Sukses

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen, Tengkurap Lebih Baik daripada Terlentang

Para pakar di Kementerian Kesehatan India bahwa proning baik bagi pasien isolasi mandiri, terutama yang mengalami saturasi oksigen di bawah 94 persen.

Liputan6.com, Jakarta Cara meningkatkan saturasi oksigen bagi pasien yang mengalami masalah paru-paru berat bisa dengan teknik proning. Meningkatkan saturasi oksigen ini dilakukan dengan posisi tengkurap, karena pada posisi tersebut oksigenasi disebut lebih mudah.

Pahami bahwa bagian terberat dari paru-paru terletak di punggung, sehingga pasien dengan masalah paru yang tidur terlentang akan kesulitan mendapatkan udara cukup (bagian tersebut tertekan). Sebaliknya, cara meningkatkan saturasi oksigen dalam posisi tengkurap membuat beban di paru-paru akan tersebar lebih merata. Semakin merata bebannya, semakin sedikit bahaya ditimbulkan.

Pada bulan Maret 2020, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah merekomendasikan teknik proning untuk diaplikasikan kepada pasien virus corona COVID-19 dewasa dengan ARDS, untuk jangka waktu 12 hingga 16 jam sehari. WHO menyatakan, teknik inipun dapat diterapkan untuk pasien anak-anak.

Hal serupa disampaikan oleh para pakar di Kementerian Kesehatan India bahwa proning baik bagi pasien isolasi mandiri, terutama yang mengalami saturasi oksigen di bawah 94 persen. Namun, untuk melakukannya dibutuhkan orang-orang yang terlatih dan dengan keahlian tambahan. Berikut Liputan6.com ulas cara meningkatkan saturasi oksigen atau proning, efektivitas, dan dampak buruknya dari berbagai sumber, Jumat (9/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen atau Proning

Proning merupakan cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien yang mengalami sesak napas yang efektif. Dalam dunia medis cara meningkatkan saturasi oksigen dalam darah ini dilakukan dengan posisi tengkurap.

Sebuah studi di European Respiratory Journal tahun 2002 melaporkan, teknik ini terbukti sebagai langkah efektif dalam waktu yang lama, pada pengobatan pasien sindrom penyakit pernapasan akut (acute respiratory disease syndrome/ARDS). Dalam penelitian dinyatakan teknik itu dianggap sebagai 'metode sederhana dan aman untuk meningkatkan oksigenasi'.

Cara meningkatkan saturasi oksigen dalam darah dikutip dari laman Indian Express, Jumat (9/7/2021) adalah posisi tengkurap dengan dada dan perut di bawah, atau menyamping, memang dianggap membantu tubuh mendapatkan oksigen atau udara ke seluruh arena paru-paru dibandingkan telentang.

Para pakar di Kementerian Kesehatan India juga sudah mengeluarkan panduan melakukan cara meningkatkan saturasi oksigen atau proning bagi pasien isolasi mandiri, yang mengalami saturasi oksigen di bawah 94 persen.

Sebelum melakukan cara meningkatkan saturasi oksigen atau proning, siapkan bantal sebanyak satu di bawah leher, satu atau dua di bawah dada hingga melalui paha atas, serta dua di bawah tulang kering. Lakukan setiap posisi cara meningkatkan saturasi oksigen yang direkomendasikan ini, masing-masing sekitar 30 menit dan disarankan tidak lebih:

1. Mulailah dengan berbaring tengkurap,

2. Berbaring miring ke kanan,

3. Duduk dengan kaki terentang di depan anda,

4. Berbaring di sisi kiri,

5. Lalu kembalilah berbaring tengkurap.

Ada juga beberapa anjuran dan larangan dalam melakukan cara meningkatkan saturasi oksigen atau proning:

1. Hindari tengkurap selama satu jam setelah makan

2. Pertahankan proning hanya sebanyak yang bisa ditoleransi dengan mudah

3. Seseorang mungkin bisa tengkurap hingga 16 jam sehari, dalam beberapa siklus, selama merasa nyaman

4. Bantal dapat disesuaikan sedikit untuk mengubah area tekanan dan untuk kenyamanan

5. Pantau setiap luka tekan atau cedera, terutama di sekitar tonjolang tulang

Selain itu, menurut Kementerian Kesehatan India, cara meningkatkan saturasi oksigen atau proning harus dihindari pada mereka yang berada dalam kondisi:

1. Hamil

2. Trombosis vena dalam (ditangani dalam waktu kurang dari 48 jam)

3. Kondisi jantung mayor

4. Fraktur tulang belakang, tulang paha, atau panggul yang tidak stabil

3 dari 5 halaman

Efektivitas Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen atau Proning

Studi Awake Proning: A Necessary Evil During the COVID-19 Pandemic yang dilakukan National Center for Biotechnology Information (NCBI) di Cureus Journal Juli 2020 juga mengatakan, awake proning atau cara meningkatkan saturasi oksigen dapat menunda penggunaan ventilasi mekanis dan memudahkan pasien ARDS berat atau pneumonia berat dalam menjaga suplai oksigen ke jaringan tubuh.

Jack Stewart, ahli paru dari St. Joseph Hospital in Orange County, California, Amerika Serikat mengatakan, membalikkan perut pasien sebagai cara meningkatkan saturasi oksigen dapat membantu pernapasan karena oksigenasi lebih mudah dalam posisi tengkurap.

Cara meningkatkan saturasi oksigen ini adalah fungsi anatomi karena tubuh manusia memiliki lebih banyak jaringan paru-paru di bagian belakang tubuh daripada di depan. Virus SARS-CoV-2, menyebabkan cairan dan sekresi abnormal berkumpul ke arah belakang, di mana terdapat lebih banyak jaringan paru, dan menyebabkan gangguan yang lebih besar pada fungsi paru-paru.

Tidak hanya pada pasien kritis, sebuah panduan cara meningkatkan saturasi oksigen dari UK Intensive Care Society juga mengatakan, teknik ini dapat mengurangi kebutuhan akan ventilasi invasif, dan kemungkinan meninggal bagi pasien COVID-19, yang sadar sebelum mereka mencapai perawatan intensif.

"Posisi ini membantu dalam meningkatkan aliran oksigen pada pasien yang kritis, yang pada gilirannya memastikan bahwa mereka cenderung tidak memerlukan dukungan ventilator," kata Praveen Gupta, Direktur dan Kepala Departemen Neurologi, Fortis Memorial Research Institute, Gurugram, India.

Mengutip laman Klikdokter, Jumat (9/7/2021) dokter spesialis penyakit dalam Alvin Nursalim, mengatakan, posisi tidur tengkurap tidak khusus untuk pasien COVID-19 saja.

"Benar adanya bahwa posisi tidur tengkurap dapat menurunkan angka kematian pada pasien gangguan paru berat. Melalui mekanisme keterlibatan paru dorsal dalam, pernapasan pasien virus Corona jadi lebih baik dan meningkatkan volume parunya," kata Nursalim.

4 dari 5 halaman

Dampak Buruk Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen atau Proning

Mengenai cara meningkatkan saturasi oksigen dengan teknik proning bukan tanpa risiko. Kesulitan mungkin akan bertambah pada cara meningkatkan saturasi oksigen jika pasien memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Bagi petugas medis harus ekstra hati-hati karena teknik proning dapat menimbulkan ulkus atau luka atau cedera pada dada pasien, apalagi bila mereka telah dipasangi tabung kateter. Posisi tidur tengkurap pada pasien virus corona juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung.

Jika dilakukan oleh staf kesehatan yang belum berpengalaman dalam mengubah posisi pasien, yang ada malah berisiko menyebabkan komplikasi. Dalam studinya, NCBI menyebutkan, beberapa kontra indikasi untuk posisi ini termasuk orang dengan:

1. Riwayat ketidakstabilan tulang belakang seperti spondylolisthesis, scoliosis, cedera, atau trauma pada tulang belakang

2. Peningkatan tekanan intrakranial

3. Kehamilan

4. Kondisi hemodinamik yang tidak stabil seperti hipertensi dan penyakit kardiopulmoner

5. Luka perut terbuka

5 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Oksigen dalam Tubuh Secara Alami

1. Perbaiki Diet

Cara meningkatkan oksigen dalam tubuh pertama dengan mengubah pola makan Anda. Antioksidan memungkinkan tubuh untuk menggunakan oksigen lebih efisien sehingga meningkatkan asupan oksigen dalam pencernaan.

Saat ingin meningkatkan asupan antioksidan, Anda bisa mencoba makanan yang seperti bluberi, cranberry, kacang merah, artichoke, stroberi, plum dan blackberry, yang sebagian besar dapat dikonsumsi dalam bentuk jus dan smoothie. Protein penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah asam lemak esensial seperti vitamin F, yang bekerja untuk meningkatkan jumlah oksigen yang dapat dibawa oleh hemoglobin dalam aliran darah. Asam ini dapat ditemukan dalam kedelai, kenari, dan biji rami.

2. Bergerak Aktif

Cara meningkatkan oksigen dalam tubuh yang kedua yakni membuat tubuh bergerak aktif. Olahraga adalah kunci untuk hidup sehat. Melalui latihan aerobik, seperti jalan kaki sederhana, tubuh dapat memanfaatkan oksigen dengan lebih baik sambil membuang limbah melalui sistem limfatik.

Seperti yang direkomendasikan oleh American Heart Association, berjalan 30 menit sehari secara teratur memiliki efek yang lebih besar pada sistem peredaran darah daripada menghabiskan satu jam atau lebih di gym 2 hingga 3 kali seminggu. Selain manfaat kesehatan fisik, berjalan telah terbukti meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri, dan mengurangi stres.

3. Ubah Cara Bernapas

Cara meningkatkan oksigen dalam tubuh yang ketiga dengan mengubah cara bernapas. Melatih paru-paru Anda secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan pernapasan Anda.

Namun, yang sering menjadi kendala dalam bernapas adalah cara Anda bernapas. Baru-baru ini ditemukan bahwa orang sakit bernapas menggunakan dada bagian atas dan menghirup lebih banyak udara, yang menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh. Sebaliknya, metode yang benar untuk pernapasan yaitu dengan cara lambat, dari diafragma, dan melalui hidung, bukan dari mulut.

4. Membersihkan Udara

Cara meningkatkan oksigen dalam tubuh yang keempat yakni dengan membersihkan udara. Seringkali pemicu kambuhnya para penderita PPOK adalah kualitas udara yang buruk. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah dan tempat kerja. Ada sejumlah pembersih udara yang dapat menyaring polusi lingkungan kita.

Alat “berteknologi rendah” lain yang membantu dalam mengurangi polusi di udara dan memurnikan oksigen adalah lilin lebah. Tidak seperti lilin tradisional, lilin lebah tidak mengeluarkan asap. Sebaliknya mereka menghasilkan ion negatif yang membantu menghilangkan polusi udara.

5. Hidrasi Tubuh

Cara meningkatkan oksigen dalam tubuh yang kelima dengan menjaga hidrasi tubuh. Tubuh manusia sekitar 60 persennya adalah air, jadi tidak dapat diremehkan betapa pentingnya air untuk fungsi tubuh.

Saat ingin mendapatkan manfaat penuh dari oksigenasi, minumlah air yang disaring. Air yang direstrukturisasi atau terionisasi adalah mikro-clustered dengan pengelompokan molekul air yang lebih kecil.

Ini memberikan tingkat hidrasi dan oksigenasi yang tinggi pada tingkat sel. Perlu diingat bahwa minuman berkafein, alkohol, dan makanan bernatrium tinggi semuanya membuat tubuh dehidrasi, jadi bawalah air sepanjang hari. Profesional kesehatan merekomendasikan 8 8-oz. gelas air sehari.

6. Cara Lain

Cara meningkatkan oksigen dalam tubuh yang terakhir bisa dengan membuka jendela rumah atau ruang kerja Anda. Sesuatu yang sederhana seperti membuka jendela atau berjalan-jalan sebentar akan membantu meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh Anda, yang meningkatkan kadar oksigen darah secara keseluruhan. Ini juga memiliki manfaat seperti pencernaan yang lebih baik dan lebih banyak energi.

Tanaman hias juga telah terbukti membantu membersihkan udara di dalam ruangan. Mereka menghilangkan karbon dioksida dan mengisi kembali tingkat oksigen ruangan, membuat lebih banyak oksigen tersedia untuk diserap tubuh Anda.

Kemudian berhenti merokok akan membantu Anda meningkatkan sirkulasi dan kadar oksigen secara signifikan. Fungsi paru-paru pun bisa meningkat hingga 30% dalam waktu singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.