Sukses

7 Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami, Cepat dan Ampuh

Beras yang dihinggapi oleh kutu menjadi sulit untuk diolah menjadi nasi atau masakan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Kutu beras merupakan sejenis kumbang kecil yang memakan biji-bijian seperti gandum dan beras. Kutu beras merupakan hama gudang yang sangat merugikan dan sulit dikendalikan apabila telah menyerang.

Menyimpan beras dalam jangka waktu yang lama dapat mengundang kutu beras bersarang di dana. Apabila kutu beras sudah berada di wadah penyimpanan, maka kamu perlu menghilangkan kutu beras tersebut.

Pasalnya, beras yang dihinggapi oleh kutu menjadi sulit untuk diolah menjadi nasi atau masakan lainnya. Untuk itu, kamu perlu menghilangkan kutu beras terlebih dahulu agar persediaan beras kembali bersih dan tetap layak dikonsumsi.

Cara menghilangkan kutu beras pun sangat mudah. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang kamu miliki di rumah. Berikut cara menghilangkan kutu beras secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menjemur Beras di Bawah Sinar Matahari

Cara menghilangkan kutu beras secara alami pertama dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini cukup ampuh karena kutu tidak menyukai suhu panas sehingga menjemurnya di tengah terik sinar matahari dapat membuatnya pergi.

Cara melakukannya pun cukup mudah, cukup tempatkan beras pada sebuah wadah yang lebar atau nampan. Kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam.

3 dari 8 halaman

Menutup Wadah Beras dengan Kain Basah

Cara menghilangkan kutu beras secara alami berikutnya dengan menutup wadahnya dengan kain basah. Cara menghilangkan kutu beras ini diyakini ampuh karena mereka tidak menyukai area yang lembap.

Untuk menghilangkan kutu di beras, kamu bisa menutup wadah penyimpanan beras dengan kain yang telah dibasahi air sekitar 30 menit atau hingga seluruh kutu menempel pada kain kain basah tersebut.

Kalau kutu beras sudah hilang dari wadah penyimpanan, kamu bisa langsung kembali mengolahnya menjadi aneka masakan yang kamu inginkan.

4 dari 8 halaman

Menghilangkan Kutu Beras dengan Kayu Manis

Cara menghilangkan kutu beras secara alami berikutnya dengan menggunakan kayu manis. Cara menghilangkan kutu beras dengan kayu manis cukup mudah. Kamu cukup meletakkan beberapa kayu manis ke dalam wadah penyimpanan beras.

5 dari 8 halaman

Menghilangkan Kutu Beras dengan Daun Salam

Cara menghilangkan kutu beras secara alami selanjutnya dengan menggunakan daun salam. Daun salam memiliki aroma kuat yang sangat dibenci oleh kutu beras. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan beberapa daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan beras. Nantinya kutu beras akan menyingkir dengan sendirinya.

6 dari 8 halaman

Menghilangkan Kutu Beras dengan Daun Jeruk Nipis

Selain dengan daun salam, cara menghilangkan kutu beras lainnya dengan menggunakan daun jeruk nipis. Hal ini dikarenakan daun jeruk nipis memiliki aroma yang cukup kuat. Aroma tersebut tidak disukai oleh kutu yang ada di beras.

Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan kutu beras menggunakan daun jeruk nipis. Cara menghilangkan kutu beras dengan jeruk nipis adalah meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada wadah penyimpanan beras. Kemudian tunggu beberapa jam hingga kutu pergi dari wadah penyimpanan beras tersebut.

7 dari 8 halaman

Menghilangkan Kutu Beras dengan Cabai Merah Kering

Cara menghilangkan kutu beras yang terakhir dengan menggunakan cabai merah kering. Cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan cabai merah kering cukup mudah.

Kamu hanya perlu memasukkan beberapa cabai merah kering ke dalam wadah penyimpanan beras. Setelah itu tunggu semalaman hingga kutu beras menghilang. Dengan cara menghilangkan kutu beras menggunakan cabai merah kering, kutu beras akan hilang dan kamu dapat menggunakannya kembali.

8 dari 8 halaman

Menghilangkan Kutu Beras dengan Bawang Putih

Cara menghilangkan kutu beras yang terakhir memang cukup berisiko. Menghilangkan kutu beras dengan menggunakan bawang putih dapat mengubah rasa dan teksturnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba. Cukup siapkan irisan bawang putih, lalu letakkan di permukaan beras yang sudah dihamparkan di tampah atau wadah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini