Sukses

6 Tips Membersihkan dan Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Tips membersihkan dan merapikan kamar tidur harus kamu terapkan agar istirahat lebih nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Tips membersihkan dan merapikan kamar tidur perlu diperhatikan. Apalagi bagi kamu yang kamar tidurnya sering berantakan. Merapikan kamar dengan cara yang benar tentunya diperlukan agar lebih enak dipandang dan bikin nyaman.

Selain itu, membersihkan dan merapikan kamar tidur juga harus dilakukan agar kamu terhindar dari berbagai penyakit. Seperti yang kita ketahui, kamar tidur yang tidak bersih dan berantakan tentunya merupakan sarang penyakit.

Tips membersihkan dan merapikan kamar tidur harus kamu terapkan agar istirahat lebih nyaman. Dengan merapikan kamar tidur yang berantakan, kamu akan lebih leluasa untuk melakukan beraktivitas di kamar, dan tentunya pikiran akan menjadi lebih lega.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/8/2020) tentang tips membersihkan dan merapikan kamar tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Taruh Pakaian pada Tempatnya

Tips membersihkan dan merapikan kamar tidur yang pertama adalah terkait dengan pakaian. Salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak orang adalah menaruh pakaian di sembarang tempat di kamar, seperti di kasur atau di lantai. Hal ini membuat kamar terlihat berantakan.

Oleh karena itu, kamu harus segera mengambil pakaian yang tergeletak di kasur dan lantai, kemudian menaruhnya pada tempatnya. Kamu bisa memilah pakaian mana yang akan dipakai kembali atau yang kotor dan langsung dicuci. Selain itu, kamu juga bisa melipat atau menggantung pakaian yang hendak dipakai kembali.

Selain itu, kamu juga perlu perhatikan terkait sepatu. Aturlah letak sepatu, dan pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan tidak berbau. Kemudian, kamu tinggal menutup laci atau lemari yang kamu gunakan untuk menyimpan pakaian tersebut agar kamar terlihat lebih bersih.

3 dari 7 halaman

Bereskan Piring dan Gelas Kotor

Salah satu masalah yang juga cukup sering terjadi pada kamar tidur berkaitan dengan makanan dan minuman. Tidak sedikit orang yang melakukan segala aktivitasnya di kamar tidur, sehingga makan dan minum pun juga dilakukan tempat beristirahat ini. Namun, hal ini tidak bagus karena tumpahan atau remah makanan dan minuman mudah membusuk, sehingga membuat tidak nyaman.

Membereskan piring dan gelas kotor dan membersihkan bekas makanan dan minuman merupakan tips membersihkan dan merapikan kamar tidur yang sangat penting. Hal ini tidak boleh ditunda, karena hanya akan membuatmu lebih sulit membersihkannya jika sudah terlalu lama ditinggal. Apalagi, hal tersebut bisa menarik lalat dan serangga karena akan mengeluarkan bau busuk. Tid hanya membuat kamar terlihat kotor, makanan yang membusuk juga akan membuat tempat tidur memiliki aroma yang tidak sedap.

4 dari 7 halaman

Bersihkan Barang-barang dari Debu

Tips membersihkan dan merapikan kamar tidur selanjutnya adalah membersihkan barang-barang dari debu. Barang apa pun yang ada di kamarmu, seperti buku, peralatan elektronik, lemari, kasur, meja, dan lain-lain perlu benar-benar dibersihkan demi kenyamanan.

Setelah membersihkan barang-barang tersebut dari debu, letakkan kembali pada tempatnya dengan rapi. Misalnya, atur kembali buku yang sudah bersih di rak. Jika menginginkan kamar yang benar-benar rapi, aturlah buku berdasarkan ukuran, mulai dari ukuran terkecil sampai terbesar, atau menurut abjad, dan sebagainya.

5 dari 7 halaman

Pilah Barang yang Masih Berguna dan Tidak

Memilah barang-barang yang masih bergunan dan tidak merupakan tips membersihkan dan merapikan kamar tidur yang tak kalan penting. Banyak orang yang bermasalah dengan hal ini, sehingga barang-barang yang harusnya dibuang saja masih ada di kamar. Hal inilah yang menyebabkan kamar terlihat berantakan.

Padahal, barang yang tidak kamu inginkan di dalam kamar bisa kamu simpan di gudang, buang, atau bahkan kamu jual kembali. Setelah memilah barang yang sekiranya masih berguna, kamu bisa membeli organizer untuk membuatnya terlihat lebih rapi.

6 dari 7 halaman

Rapikan Tempat Tidur

Tips membersihkan dan merapikan kamar tidur selanjutnya adalah segera merapikan kasur setelah kamu bangun tidur. Cara yang satu ini mungkin terdengar sepele, namun banyak orang  yang menunda untuk melakukannya karena malas. Padahal, menunda untuk merapikan tempat tidur malah membuat kamar terlihat semakin berantakan.

Kamu sudah bisa merapikan tempat tidur, setelah membereskan sebagian besar kamar. Mungkin tidak banyak lagi barang yang berserakan di atas tempat tidur. Selanjutnya, kamu juga perlu merapikan tirai atau kerai.

7 dari 7 halaman

Buang Sampah dan Beri Pewangi Ruangan

Tips membersihkan dan merapikan kamar selanjutnya adalah membuang sampah dan memberi pewangi ruangan. Hal ini merupakan tugas terakhir kamu dalam merapikan kamar tidur. Buang sampah di tempat sampah dan keluarkan dari kamar. Selanjutnya, kamu bisa menyemprotkan penyegar udara untuk membuat kamar terasa lebih segar.

Itulah beberapa tips membersihkan dan merapikan kamar tidur yang berantakan. Kamu bisa menerapkannya saat sedang libur sekolah atau kerja, sehingga bisa lebih leluasa dalam melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.