Sukses

PHP adalah Bahasa Pemrograman yang Bersifat Open Source, Ini Peranan dan Kelebihannya

PHP adalah Hypertext Preprocessor, bebas diunduh dan digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Anak IT pasti tidak asing dengan istilah PHP. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source. Keberadaaan PHP adalah bagian dari pengembangan web, ditanamkan dalam skripsi HTML, dan bisa berinterasi langsung dengan database.

PHP adalah Hypertext Preprocessor. Dikatakan memiliki sifat open source karena PHP adalah bebas untuk diunduh dan digunakan. Penggunaan khusus PHP adalah untuk pembuatan Skrip Server-Side, pembuatan Skrip, dan menulis aplikasi desktop.

PHP dijalankan pada sisi server yang dapat digunakan untuk mengelola konten dinamis dan database. PHP dapat pula untuk perekaman sesi, bahkan membangun seluruh situs web e-commerce. PHP ini mudah dipelajari.

Berikut Liputan6.com ulas istilah PHP dalam bahasa pemrograman dari berbagai sumber, Kamis (1/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Istilah PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source. Dikhususkan untuk pengembangan web dan dapat ditanamkan pada sebuah skripsi HTML. Bahasa PHP adalah menggambarkan beberapa bahasa pemrograman seperti C, Java, dan Perl. Biasanya mudah untuk dipelajari.

PHP adalah Hypertext Preprocessor. PHP biasanya menjalankan pemrograman yang prosesnya run time. Jenis server yang sering digunakan dari PHP adalah Apache, Nginx, dan LiteSpeed. PHP bisa berinteraksi langsung dengan database.

PHP adalah bahasa script yang dijalankan pada sisi server (SSS: Server Side Scripting). Database yang didukung PHP adalah MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC. PHP adalah software Open Source karena bebas untuk diunduh dan digunakan.

3 dari 6 halaman

Peranan yang Dimiliki PHP

1. PHP adalah dapat melakukan fungsi-fungsi pada sistem seperti membuat, membuka, membaca, menulis file dalam suatu sistem.

2. PHP adalah dapat menangani formulir, seperti mengambil data-data tersebut dari file, menyimpan data tersebut dalam bentuk file, dapat mengirimkan data melalui email, dan mengembalikan data ke pengguna.

3. Pengguna PHP adalah dapat menambahkan, menghapus, dan mengubah elemen dalam database Anda melalui PHP.

4. PHP adalah dapat mengakses dan mengatur cookies.

5. PHP adalah bahasa pemrograman yang dijalankan pada sisi server yang dapat digunakan untuk mengelola konten dinamis, database, perekaman sesi, bahkan dapat membangun seluruh situs web e-commerce.

6. PHP adalah dapat diintegrasikan dengan berbagai database populer seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, Sybase, Informix, dan Microsoft SQL Server.

7. PHP adalah mendukung banyak jumlah protokol besar seperti POP3, IMAP, dan LDAP. PHP4 menambahkan dukungan untuk bahasa pemrograman Java dan arsitektur objek yang terdistribusi (COM dan CORBA), membuat pengembangan n-tier menjadi mungkin untuk pertama kali.

8. Sintaks pada PHP adalah sama seperti bahasa pemrograman C.

4 dari 6 halaman

Penggunaan Khusus PHP

Pembuatan Skrip Server-Side

Ini adalah bidang target paling tradisional dan utama untuk PHP. Anda memerlukan tiga hal untuk membuatnya berfungsi: pengurai PHP (modul CGI atau server), server web, dan browser web.

dapat mengakses output program PHP dengan browser web, melihat halaman PHP melalui server. Semua ini dapat berjalan di komputer dengan terus bereksperimen dengan pemrograman PHP.

Pembuatan Skrip

Anda bisa membuat skrip PHP untuk menjalankannya tanpa server atau browser apa pun. Jenis penggunaan ini ideal untuk skrip yang dijalankan secara teratur menggunakan cron, atau Linux, atau di Windows.

Skrip ini juga dapat digunakan untuk tugas pemrosesan teks sederhana.

Menulis Aplikasi Desktop

PHP mungkin bukan bahasa terbaik untuk membuat aplikasi desktop dengan antarmuka pengguna grafis. Tapi Anda bisa menggunakan beberapa fitur PHP tingkat lanjut yang mumpuni.

Anda juga dapat menggunakan PHP-GTK untuk tulis program seperti itu. Serta memiliki kemampuan untuk menulis aplikasi lintas platform. PHP-GTK adalah ekstensi dari PHP.

5 dari 6 halaman

Kelebihan yang Dimiliki PHP

1. PHP berjalan di berbagai platform (Windows, Linux, Unix, Mac OS X, dll.)

2. PHP kompatibel dengan hampir semua server yang digunakan saat ini (Apache, IIS).

3. PHP bisa diintegrasikan dengan berbagai database populer seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, Sybase, Informix, dan Microsoft SQL Server.

4. PHP mendukung berbagai macam database.

5. PHP gratis, yang bisa diunduh melalui sumber resmi: www.php.net dan https://www.php.net/downloads.php

6. PHP mudah dipelajari dan berjalan secara efisien di sisi server.

7. PHP mendukung banyak jumlah protokol besar seperti POP3, IMAP, dan LDAP. PHP4 menambahkan dukungan untuk bahasa pemrograman Java dan arsitektur objek yang terdistribusi (COM dan CORBA).

8. Bisa membuat pengembangan n-tier menjadi mungkin untuk pertama kali.

6 dari 6 halaman

Syntax Dasar PHP

Setiap bahasa pemrograman memiliki sintaks sendiri-sendiri. Begitu juga PHP. Sintaks dasar dibuka dengan dan ditutup dengan ?>.

Contohnya sebagai berikut:

echo "Halo, dunia";

?>

Berikut penjelasan kodenya:

Echo: kode yang digunakan untuk menampilkan output data ke layar.

"Halo, dunia" merupakan teks yang ingin ditampilkan dan ditulis di antara tanda petik dan titik koma.

?> merupakan kode untuk mengakhiri program PHP dan harus digunakan saat digabung dengan HTML.

Sintaks bahasa pemrograman PHP memiliki sifat case sensitive. Huruf besar atau kecil sangat berpengaruh terhadap sintaks php. Misalnya, kode tersebut akan menampilkan Louie di halaman situs.

Akan berbeda hasilkan jika kode tersebut dituliskan seperti ini:

Anda akan mengalami error dikarenakan perbedaan variabel antara $nama dan $Nama.

Pada PHP, Anda dapat menuliskan sebuah atau beberapa komentar sebagai dokumentasi kode yang ditulis. Komentar di PHP menggunakan // untuk satu baris kode atau /* */ untuk beberapa baris kode dan tidak akan dimunculkan sebagai output pada browser.

Contohnya:

Semua file PHP harus disimpan dengan file ekstensi .php. Misalnya hello.php.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.