Sukses

Coding adalah Tindakan Pemrograman, Ketahui Fungsi dan Cara Mempelajarinya

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman.

Liputan6.com, Jakarta Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Dalam kata lain, coding adalah cara berkomunikasi dengan komputer. Bahasa yang dipakai oleh komputer bukanlah bahasa manusia, melainkan kode atau bahasa mesin.

Secara umum, pengertian coding adalah menulis sekumpulan code sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman ini sendiri ada bermacam-macam.

Untuk saat ini, ada beberapa bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan. Beberapa bahasa pemrograman antara lain seperti Java, HTML & CSS, Python, PHP, Ruby, Angularjs, dan masih banyak lain. Dengan itu semua, kita dapat memberikan daftar instruksi pada perangkat komputer sesuai dengan tujuan kita.

Berikut ini penjelasan mengenai definisi coding beserta fungsi, manfaat, dan cara mempelajarinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (24/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Coding

Definisi coding adalah kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin menggunakan kompiler.

Tujuan dari kegiatan coding adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

3 dari 5 halaman

Fungsi Coding

Berikut ini merupakan fungsi coding yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Coding berfungsi untuk menciptakan sesuatu yang berguna di dunia

Ketika Anda ingin membangun suatu aplikasi, maka coding adalah kegiatan yang harus dijalani. Anda dapat dengan mudah membangun aplikasi tanpa harus meminta bantuan dari orang lain karena Anda dapat mempelajari coding secara otodidak.

2. Coding menjadi pekerjaan masa depan yang mencari Anda

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang mengandalkan kemampuan coding untuk merekrut para pelamarnya. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, Anda dapat menjadikan coding sebagai pekerjaan sampingan dengan upah yang tinggi. Anda dapat menerima tawaran pembuatan website, aplikasi atau bisnis e-commerce.

4 dari 5 halaman

Manfaat Coding

Ada beberapa manfaat coding yang penting untuk Anda ketahui, diantaranya:

1. Memulai karier di bidang IT

Manfaat coding adalah dapat memulai karier di bidang IT. Banyak orang tertarik belajar coding untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dan bisa bekerja di perusahaan teknologi ternama seperti e-commerce atau startup unicorn. Tidak menutup kemungkinan jumlah pekerjaan dengan kemampuan coding akan semakin meningkat.

2. Membuat website atau aplikasi

Dengan belajar coding, Anda bisa mewujudkan cita-cita untuk membuat aplikasi atau situs web. Belajar coding juga dapat membantu Anda mengotomatiskan spreadsheet atau membangun aplikasi sesuai keinginan Anda.

3. Mengembangkan cara berpikir dan skill problem solving

Belajar coding akan membuat Anda terbiasa dengan pemecahan masalah dan mencari langkah-langkah logis untuk membuat sebuah program bisa bekerja. Selain itu, belajar coding juga akan membuat Anda melihat masalah sebagai tantangan untuk berkembang, bukan sebagai halangan.

4. Melatih Ketelitian

Dalam melakukan aktivitas coding, biasanya Anda akan menemukan berbagai kesalahan didalamnya. Salah satunya adalah program akan mengalami error saat hendak dijalankan atau di build. Di sini Anda memerlukan ketelitian untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Mulai dari menemukan bagian kode yang menjadi permasalahan, misalnya Anda lupa meletakkan simbol semicolone (;) yang biasa digunakan untuk memisahkan baris perintah pertama dan berikutnya. Dengan begitu, Anda harus mengecek ulang setiap baris kode yang sudah dibuat atau mengecek koneksi internet bila tools yang digunakan membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

5 dari 5 halaman

Cara Mempelajari Coding

Belajar coding tak hanya di bangku perkuliahan namun juga dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Namun sebelum mulai mempelajari coding, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pahami konsep dasar coding

Sebelum mempelajari berbagai bahasa pemrograman, Anda harus memahami lima konsep yang menjadi dasar dari coding. Konsep dasar tersebut di antaranya:

a. Variabel. Ini adalah nilai, angka, character string, maupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.

b. Control structure, yakni serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.

c. Struktur data. Ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.

d. Syntax, yaitu kode atau script yang dipahami oleh komputer guna mencapai tujuan programmer.

e. Tools, atau serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung, serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

2. Memilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang Anda pilih tergantung pada tujuan coding itu sendiri. Jadi, tentukan terlebih dulu tujuan coding agar Anda dapat memilih bahasa pemrograman sekaligus sumber pembelajaran yang akan digunakan. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah situs tentu berbeda dengan yang diperuntukkan bagi perancang mobile game. Untungnya, kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga bisa diterapkan oleh pemula sekalipun.

3. Pelajari bahasa pemrograman satu demi satu

Saat belajar coding sebagai pemula, Anda sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax. Awali dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana seperti bahasa pemrograman Python, JavaScript, atau HTML/CSS. Namun, Anda mungkin perlu mempelajari HTML dan CS secara bersamaan jika Anda berencana mengembangkan situs. Pasalnya, kedua bahasa pemrograman ini biasanya perlu digunakan secara bersamaan.

4. Mempelajari dasar setiap bahasa pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika Anda hendak mempelajari Python, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial. Uraikan satu proyek yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak ada salahnya menghabiskan beberapa hari untuk mempelajari satu langkah sebelum memulai yang lain. Setelah Anda menguasai tutorial, coba hapus kembali dan ulangi dari awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.