Sukses

6 Cara Mencegah Rambut Lepek saat Pakai Helm

Sering mengalami rambut lepek saat selesai memakai helm? Coba cara mencegahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Rambut lepek menjadi salah satu masalah yang kerap kali muncul setelah memakai helm. Kondisi tersebut dapat semakin parah dengan panasnya udara di siang hari yang membuat kulit kepala semakin berkeringat. Belum lagi, apabila rambut lepek tersebut disertai bau tidak sedap akibat helm yang lama tidak dibersihkan. Tentu jangan sampai Anda mengalami hal tersebut. 

Tapi jika memang menggunakan kendaraan roda dua menjadi solusi untuk aktivitas sehari-hari dalam melawan lalu lintas yang padat, maka mau tidak mau Anda harus memahami bagaiaman cara mencegah rambut lepek saat pakai helm tersebut. Tentu, Anda tidak mau bertemu dengan orang penting dengan kondisi rambut kurang sedap dipandang.

Ada beberapa cara mencegah rambut lepek saat pakai helm yang cukup ampuh dan tidak perlu membutuhkan usaha berlebih. Selain itu, cara mencegah rambut lepek saat pakai helm ini juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, selama Anda memperhatikan tiap cara dan tahapannya dengan benar.

Nah, untuk membahas lebih lanjut bagaimana cara mencegah rambut lepek saat pakai helm tersebut, di bawah ini Liputa6.com telah merangkumnya untuk Anda dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Keringkan rambut sebelum memakai helm

Cara mencegah rambut lepek saat pakai helm yang pertama adalah dengan memastikan jika rambut dalam kondisi kering sebelum memakai helm. Sebab saat rambut basah setelah mandi dan keramas, lalu langsung tertutup oleh helm, maka rambut akan menjadi sulit kering. Ketika rambut sulit kering maka menyebabkan rambut terpapar bakteri yang ada di helm.

Akhirnya rambut menjadi lepek dan bau. Bahkan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman karena rasa gatal ketika helm dikenakan. Jadi jangan sampai usaha untuk terlihat tampan dan menawan justru gagal karena rambut lepek disertai bau tidak sedap.

3 dari 7 halaman

2. Rajin keramas dengan sampo yang tepat

Lalu cara mencegah rambut lepek saat pakai helm yang selanjutnya berasal dari kondisi rambut yang bersih. Ketika rambut bersih dan kulit kepala tidak mengalami masalah, maka kondisi lepek saat pakai helm bisa dihindari. Pastikan Anda keramas secara rutin dua hari sekali atau mungkin setiap hari.

Dengan rutin keramas maka bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala dan menjaga kulit kepala tetap bersih, tidak bau apek, serta kondisi tiap helai rambut akan mudah diatur. Tapi, tetap pastikan jika jenis sampo yang digunakan cocok untuk jenis kulit kepala Anda. Jangan hanya memilih sampo yang memilliki sensasi dingin.

Jika memang kulit kepala Anda berketombe, maka cari sampo untuk mengurangi ketombe. Begitu juga apabila kondisi rambut Anda berminyak, gunakan sampo yang dapat menurunkan kadar minyak tersebut. Sebab, kadar minyak berlebih di rambut bisa menjadi penyebab rambut menjadi sangat lepek dan baunya menjadi sangat tidak sedap.

4 dari 7 halaman

3. Rutin menyisir rambut

melepas helm. Namun, pastikan sebelum menyisir kondisi rambut sudah cukup kering. Hal ini agar rambut tidak menggumpal dan menyebabkan rambut rontok akibat terkena tarikan dari sisir.

Jenis sisir yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan jenis rambut. Tapi, ada baiknya gunakan sisir yang memiliki gigi yang tidak terlalu rapat. Sebab risiko rambut rontok bisa semakin tinggi apabila menggunakan sisir bergigi rapat.

5 dari 7 halaman

4. Gunakan dry shampoo

Penggunaan dry shampoo bisa menjadi cara mencegah rambut lepek saat pakai helm yang cukup efektif. Namun memang Anda perlu memastikan jika kandungan berbagai bahan kimia yang ada pada dry shampoo aman untuk digunakan pada jenis rambut Anda.

Sebab dry shampoo sebenarnya tidak benar-benar membersihkan kulit kepala. Bahkan produk ini berpotensi untuk mengurangi keseimbangan kandungan minyak rambut yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut.

6 dari 7 halaman

5. Jagalah kebersihan helm

Selain dari sisi rambut itu sendiri, cara mencegah rambut lepek saat pakai helm yaitu dengan menjaga kebersihakn dari helm yang akan digunakan. Selalu usahakan untuk mencuci helm secara teratur minimal sebulan dua kali.

Sebab, hal ini untuk mencegah timbulnya bakteri akibat keringat yang menempel di helm. Selain itu, helm yang kotor berisiko menjadi lembap dan timbul bau tidak sedap.

Belum lagi apabila helm yang Anda gunakan sering terkena air di musim hujan. Sudah pasti kondisi busa yang ada di dalam helm menjadi sangat lembap dan bisa menyebabkan timbulnya jamur dan rambut menjadi kotor.

7 dari 7 halaman

6. Gunakan hair cap

Mungkin cara mencegah rambut lepek saat pakai helm yang terakhir ini berguna apabila Anda menggunakan ojek. Penggunaan hair cap menjadi sangat penting, sebab helm yang akan Anda gunakan bekas puluhan orang penumpang ojek tersebut.

Tentu Anda tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan rambut penumpang sebelumnya yang menggunakan helm tersebut. Selain itu, terkadang helm yang digunakan cukup lembap dan baunya tidak sedap. Padahal kondisi tersebut berpotensi membuat rambut lepek. Maka dari itu, praktikkan selalu cara mencegah rambut lepek saat pakai helm ini sebelum menggunakan helm yang bukan milik pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini