Sukses

10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Percepat Penyembuhan Luka

Ikan gabus memang banyak ditemui di perairan air tawar.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ikan gabus bisa dengan mudah dinikmati. Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dipancing. Sama seperti ikan lainnya, manfaat ikan gabus sangat kaya akan protein dan asam lemak sehat.

Ikan gabus memang banyak ditemui di perairan air tawar Asia Tenggara. Manfaat ikan gabus bisa dijadikan lauk lezat sekaligus sehat. Manfaat ikan gabus bahkan sudah digunakan sebagai obat tradisional. Belakangan, manfaat ikan gabus juga diekstrak dan dijadikan sebagai terapi farmakologis.

Studi menunjukkan bahwa ikan gabus mengandung semua asam amino esensial dan asam lemak yang mampu mempercepat penyembuhan luka dan memiliki efek antinosiseptif. Ikan gabus memiliki kandungan protein yang banyak dan sangat penting bagi masyarakat. Albumin adalah protein penting yang ditemukan dalam daging ikan ini.

Manfaat ikan gabus juga didukung asam amino dan asam lemak tingkat tinggi. Ikan gabus memiliki nilai ekonomis tinggi dan diolah menjadi beragam masakan. Berikut manfaat ikan gabus, dirangkum Liputan6.com dari SF Journal of Biotechnology and Biomedical Engineering, Kamis(28/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat ikan gabus

Kurangi gejala penyakit kulit

Manfaat ikan gabus bisa membantu meringankan masalah kulit seperti, jerawat, alergi, psoriasis, sklerosis, infeksi, dan lainnya. Ia juga membantu pemeliharaan kesehatan kulit. Ini berkat Asam docosahexaenoic (DHA), asam lemak yang bermanfaat bagi kulit. DHA dan EPA dari minyak ikan gabus bisa membantu memodulasi metabolisme prostaglandin dan mengurangi gejala gangguan kulit.

Penyembuhan luka

Asam amino esensial dan asam lemak ikan gabus merupakan komposisi utama untuk penyembuhan luka pada tubuh manusia. Lendir gabus dan ekstrak jaringan ditemukan mengandung asam amino dalam jumlah tinggi. Ekstrak ikan gabus akan membantu penyembuhan luka.

Diketahui bahwa ikan ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka.

3 dari 6 halaman

Manfaat ikan gabus

Sifat antimikroba dan antijamur

Ekstrak gabus telah menunjukkan hasil yang positif sebagai antimikroba dan antijamur. Ekstrak ikan gabus terhadap 13 jamur berfilamen dan 3 spesies non-filamen atau ragi telah menunjukkan efek penghambatan. Meskipun penghambatan tidak cukup untuk membunuh strain, tetapi penghambatan parsial oleh manfaat ikan gabus akan lebih baik digunakan untuk konsumsi manusia untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan.

Bantu agregasi trombosit

Ikan gabus memiliki efek yang bisa membantu agregasi trombosit. Agregasi trombosit adalah kemampuan darah untuk menggumpal atau membeku secara normal. Pembekuan darah penting untuk komplikasi diabetes dan hemoragik dengue untuk menghentikan perfusi darah yang mungkin berakibat fatal. Ekstrak ikan gabus tidak hanya menginduksi agregasi pada pasien normal, tetapi yang lebih menarik menghasilkan hasil positif pada pasien diabetes yang menjalani perawatan obat.

4 dari 6 halaman

Manfaat ikan gabus

Pengobatan Osteoarthritis

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah membantu pengobatan Osteoarthritis. Ikan gabus sedang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk pengobatan arthritis. Ekstraknya meningkatkan kepadatan serabut saraf imunoreaktif PGP 9,5 pada membran sinovial pada model tikus dan terbukti lebih baik daripada ikan lainnya.

Sifat antioksidan

Manfaat ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar utama yang memiliki aktivitas antioksidan. Ini berkat asam amino dan asam lemak yang dimilikinya. Antioksidan yang ada dalam ikan gabus kemungkinan besar adalah antioksidan lipofilik yang merupakan alat pertahanan yang kuat, terutama terhadap oksidasi omega-3.

Asam amino diketahui memiliki sifat antioksidan yang signifikan sebagai sinergis atau antioksidan primer dan diyakini sebagai pengkhelat logam penting dengan potensi signifikan dalam asam linoleat dan metil ester dari sistem asam linoleat.

5 dari 6 halaman

Manfaat ikan gabus

Meredakan rasa sakit

Ikan gabus juga memiliki sifat antinosiseptif. Antinosiseptif adalah kemampuan menurunkan sensitivitas terhadap rangsangan rasa sakit. Ekstrak ikan gabus bahkan sebanding dengan morfin dalam hal sifat anti-nyeri atau anti-nosiseptif.

Cegah masalah kardiovaskular

Manfaat ikan gabus digunakan sebagai makanan fungsional dan obat pencegahan untuk pasien hipertensi. Suplementasi minyak ikan gabus sekarang secara luas dianggap sebagai tindakan pencegahan yang efektif terhadap masalah kardiovaskular. Ini bisa berguna dalam mencegah fibrilasi atrium pasca operasi.

Asam arakidonat yang ada dalam ikan gabus sangat berpotensi mengurangi penyakit jantung koroner. Asam docosahexaenoic dan asam eicosapentaenoic memberikan efek pencegahan pada penyakit arteri koroner manusia.

6 dari 6 halaman

Manfaat ikan gabus

Efek neurologis

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah pada efek neurologisnya. Ikan gabus berpotensi sebagai antidepresan. Ia juga mampu memberikan perubahan positif pada neuron regeneratif yang terlibat dalam cedera traumatis seperti yang diamati oleh pertumbuhan neuritis dan multipolaritas sel. Ini bermanfaat untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan pada berbagai jenis jaringan dan organ.

Anti-inflamasi dan antipiretik

Ikan gabus juga memiliki sifat anti-inflamasi. Efek anti-inflamasi ekstrak ikan gabus pada peradangan akut danvkronis tampaknya lebih baik daripada jenis ikan lain. Ini memainkan peran penting dalam pengobatan penyakit sendi dengan komponen inflamasi yang lebih jelas seperti rheumatoid arthritis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.