Sukses

Doa untuk Orang Susah BAB dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Doa untuk orang susah BAB bisa kamu lafalkan agar buang air besar menjadi lancar.

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk orang susah BAB perlu dikenali oleh kamu yang sering mengalaminya. Terkadang, kamu mungkin mengalami susah buang air besar yang membuat kamu tidak tahu lagi solusinya. Padahal, kamu sudah melakukan berbagai cara agar buang air besar menjadi lancar.

Doa untuk orang susah BAB bisa kamu lafalkan agar buang air besar menjadi lancar. Dengan berdoa, maka Allah SWT tentunya akan memberikan solusi dan membantu kamu keluar dari masalah yang sedang kamu hadapi.

Selain berdoa, kamu juga bisa menerapkan beberapa cara mengatasi susah BAB. Hal ini berkaitan dengan pola hidup sehat. Cara mengatasi susah BAB ini di antaranya dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman, hingga berolahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/5/2023) tentang doa untuk orang susah BAB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Susah BAB

Doa untuk orang susah BAB bisa menjadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah ini secara terus-menerus. Doa untuk orang susah BAB ini bahkan pernah diamalkan oleh Nabi Nuh AS. Hal ini seperti yang tercantum dalam kitab Al-Mushannaf Ibn Syaibah Jilid 2, yang berisi doa untuk orang susah BAB ini.

Berikut bacaan doa untuk orang susah BAB tulisan Arab:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذَاقَنِي لَذَّتَهُ، وَأَبْقَى مَنْفَعَتَهُ فِي جَسَدِي، وَأَخْرَجَ عَنِّي أَذَاهُ

Doa untuk orang susah BAB Latin:

Alhamdu lillahil ladzii adzaaqonii ladzdzatahuu wa abqoo manfa’atahuu fi jasadii wa akhroja ‘annii adzaahu.

Arti doa untuk orang susah BAB: 

“Segala puji bagi Allah yang telah merasakan kepadaku kelezatan makanan, dan melestarikan manfaatnya dalam tubuhku, dan mengeluarkan dariku keburukan atau penyakitnya.”

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Susah BAB

Selain membaca doa untuk orang susah BAB, kamu tentunya perlu mengatasi susah BAB ini dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat, maka buang air besar bisa kembali lancar. Berikut beberapa cara mengatasi susah BAB:

1. Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi susah BAB yang pertama yaitu dengan banyak minum air putih. Asupan cairan yang rendah merupakan penyebab umum susah BAB. Para ahli merekomendasikan untuk minum 1,5-2 liter cairan non-kafein per hari untuk mencegah sembelit. Namun, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak cairan jika hidup dalam iklim yang hangat atau berolahraga dengan keras.

Selain air putih, kamu juga dapat memenuhi asupan cairan dengan teh herbal dan minuman non-kafein seperti air ionasi. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan asupan cairan dengan memasukkan buah-buahan dan sayuran yang tinggi air, seperti mentimun, zucchini, seledri, tomat, melon, stroberi, semangka dan lain sebagainya.

2. Penuhi Kebutuhan Serat

Cara mengatasi susah BAB selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan serat. Serat larut menyerap air dan membantu melunakkan kotoran. Sementara, serat tidak larut bekerja seperti sikat gigi raksasa, membantu saluran pencernaan tetap berjalan lancar.

Makanan tinggi serat telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kondisi pencernaan, termasuk bisul, refluks, wasir, divertikulitis, dan IBS. Serat larut ditemukan dalam pati gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta sayuran. Pastikan untuk minum banyak air dengan makanan-makanan ini. Air akan membantu mendorong kotoran melalui sistem pencernaan dengan mudah.

3. Olahraga

Olahraga teratur adalah salah satu cara mengatasi susah BAB. Olahraga membantu perjalanan makanan melalui sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Penelitian pada orang sehat menunjukkan bahwa olahraga ringan, seperti bersepeda dan jogging, meningkatkan waktu transit usus hampir 30%.

Dalam penelitian lain pada orang dengan konstipasi kronis, rejimen olahraga harian termasuk 30 menit berjalan secara signifikan mengurangi gejala sembelit. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi gejala penyakit radang usus karena efek anti-inflamasi, seperti mengurangi senyawa inflamasi dalam tubuh.

 

 

4 dari 4 halaman

4. Hindari Kebiasaan Menahan BAB

Cara mengatasi susah BAB selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan menahan buang air besar. Hal ini malah dapat menyebabkan sembelit. Pasalnya, feses yang harusnya dikeluarkan tertahan di usus. Semakin lama ditahan, usus akan menyerap cairan pada feses lebih banyak. Akibatnya, feses akan jadi lebih padat, kering, dan akhirnya sulit dikeluarkan. Jadi, jika sudah muncul rasa untuk buang air besar, segera ke toilet. Menerapkan cara ini tidak hanya melancarkan BAB saat sembelit, tapi juga mencegah terjadinya sembelit di kemudian hari.

5. Konsumsi Probiotik

Konsumsi probiotik juga sangat penting sebagai cara mengatasi susah BAB. Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan ketika dikonsumsi sebagai suplemen. Bakteri sehat ini membantu pencernaan dengan memecah serat yang tidak bisa dicerna yang menyebabkan kembung.

Studi telah menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi gejala kembung, gas berlebih, dan rasa sakit pada orang dengan infeksi usus. Terlebih lagi, probiotik dapat mengurangi gejala sembelit dan diare sehingga mampu melancarkan BAB. Probiotik ditemukan dalam makanan fermentasi seperti tempe, kimchi, serta yogurt yang memiliki kultur hidup dan aktif. Probiotik juga tersedia dalam bentuk kapsul.

6. Mengunyah Makanan dengan Menyeluruh

Hal sederhana seperti mengunyah makanan dengan menyeluruh saja ternyata juga berpengaruh sebagai cara mengatasi susah BAB. Gigi memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga enzim di saluran pencernaan lebih mudah memecahnya. Mengunyah menghasilkan air liur, dan semakin lama kamu mengunyah, semakin banyak air liur dibuat.

Air liur membantu proses pencernaan di mulut dengan memecah beberapa karbohidrat dan lemak dalam makanan. Di perut, air liur bertindak sebagai cairan, yang dicampur dengan makanan padat sehingga lancar masuk ke usus. Mengunyah makanan secara saksama memastikan bahwa kamu memiliki banyak air liur untuk pencernaan. Ini dapat membantu mencegah gejala seperti susah BAB dan mulas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.