Sukses

Rasional adalah Gagasan Menurut Pemikiran yang Logis, Ini Ciri-Cirinya

Rasional adalah cocok dengan akal sehat.

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan rasional adalah menurut pemikiran dan pertimbangan yang logis. Rasional adalah gagasan yang didasarkan menurut pemikiran yang sehat. Rasional adalah cocok dengan akal sehat.

Gagasan dari cara berpikir rasional adalah bagian dari cabang ilmu filsafat yang praktis. Pemikiran rasional adalah bisa didapatkan dengan mempelajari kecakapan berpikir dengan logika, yakni lurus, tepat, dan teratur. Rasional adalah sesuai dengan penalaran, sama dengan logika manusia berjalan. 

Rasional adalah gagasan yang lahir dari pemikiran yang mengandalkan logika, sementara logika mengarah pada jalan pemikiran yang masuk akal. Rasional dan logika adalah dua bagian yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa logika, gagasan yang rasional adalah tidak bisa diciptakan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih dalam tentang rasional dari berbagai sumber, Jumat (17/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Gagasan Rasional

1. Fungsi gagasan rasional adalah membantu setiap orang berpikir kritis, lurus, tetap, tertib, metodis, dan koheren.

2. Fungsi gagasan rasional adalah meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif.

3. Fungsi gagasan rasional adalah menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.

4. Fungsi gagasan rasional adalah memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis

5. Fungsi gagasan rasional adalah meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpikir, kekeliruan, serta kesesatan.

6. Fungsi gagasan rasional adalah mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.

7. Fungsi gagasan rasional adalah menghindarkan dari klenik, tahayul, atau kepercayaan turun-temurun (bahasa Jawa: gugon-tuhon)

8. Fungsi gagasan rasional adalah mampu meningkatkan citra diri seseorang.

3 dari 4 halaman

Ciri Orang dengan Pemikiran Rasional

1. Berpikir tentang masa depan lebih dari masa lalu

Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan tujuan dan masa depan dari peristiwa masa lalu, maka Anda seorang pemikir rasional. Pemikir rasional selalu berpikir target dan sasaran yang dituju. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Target tersebut berorientasi pada masa depan.

2. Selalu menanyakan alasan terlebih dahulu

Diminta melakukan sesuatu yang tidak baik atau bertentangan dengan apa yang Anda pikirkan, Anda harus tahu kenapa. Anda tidak akan melakukan itu tanpa alasan kuat. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Untuk itu, Anda menanyakan alasan terlebih dahulu sebelum melakukan hal itu. Ini bentuk Anda berpikir secara logis.

3. Melakukan sesuatu sesuai rencana

Anda menolak untuk melanjutkan sesuatu tanpa rencana yang akurat. Anda ingin tahu persis  segala sesuatu akan berjalan lancar. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Misalnya, selama liburan, Anda mungkin merencanakan tentang berapa lama liburan, di mana, dan apa yang akan Anda lakukan selama liburan di tempat tersebut.

4. Selalu memastikan sebab dan akibat

Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Membuat keputusan tanpa mengetahui dampaknya membuat Anda merasa cemas. Jika Anda tidak pernah membuat keputusan tanpa tahu pasti apa yang akan didapat, itu ciri pemikir yang sangat rasional.

5. Perkara mencapai target bukanlah sulit

Bagi Anda untuk mencapai target tidaklah sulit. Kuncinya adalah Anda punya metode yang tepat. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Anda merencanakan tujuan, metode yang tepat, lalu menjalankan metode tersebut demi mendapatkan apa yang Anda inginkan. Anda tahu, metodologi adalah kunci mencapai target apa pun, betapa pun target yang akan dicapai begitu tinggi.

4 dari 4 halaman

Ciri Orang dengan Pemikiran Rasional Lainnya

6. Mudah mendapatkan informasi

Begitu pertanyaan muncul di benak atau ada pertanyaan yang ditanyakan kepada Anda, pasti sudah tahu persis menemukan jawabannya. Anda mampu mempelajari keterampilan baru apa pun hanya dengan berkomitmen untuk mempelajarinya. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional.

7. Jarang memikirkan satu hal terlalu lama

Anda tidak pernah bisa duduk dan memikirkan satu hal terlalu lama. Anda ingin bergerak maju dan maju, meraih ke depan untuk mencapai target yang sudah direncanakan. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Motivasi terkuat adalah menentukan rencana ke depan, dan tidak membiarkan masa lalu menahan kesempatan Anda untuk maju.

8. Menyukai permainan catur

Catur adalah permainan yang penuh strategi. Butuh banyak wawasan dan pemikiran tingkat tinggi. Hanya pemikir rasional dan strategis yang dapat memainkannya secara maksimal. Jika Anda pandai bermain catur atau sangat menyukai permainan tersebut, kemungkinan Anda adalah seorang pemikir yang sangat rasional.

9. Selalu menyimpan rencana

Membuat rencana harian membuat Anda tetap terorganisir dan mencegah lupa dari segala janji dengan orang lain. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Segala rencana sudah disusun rapi. Banyak orang kesulitan menyusun rencana yang akan dilakukan karena mereka melupakannya atau menyerah saja.

10. Tidak membiarkan emosi membutakan penilaian

Emosi dapat membuat seseorang tidak berpikir rasional. Anda tidak pernah membiarkan emosi membutakan dari kebenaran yang nyata. Ini ciri orang dengan pemikiran rasional. Anda adalah seorang pemikir yang sangat rasional sehingga Anda dapat menyingkirkan emosi serta melakukan apa yang perlu dan benar dilakukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini