara putih karena berwarna sangat terang. Mereka sangat manis dan dapat dinikmati sebagai hidangan penutup buah sederhana.

Pohon tin Adriatik adalah tanaman asli daerah Mediterania. Karena kandungan gulanya sangat tinggi, buah tin Adriatic biasanya dikeringkan untuk dikonsumsi.

3 dari 8 halaman

Black Mission

Buah tin Black Mission berwarna ungu kehitaman di luar dan merah muda di dalamnya. Jenis buah tin yang paling enak ini sangat manis dan bahkan mengeluarkan air seperti sirup. Black Mission sempurna untuk dimakan sebagai hidangan penutup atau campuran resep kue untuk menambah rasa.

Buah tin Black Mission berbentuk kecil, dengan daging merah muda yang lebat bertabur biji-bijian yang memberikan rasa renyah pada daging yang halus.

4 dari 8 halaman

Brown Turkey

Buah tin brown turkey memiliki kulit ungu dan daging merah. Buahnya memanjang dan berbentuk buah pir, dengan kulit ungu gelap. Rasanya ringan dan kurang manis dibandingkan jenis buah tin yang paling enak lainnya. Buah ini sangat cocok menjadi campuran dalam salad.

Jenis buah tin yang paling enak ini sangat populer dan besar, tumbuh di seluruh dunia. Buah tin brown turkey banyak dijual segar dan kering. Buah-buahan ini tumbuh selama akhir musim semi dan akhir musim panas.

5 dari 8 halaman

Calimyrna

Buah tin Calimyrna berwarna kuning kehijauan di bagian luar dan merah muda mencolok di bagian dalam. Buah tin Calimyrna lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah tin lain dan memiliki rasa kacang yang unik dan kuat.

Jenis buah tin yang paling enak ini bisa dijadikan selai atau topping pada kue. Buah tin Calimyrna juga biasa dikonsumsi langsung dengan tampilannya yang menarik.

6 dari 8 halaman

Kadota

Buah tin kadota berwarna hijau dengan daging ungu. Jenis buah tin kadota diyakini sudah ada sejah ribuan tahun lalu. Daging buahnya sangat halus dan manis.

Kadota adalah jenis buah tin yang paling enak dan yang paling manis di antara semua jenis buah tin. Mereka sangat baik untuk dimakan mentah dan rasanya enak jika dipanaskan dengan sejumput garam.

7 dari 8 halaman

Manfaat buah tin untuk kesehatan

Selain mengetahui jenis buah tin yang paling enak, penting juga untuk mengenal ragam manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh. Di balik rasanya yang manis, buah tin menyimpan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Atasi anemia

Buah tin kering mengandung zat besi yang dapat mengatasi anemia. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia kekurangan zat besi. Konsumsi buah tin dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah yang dapat mengatasi gejala anemia seperti pusing dan lelah.

Sehatkan kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Buah ton adalah sumber yang baik untuk banyak memperkaya vitamin, antioksidan, dan mineral kulit. Buah tin juga mentah dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang bergizi dan kaya antioksidan.

Lancarkan pencernaan

Karena sifat pencahar buah, sirup buah tin biasa dimanfaatkan untuk membantu mengobati sembelit. Buah tin dapat mengurangi ebagian besar gejala sembelit, termasuk waktu buang air besar, jumlah buang air besar, sakit perut dan ketidaknyamanan.

Buah tin sarat akan serat, membantu pergerakan usus yang sehat dan meredakan sembelit. Serat dalam buah tin juga mengobati diare dan menenangkan seluruh sistem pencernaan. Serat juga membantu perut merasa kenyang dan mmencegah makan berlebihan.

8 dari 8 halaman

Manfaat buah tin untuk kesehatan

Sehatkan jantung

Buah tin juga membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Trigliserida adalah partikel lemak dalam darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Antioksidan dalam buah tin mencegah radikal bebas yang menghalangi arteri koroner dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Buah tin juga mengandung fenol dan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Bantu turunkan kolesterol

Buah tin mengandung pektin, serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam buah tin membersihkan kelebihan kolesterol dalam sistem pencernaan dan membawanya ke usus untuk disekresikan. Buah tin kering mengurangi kolesterol keseluruhan karena mengandung asam lemak omega-3, omega-6 dan pitosterol.

Kuatkan tulang

Buah tin mengandung kalsium, kalium, dan magnesium, yang semuanya membantu kesehatan tulang. Buah tin membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kerusakan tulang akibat usia.

Nah, itu tadi jenis buah tin yang paling enak untuk dikonsumsi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.