Sukses

Literasi adalah Kemampuan Menulis dan Membaca, Kenali Jenis-Jenisnya

Literasi adalah sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis.

Liputan6.com, Jakarta Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang di mana artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, istilah literasi sangat berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa. Secara sederhana, literasi adalah sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis.

Seorang indivudu dapat dikatakan mempunyai kemampuan literasi apabila seorang individu tersebut sudah memiliki kemampuan dasar dalam berbahasa seperti membaca, berbicara, menyimak, dan menulis.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian literasi menurut para ahli beserta tujuan dan jenis-jenisnya yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Literasi Secara Umum

Seperti yang disampaikan pada paragraf sebelumnya, bahwa literasi adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Membaca dapat diartikan sebagai proses menerjemahkan lambang-lambang bahasa hingga diproses menjadi suatu pengertian, dan menulis berarti mengungkapkan pemikiran dengan mengukirkan lambang-lambang bahasa hingga membentuk suatu pengertian.

Sehingga, singkatnya literasi adalah kemampuan memahami, menyadari, dan analisis terhadap pengetahuan maupun informasi yang diperoleh dari bacaan, tontonan dan sumber informasi lainnya.

Kini literasi di Indonesia sudah dipandang sebagai kemampuan yang lebih baik dari kemahirwacanaan, melek aksara dan keberaksaraan. Bahkan literasi jadi gerakan bagi pegiat pendidikan, baik informal dan juga nonformal.

Kemampuan literasi jadi tolok ukur pendidikan pelajar, yang tujuannya membentuk kesadaran tentang pentingnya kemajuan dan masa depan bangsa Indonesia. Apalagi secara sosiologis, tingkat literasi tinggi jadi faktor yang paling menentukan kemajuan masyarakat di sebuah bangsa.

Lewat literasi pula, seseorang tidak mudah terbawa informasi yang semakin deras dan beragam. Sekaligus bisa mengkritisi informasi yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Sehingga masyarakat tidak mudah termakan hoaks.

3 dari 5 halaman

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian literasi secara umum, berikut ini terdapat sejumlah pengertian literasi menurut para ahli, antara lain:

Elizabeth Sulzby

Pengertian literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Pengertian singkatnya literasi adalah kemampuan membaca dan menulis.

Harvey J. Graff

Pengertian literasi adalah kemampuan yang dimiliki dalam diri setiap orang untuk membaca dan menulis.

Jack Goody

Pengertian literasi adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

Alberta

Pengertian literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan keterampilan, berpikir kritis dalam memecahkan sebuah masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang bisa mengembangkan potensi serta partisipasi dalam masyarakat.

4 dari 5 halaman

Tujuan dan Manfaat Literasi

1. Tujuan Literasi

Adapun tujuan dari literasi antara lain sebagai berikut:

a. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi yang bermanfaat.

b. Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil keputusan dari informasi yang dibaca.

c. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian terhadap suatu karya tulis.

d. Meningkatkan nilai kepribadian dengan kegiatan membaca dan menulis.

e. Mengembangkan budaya literasi di tengah masyarakat.

f. Membantu seseorang menggunakan waktunya untuk hal yang bermanfaat.

g. Membantu menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang.

2. Manfaat Literasi

Sementara terdapat manfaat yang diperoleh dari literasi, yaitu:

a. Dapat memperkaya kosakata yang dimiliki.

b. Dapat memaksimalkan kinerja otak.

c. Dapat memperluas wawasan dengan informasi baru.

d. Dapat meningkatkan kemampuan verbal.

e. Dapat melatih kemampuan dalam berpikir kritis.

f. Dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi.

g. Dapat melatih menulis dan merangkai kata-kata.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Literasi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis literasi adalah:

1. Literasi Media

Literasi media adalah kemampuan seseorang dalam memahami berbagai bentuk media. Selain memahami bentuk media, literasi media juga membuat orang mampu menyerap informasi yang disampaikan media secara baik, bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

2. Literasi Dasar

Literasi dasar adalah kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan juga berhitung. Nah, tujuan dari literasi dasar adalah untuk mengoptimalkan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, dan juga berkomunikasi dengan dengan sesama.

3. Literasi Teknologi

Literasi teknologi adalah suatu kemampuan dalam mengetahui sekaligus memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, seperti software dan hardware. Selain itu, dapat memahami cara menggunakan internet yang baik dan benar serta etika dalam penggunaan teknologi.

4. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan adalah kemampuan dalam memahami dan membedakan karya tulis yang berbentuk fiksi maupun non-fiksi. Kemudian memahami cara menggunakan katalog dan indeks, juga kemampuan memahami informasi ketika membuat suatu karya tulis dan karya ilmiah.

5. Literasi Visual

Literasi visual adalah pemahaman yang lebih dalam menginterpretasi dan menangkap suatu makna dari informasi yang berbentuk visual atau gambar. Literasi visual ada, karena muncul pemikiran bahwa sebuah gambar itu dapat dibaca. Artinya, bisa dikomunikasikan dari proses membaca.

6. Literasi Digital

Literasi digital adalah kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.