Sukses

8 Makanan yang Banyak Mengandung Zinc, Perhatikan Konsumsinya

Makanan yang banyak mengandung zinc penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang banyak mengandung zinc penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Zinc atau seng memainkan peranan penting dalam aktivitas di dalam tubuh, meliputi penguatan sistem kekebalan tubuh, pembelahan sel, pertumbuhan sel, penyembuhan luka hingga sintesis protein dan DNA.

Walaupun memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, masih banyak orang yang mengalami masalah kekurangan zinc. Bahkan menurut data resmi dari WHO, sekitar sepertiga populasi dunia tidak mengonsumsi seng dalam jumlah yang memadai. Hal ini karena tubuh tidak dapat menyimpan nutrisi ini, jadi kamu harus memenuhi kebutuhan zinc secara teratur.

Makanan yang banyak mengandung zinc bisa kamu konsumsi setiap harinya. Menurut Institut Kesehatan Nasional Amerika, pria di atas 14 tahun harus mengonsumsi 11 mg seng setiap hari. Sedangkan wanita di atas 14 membutuhkan 8 mg. Selain itu, asupan harian seng yang direkomendasikan untuk wanita hamil adalah 11 mg dan untuk wanita menyusui, 12 mg.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/9/2020) tentang makanan yang banyak mengandung zinc.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Zinc

Daging

Makanan yang banyak mengandung zinc yang pertama adalah daging. Makanan hewani adalah sumber terbaik untuk zinc. Daging merah merupakan sumber nutrisi zinc yang sangat tinggi, terutama pada daging domba dan sapi. Pada 100 gram daging kambing mentah mengandung 4,8 mg seng. Bahkan, pria juga bisa mendapatkan dosis ekstra protein dari daging merah tanpa lemak.

Selain itu, hati sapi tidak hanya mengandung zinc juga sangat baik untuk kesehatan. Setiap jenis hati biasanya mengandung nutrisi termasuk besi, kalsium, zinc, dan masih banyak lagi.

Kerang

Kerang merupakan makanan yang banyak mengandung zinc dan rendah kalori. Tiram memiliki kandungan zinc tertinggi dibandingkan makanan lainnya. Pada 50 gram Tiram saja mengandung 8,5 mg seng. Selain memiliki kandungan zinc yang tinggi, tiram juga membawa banyak mineral laut yang penting untuk kesehatan tubuh.

3 dari 5 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Zinc

Ayam

Makanan yang banyak mengandung zinc selanjutnya adalah ayam. Ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang bagus, yang berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan otot. Tetapi belum banyak yang tahu bahwa ayam juga kaya akan kandungan zinc.

Makan ayam secara teratur baik untuk kesehatan tulang, jantung, dan kekebalan tubuh. Dalam 85 gram ayam mengandung 2,4 mg seng. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc ini secara teratur sesuai kebutuhan.

Telur

Telur merupakan makanan yang banyak mengandung zinc dan mudah didapatkan. Satu telur besar mengandung 5% kebutuhan harian zinc kamu. Tidak hanya itu, telur juga mengandung 6 gram protein, 5 gram lemak baik, hingga 77 kalori.

Walaupun dokter sering menyarankan agar pasien menghindari kuning telur karena memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Namun, kuning telur memiliki banyak manfaat kesehatan dan kandungan zinc yang tinggi. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya asalkan tidak berlebihan dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang kondisi kesehatan.

4 dari 5 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Zinc

Kacang Mete

Kacang mete merupakan makanan yang banyak mengandung zinc dengan harga terjangkau. Bahkan, kacang ini juga mengandung Vitamin K, Vitamin A dan folat. Kacang mete merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol di dalam jantung. 28 gram mete mengandung 1,6 mg zinc.

Biji Wijen

Makanan yang banyak mengandung zinc selanjutnya adalah biji wijen. Biji wijen sangat kaya akan zinc dan juga baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Biji wijen adalah salah satu jenis biji-bijian yang sehat dan kaya mineral, termasuk kalsium dan zinc.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Zinc

Jamur

Makanan yang banyak mengandung zinc selanjutnya adalah jamur. Jika ingin menambahkan zinc dalam program diet, tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori, kamu bisa masukkan jamur. Jamur rendah kalori dan mengandung dengan nutrisi penting seperti Vitamin A, C, E dan zat besi. 

Bahan makanan ini mengandung sejumlah germanium, nutrisi yang jarang ditemukan pada beberapa sayuran yang membantu tubuh untuk memanfaatkan oksigen secara efektif. 210 gram jamur mengandung 1,2 mg zinc. Zinc memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah ketombe dan penyakit kulit lainnya.

Bawang Putih

Makanan yang banyak mengandung zinc lainnya adalah bawang putih. Bawang putih merupakan rempah-rempah yang dikenal dengan kandungan zinc yang tinggi dan memiliki sifat anti-jamur.

Kamu harus memperhatikan berbagai makanan yang banyak mengandung zinc ini agar kesehatan tetap terjaga. Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, menurut para ahli medis, konsumsi zinc dalam jumlah tepat juga dapat membantu menyembuhkan diabetes dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, jika tubuh kekurangan asupan zinc, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Gejala kekurangan zinc dapat menimbulkan penurunan berat badan yang tidak normal, luka yang tidak kunjung sembuh, minimnya tingkat kewaspadaan, berkurangnya kemampuan merasa dan mencium bau, diare, turunnya nafsu makan, hingga munculnya luka terbuka pada kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini