Sukses

Ini 3 Cara Mudah Hilangkan Kutu Air

Salah satu penyakit dari infeksi jamur adalah kutu air. Penyebabnya bisa melalui kontak kulit dengan penderita sampai tinggal di iklim yang panas dan lembap. Kutu air bisa menyebar ke bagian tubuh, seperti tangan, kulit kepala dan kuku kaki.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyakit dari infeksi jamur adalah kutu air. Penyebabnya bisa melalui kontak kulit dengan penderita sampai tinggal di iklim yang panas dan lembap. Kutu air bisa menyebar ke bagian tubuh, seperti tangan, kulit kepala dan kuku kaki.

Meski bukan penyakit yang tergolong serius, infeksi ini akan terus menyebar jika tidak diobati dengan cepat. Umumnya, jika ada bagian tubuh yang terkena kutu air, akan terasa gatal, bersisik, sampai kulit melepuh. Untuk mengobatinya, dilansir liputan6, berikut langkah mudah untuk mengobati kutu air.

Bawang putih

Tak hanya sebagai bumbu masak, sejak jaman dahulu kala bawang putih sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Khasiat dari bawang putih pun sangatlah beragam bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi kutu air.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Applied Microbiology pada 2002, bawang putih diketahui miliki sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh Candida albicans.

Larutan cuka

Asam asetat yang terkandung dalam cuka diyakini memiliki sifat antijamur, sehingga mampu mengatasi kutu air di telapak kaki. Untuk mendapatkan manfaat cuka ini, Anda dapat mencampur 1 cangkir cuka dengan 2 gelas air. Lalu, rendam kaki Anda yang telah dibersihkan ke dalam larutan cuka tersebut.

Garam laut

Larutkan satu cangkir garam laut ke ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki Anda dengan larutan air garam tersebut selama 20 menit, lalu keringkan. Garam laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus menghambat penyebarannya.

Jika cara alami belum maksimal, kamu bisa gunakan obat luar berbentuk gel dan salep untuk mengatasi infeksi jamur tersebut. cukup oleskan ke area kutu air secara rutin dan infeksi itu akan berangsur hilang dengan sendirinya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.