Sukses

Penyebab dan Cara Membersihkan Kotoran Mata yang Aman

Penyebab dan cara membersihkan kotoran mata perlu diperhatikan agar tidak iritasi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab dan cara membersihkan kotoran mata sering kali dianggap sepele. Saat ada kotoran atau benda asing yang masuk ke mata, kamu mungkin langsung refleks mengucek mata untuk mengeluarkannya. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan mata iritasi. Bila terus dibiarkan, bisa memperparah infeksi pada mata.

Setiap kotoran, pasir, debu, dan benda asing lainnya yang masuk ke mata perlu segera dibersihkan. Namun, cara membersihkannya pun tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan infeksi dan masalah yang lebih serius.

Penyebab dan cara membersihkan kotoran mata perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Berbagai gangguan mata dapat terjadi jika kotoran pada mata tidak dibersihkan dengan cara yang aman, misalnya kesulitan membuka kelopak mata pada pagi hari, mata berair disertai rasa gatal, hingga gangguan penglihatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020) penyebab dan cara membersihkan kotoran mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Kotoran Mata

Kotoran mata disebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor eksternal dan internal. Kotoran mata biasanya disebabkan oleh benda-benda dari luar tubuh (faktor eksternal) seperti kotoran, pasir, debu, dan benda asing lainnya. Saat benda-benda asing itu masuk, hal ini tentunya dapat mengganggu kornea mata. Kornea merupakan bagian mata yang tembus pandang dan terletak di bagian depan mata melindungi bagian-bagian mata seperti iris dan pupil.

Selain itu, kotoran mata juga bisa disebabkan karena faktor internal seperti infeksi, alergi, iritasi, atau kerusakan mata. Jika kotoran mata telah menumpuk, mata akan terasa gatal dan berkerak, tidak nyaman, sakit, berair, sulit digerakkan, sering berkedip, sulit dibuka saat bangun tidur, dan memerah.

3 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Kotoran Mata yang Aman

Posisikan Diri Senyaman Mungkin

Posisikan diri senyaman mungkin sebelum mulai membersihkan mata. Posisi yang nyaman juga dapat memudahkan aliran air yang mengenai mata saat membersihkan mata.

Mulailah dengan memiringkan kepala ke arah bawah atau sedikit menunduk. Dengan begitu, aliran air atau larutan pembersih mata akan segera jatuh sehingga mencegah penyebaran infeksi ke bagian mata yang lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan lensa kontak jika menggunakannya. Lensa kontak adalah salah satu penyebab infeksi mata yang paling sering terjadi, biasanya karena kamu tidak memasang lensa kontak dengan benar atau kelamaan pakai lensa kontak. Selain itu, penggunaan lensa kontak juga dapat menjebak kotoran yang masuk sehingga memperburuk gejala infeksi mata.

Sebelum membersihkan mata, pastikan kamu sudah melepaskan lensa kontak. Namun, pastikan juga kamu sudah mencuci tangan terlebih dahulu agar tidak memindahkan kuman dari tangan ke mata.

4 dari 5 halaman

Bersihkan Mata dengan Lembut

- Sebelum membersihkan kotoran mata kamu sendiri atau orang lain, ingat untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu.

- Kemudian, kamu dapat membersihkan kotoran mata dengan cara mengompres mata dengan kain bersih atau waslap yang sudah direndam di dalam air hangat.

- Diamkan beberapa menit agar kotoran mata yang mengendap dapat menjadi lebih lembut dan mudah dibersihkan.

- Lalu bersihkan mata dengan lembut secara perlahan-lahan hingga bersih.

Jika merasakan adanya gangguan, kamu sebaiknya memerikasakan mata ke dokter agar lebih aman. Selain itu, kamu juga dapat meminta untuk diajarkan bagaimana caranya merawat mata dan membersihkan kotoran mata yang benar, sehingga cepat mencapai pemulihan.

Selain itu, waspadai kondisi lanjutan setelah kotoran mata dibersihkan, yaitu bila mata masih merasa tidak nyaman, gejala semakin memburuk atau disertai gejala lain seperti mata terasa mengganjal atau berpasir, penglihatan kabur, dan mata terus berair. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk meminta pengobatan yang tepat.

5 dari 5 halaman

Kenali Gejala Infeksi Mata

Gejala infeksi mata di antaranya berupa mata merah, gatal, hingga sakit mata. Cara mengenali berbagai gejala infeksi mata ini adalah:

- Buka mata lebar-lebar dengan bantuan dua jari, kemudian perhatikan area mata kamu di depan cermin.

- Lihat bagian merah muda pada bagian dalam kelopak bawah. Bila terdapat kotoran atau bintik kecil, coba keluarkan kotoran tersebut secara perlahan dengan bantuan kapas basah atau aliran air.

- Lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai bola mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini