Sukses

6 Bahan Skincare yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Kering

Penting untuk membaca label skincare untuk kulit kering

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering adalah kondisi tidak nyaman yang ditandai dengan kerak, gatal, dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Beberapa orang memiliki kulit kering. 

Kulit kering terlihat kusam karena sering tertutup lapisan sel kulit mati. Juga, seiring bertambahnya usia, kulit secara alami menjadi kering karena perubahan hormon. Perawatan kulit kering pastinya berbeda dengan tipe kulit lainya.

Jika Anda mengalami kulit kering, Anda mungkin dapat mencegah dan mengobatinya menggunakan perubahan gaya hidup sederhana. Salah satunya adalah dengan memerhatikan produk skincare. Mulai dari pembersih, krim, pencuci muka, hingga makeup.

Setiap jenis kulit memiliki perawatannya sendiri. Begitu juga dengan kulit kering yang sangat sensitif terhadap beberapa bahan kecantikan umum. Penting untuk membaca label sebelum Anda membeli produk skincare untuk kulit kering. Berikut bahan skincare yang tak cocok untuk kulit kering, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat memiliki asal yang relatif alami, karena pernah berasal dari metabolisme salacin, sering ditemukan di kulit pohon willow. Seperti salacin, asam salisilat adalah zat anti-inflamasi dengan kemiripan kimiawi dengan aspirin. Asam salisiklik mengeksfoliasi dan mengangkat sel-sel mati dari dalam pori-pori dan permukaan kulit.

Karena memiliki sifat pengelupasan, Salicylic acid berpotensi mengeringkan kulit. Bahan ini memang bagus untuk menyembuhkan jerawat karena dikenal dapat mengeringkan jerawat dan mengangkat minyak berlebih. Tapi, bahan ini terlalu keras pada kulit kering dan dapat dengan mudah mengiritasi dan menyebabkan kemerahan dan peradangan.

3 dari 7 halaman

Alkohol

Alkohol seperti etanol, alkohol isopropil, alkohol denat, dan metanol digunakan untuk membuat krim terasa lebih ringan, membantu bahan-bahan lain untuk menembus kulit dan sebagai pengawet. Alkohol ini dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, dan jerawat.

Semua bentuk alkohol yang ditemukan dalam produk-produk seperti toner dan beberapa pembersih akan mengeringkan hidrasi dari kulit. Efek ini dapat membuat kulit bersisik dan mengelupas. Kerusakan akibat alkohol dapat menyebabkan peningkatan benjolan dan pori-pori membesar.

4 dari 7 halaman

Sodium dan Ammonium Lauryl Sulfate

Meskipun sodium lauryl sulphate (SLS) dan ammonium lauryl sulphate (ALS) memiliki nama yang mirip dan keduanya digolongkan sebagai surfaktan anionik, mereka memiliki struktur molekul yang berbeda. SLS adalah molekul yang relatif sederhana dan oleh karena itu ukurannya cukup kecil.

Keduanya merupakan bahan yang membuat produk 'berbusa' dan Sodium Lauryl Sulfate adalah yang paling umum digunakan. SLS dikenal dapat mengiritasi kulit. Sulfat ini dapat menghilangkan minyak alami yang dapat menyebabkan kulit kering, iritasi dan reaksi. Reaksi kulit yang meradang dapat termasuk kulit gatal, eksim dan dermatitis.

5 dari 7 halaman

Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan yang terkenal untuk memerangi jerawat. Bahan ini tersedia dalam bentuk gel, pembersih, dan perawatan spot jerawat. Benzoil peroksida bekerja dengan cara mengupas kulit untuk menyingkirkan sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri yang mungkin terperangkap di bawahnya.

Efek seperti ini dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan dan pengelupasan yang berlebihan. Anda mungkin merasakan gatal dan iritasi umum saat mengaplikasikannya. Dokter kulit mungkin tidak merekomendasikan benzoil peroksida jika memiliki kulit sensitif, karena jenis kulit ini lebih rentan terhadap efek samping seperti ruam dan iritasi.

Benzoil peroksida juga mungkin bukan pilihan terbaik bagi orang menderita eksim atau dermatitis seboroik. Bicaralah dengan dokter kulit tentang efek samping dan tindakan pencegahan saat menggunakan benzoil peroksida untuk jerawat.

6 dari 7 halaman

Retinoid

Retinoid merupakan turunan kelas turunan vitamin A yang dikenal dapat mengurangi garis-garis halus, kerutan, pori-pori besar, dan jerawat. Sementara bahan tersebut telah diperjuangkan secara luas untuk keberhasilan mereka dalam mengobati jerawat, keriput, dan kondisi kulit seperti psoriasis dan kutil, retinoid bisa terlalu keras pada kulit kering.

Iritasi adalah efek samping dari bahan ini, jadi menambahkannya di atas kulit yang sudah kering dapat menjadi sebuah kesalahan. Meskipun retinoid efektif, kekuatannya juga memiliki kelemahan berupa efek samping potensial. Kekeringan dan iritasi mungkin terjadi, terutama ketika pertama kali mulai menggunakan produk.

7 dari 7 halaman

Pewangi

Pewangi terbuat dari campuran minyak esensial dan senyawa aroma pada skincare. Aroma yang ditambahkan ke produk kecantikan untuk menetralisir bau tidak enak dari bahan-bahannya.

Namun, pengawet juga dapat berbahaya bagi kulit kering. Pewangi bisa menjadi penyebab utama alergi kulit. Jika wewangian dan pengawet mengiritasi kulit, mereka dapat mengubah kulit menjadi berantakan kering dan bersisik.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), pewangi adalah penyebab terbesar dari dermatitis kontak kosmetik. Bagi sebagian orang, wewangian dapat berdampak negatif pada kulit. Wewangian dapat menyebabkan iritasi yang menyebabkan kemerahan dan kulit gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini