Sukses

8 Manfaat Skipping untuk Diet, Efektif Menurunkan Berat Badan

Lakukan skipping secara rutin dengan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat skipping untuk diet bisa kamu rasakan ketika dilakukan dengan cara yang tepat. Skipping merupakan salah satu olahraga sederhana ini dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan skipping mampu membakar kalori dan lemak dalam tubuh lewat keringat. Beberapa studi mengungkapkan bahwa skipping dapat membakar kalori lebih baik dibandingkan olahraga lainnya seperti jogging dan berenang.

Karena mampu membakar kalori lebih banyak dari kebanyakan olahraga aerobik lainnya, maka bisa dijadikan pilihan tepat untuk merasakan manfaat skipping untuk diet guna mempertahankan berat badan ideal. Berikut manfaat skipping untuk diet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Efektif Membakar Kalori

Manfaat skipping untuk diet yang luar biasa adalah mampu membakar kalori dan lemak pada tubuh. Pada sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa skipping membantu meningkatkan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh.

Melakukan skipping selama 10 menit dengan intensitas tinggi dapat dianggap setara dengan berlari 8 menit dan dapat membakar hampir 1.200 kalori dalam satu jam.

Mulailah dengan sesi pendek skipping 2-3 menit setiap harinya. Kemudian tingkatkan durasi dan intensitas untuk latihan selanjutnya.

3 dari 10 halaman

Efektif Menurunkan Berat Badan

Manfaat skipping untuk diet selanjutnya dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan yang diinginkan. Skipping selama 30 menit dapat membakar 300 kalori.

Kamu perlu melakukannya secara konsisten dan mengurangi 400 kalori dari asupan makan harian. Walaupun nampak sulit, namun kamu akan merasakan manfaat sempurna untuk program diet kamu.

4 dari 10 halaman

Membentuk Tubuh

Skipping yang dilakukan secara rutin dapat menjadikan otot tubuh terbentuk. Otot bagian kaki akan semakin kencang, namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga menambah keindahan pada kaki.

Otot pada lengan juga akan terbentuk karena skipping. Manfaat ini didapat karena tangan kerap bergerak dan menjadi poros saat tali berputar.

5 dari 10 halaman

Menambah Tinggi Badan

Manfaat skipping untuk diet lainnya tinggi badan akan bertambah. Manfaat skipping merupakan salah saru olahraga yang mampu meninggikan badan, sehingga skipping sering dijadikan sebagai salah satu program bagi banyak orang khususnya remaja untuk meninggikan badan.

6 dari 10 halaman

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Skipping akan melatih otot dan tulang, terutama di daerah tungkai bawah. apabila skipping dilakukan secara teratur selama setidaknya 6 bulan, maka kepadatan tulang akan meningkat secara signifikan.

Secara jangka panjang, kepadatan tulang yang baik akan membantu menunda bahkan mencegah osteoporosis di kemudian hari.

7 dari 10 halaman

Mengoptimalkan Energi dalam Tubuh

Skipping mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan skipping dilakukan dengan menggunakan energi. Oleh karena itu, skipping mampu membiasakan tubuh mengeluarkan energi yang tersimpan di dalam sehingga mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuh di kemudian hari.

8 dari 10 halaman

Membasmi Racun dalam Tubuh

Bukan hanya tubuh ideal yang didapat dari rutin melakukan skipping. Melainkan skipping juga akan membantu tubuh kamu membuang semua racun dalam tubuh.

Racun inilah yang menjadi penyebab utama kamu mudah terserang penyakit. Untuk itu, kamu perlu rutin skipping untuk membasmi racun dalam tubuh.

9 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Mental

Selain manfaat skipping untuk diet, studi menemukan bahwa orang-orang yang menjalani olahraga aerobic secara teratur seperti skipping diketahui memiliki kesehatan mental yang baik. Hal ini dikarenakan skipping dapat membuat seseorang menyalurkan energi dan pikiran secara positif.

Skipping juga dapat membuat kamu lebih tenang, tidak mudah cemas, dan tidak cepat terbawa emosi.

10 dari 10 halaman

Cara Melakukan Skipping untuk Diet

1. Skipping sebaiknya dilakukan sebentar saja, karena apabila terlalu lama, kamu akan merasa lelah. Usahakan skipping dilakukan dalam waktu sekitar 5–15 menit setiap sesinya. Setelah 15 menit, kamu perlu beristirahat sejenak dan melakukan latihan 1 sesi lagi. Banyaknya sesi yang kamu lakukan tergantung pada kekuatan tubuh kamu sendiri.

2. Sebelum melakukan skipping, sebaiknya lakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu untuk menghindari cedera.

3. Untuk gerakan lompat tali dapat kamu variasaikan. Kamu bisa melakukannya dengan dua kaki dan divariasikan dengan mengangkat satu kaki. Gerakan ini berfungsi ntuk menjaga keseimbangan.

4. Bagi pemula atau yang belum pernah melakukan olahraga ini, kamu dapat memulainya dengan latihan skipping yang ringan terlebih dahulu. Apabila tubuh mulai terbiasa, maka tingkatkan latihan secara perlahan.

5. Penggunaaan jenis tali skipping juga dapat memengaruhi lompatan kamu. Apabila kamu menggunakan tali yang pendek (tapi jangan terlalu pendek hingga kamu tidak dapat melakukan lompatan), biasanya akan membuat putaran skipping lebih cepat karena tidak terbelit-belit. Hal ini akan membuat lompatan kamu menjadi lebih sering.

6. Apabila kamu menggunakan tali skipping yang lebih berat, maka akan dapat melatih otot bahu dan tangan menjadi lebih kuat. Namun jika kamu masih pemula, gunakan saja tali skipping yang ringan terlebih dahulu. Apabila sudah terbiasa, baru pakailah tali yang lebih berat.

7. Lakukan gerakan lompat tali dengan hati-hati, jangan melakukannya secara berlebihan, karena rawan terjadi keseleo apabila kesalahan kaki pada saat menumpu. Oleh sebab itu, kamu perlu konsentrasi dan fokus supaya terhindar dari cedera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.