Sukses

8 Cara Menghilangkan Stres saat Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

Ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa Anda praktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan stres ketika dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan harus menjalani isolasi selama dua minggu di rumah atau lebih perlu Anda ketahui. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih tenang dan semangat untuk melawan Covid-19.

Bukan hanya melakukan isolasi mandiri, pasien yang terinfeksi Covid-19 juga harus menjaga jarak dengan siapapun termasuk keluarga. Melakukan isolasi adalah cara terbaik agar virus corona yang ada di dalam tubuh pasien tidak menular ke orang lain. Namun, selama melakukan isolasi ini tentu stres dan berbagai tekanan akan menghantui pasien. Hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh yang berperan penting dalam kesembuhan pasien.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental juga penting dilakukan selama menjalani masa isolasi. Dengan menjaga pikiran agar tetap rileks dan bahagia adalah kunci untuk melawan virus tersebut.

Berikut ini kegiatan yang bisa Anda lakukan selama menjalani karantina mandiri sebagai cara menghilangkan stres yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Melakukan Hal yang Disukai Seperti Menonton Film dan Menghubungi Teman

1.  Menonton Film

Kegiatan yang satu ini bisa dibilang efektif sebagai cara menghilangkakn stres saat karantina mandiri. Anda bisa menghabiskan waktu di rumah dengan menonton film-film baru yang ingin Anda tonton, atau bahkan Anda juga bisa menonton film-film lama favorit Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan camilan lezat kesukaan Anda agar waktu Anda semakin menyenangkan.

2.  Menghubungi Teman

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan tetap menjaga komunikasi dengan orang lain. Menjalani karantina mandiri di rumah bukan berarti membuat Anda tidak bisa bertukar kabar atau menyapa orang-orang terdekat Anda. Karena jika begitu, tentu akan mudah bagi Anda merasa stres. Cobalah untuk menghubungi teman, sahabat atau keluarga jauh Anda.

Tanyakan bagaimana keadaan dan apa yang mereka lakukan selama berada di rumah atau sekedar berbagi canda tawa. Hal ini sangat efektif menghilangkan stres selama Anda berada di rumah.

3 dari 5 halaman

Fokus pada Hobi Anda seperti Membaca Buku dan Belajar Memasak

3. Membaca Buku

Bagi Anda yang memiliki hobi membaca buku, masa karantina mandiri adalah momen yang tepat untuk menyalurkan hobi Anda. Selama masa karantina mandiri, Anda akan mempunyai waktu luang lebih banyak sehingga Anda bisa menghabiskan waktu untuk membaca buku favorit Anda yang mungkin belum sempat Anda baca. Membaca buku juga bisa menjadi cara menghilangkan stres yang jitu karena Anda bisa menghabiskan waktu seharian di rumah dengan imajinasi Anda, seperti buku yang Anda baca.

4. Belajar Memasak

Selama Anda melakukan karantina mandiri di rumah, Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu ini untuk belajar memasak. Apalagi jika Anda memang memiliki hobi memasak, momen ini sangat pas untuk untuk meningkatkan skill Anda dalam memasak. Memasak juga bisa dilakukan bagi Anda yang belum bisa memasak dan ingin mencobanya, tidak perlu ragu untuk belajar memasak karena itu merupakan langkah yang baik.

Belajar memasak dapat menjadi cara menghilangkan stres yang ampuh. Dengan begitu, Anda bisa belajar berbagai macam masakan, mulai dari kue, makanan penutup hingga makanan dengan menu utama.

4 dari 5 halaman

Menulis dan Batasi Paparan Berita

5. Menulis

Bagi Anda yang hobi menulis, ini bisa menjadi cara menghilangkan stres yang sangat menyenangkan. Anda bisa memulai menuliskan apa saja yang Anda rasakan selama menjalani karantina mandiri, bisa berupa rasa bahagianya, atau bahkan rasa sedih dan kecemasan yang Anda rasakan.

Hal ini juga sangat efektif menghilangkan stres yang Anda rasakan karena Anda secara tidak langsung mengeluarkan hal-hal negatif yang membuat Anda stres dengan menulis ini.

6. Membatasi Diri dari Paparan Berita dan Media Sosial

Cara menghilangkan stres yang lainnya adalah membatasi diri dari papararan berita dan media sosial. Media sosial dan paparan berita berlebihan bisa membuat kita merasa kesal dan kewalahan. Jika kita telah mencapai titik itu, segera tetapkan batasi penggunaan gadget atau menonton televisi.

5 dari 5 halaman

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Melakukan Yoga dan Bersih-bersih Rumah

7. Melakukan Yoga

Cara menghilangkan stres yang berikutnya adalah melakukan yoga. Apalagi bagi Anda yang merasa banyak kecemasa dan kegelisahan, yoga akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih tenang dan rileks. Sehingga stres yang Anda rasakan bisa perlahan hilang. Lakukan yoga dengan gerakan yang paling mudah dan sederhana.

8. Bersih-bersih Rumah

Cara menghilangkan stres yang selanjutnya adalah dengan bersih-bersih rumah. Bagi sebagian orang, bersih-bersih rumah menjadi hal yang tidak menyenangkan dan melelahkan. Namun, disaat Anda sedang melakukan karantina mandiri di rumah, kegiatan ini bisa membantu Anda untuk menghilangkan stress.

Hal ini karena tubuh akan dipaksa untuk terus bergerak sehingga tubuh tidak merasa lunglai dan lesu. Bersih-bersih rumah juga bisa menjauhkan Anda dari pikiran-pikiran negatif yang mungkin muncul saat Anda hanya berdiam diri saja. Jadi selain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan stres, Anda juga akan mendapatkan rumah Anda yang lebih bersih dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa mengeluarkan keringat yang dapat membuat tubuh Anda kembali rileks.

Itulah beberapa cara menghilangkan stres saat harus isolasi mandiri di rumah karena terinfeksi virus corona Anda dapat melakukan hal di atas. Teteplah berpikiran positif dan semangat agar bisa melawan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini