Sukses

8 Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ada berbagai macam gaya renang yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Macam gaya renang penting diketahui siapapun yang ingin belajar renang. Berenang termasuk salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari.

Ada berbagai macam gaya renang yang bisa dilakukan. Macam gaya renang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh. Macam gaya renang bisa dipraktikkan bagi orang-orang dari segala usia.

Macam gaya renang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama. Macam gaya renang biasanya diajarkan saat pertama belajar berenang. Gaya-gaya ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Namun, sebagian besar gaya renang bisa dicoba untuk pemula.

Berikut 8 macam gaya renang dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Macam gaya renang

Gaya bebas

Gaya bebas termasuk macam gaya renang yang sering digunakan. Gaya ini juga paling mudah untuk dikuasai. Renang gaya bebas dilakukan dengan memposisikan tubuh telungkup. Teknik pernafasan gaya berenang ini memanfaatkan posisi tangan saat berada di atas untuk mengayuh. Kepala digelengkan ke kanan atau kiri kemudian menarik napas dengan mulut.

Dengan jari-jari kaki lancip, kaki menendang dengan gerakan naik-turun yang cepat dan padat yang dikenal sebagai 'tendangan flutter'. Sementara itu, lengan bergerak dalam pola yang terus menerus dan bergantian. Satu lengan menarik di bawah air dari posisi yang diperpanjang ke arah pinggul, sementara lengan lainnya pulih dengan menyapu di atas air dari pinggul ke luar posisi diperpanjang di depan.

Gaya punggung

Macam gaya renang selanjutnya adalah gaya punggung. Gaya punggung mirip dengan gaya bebas, tetapi dilakukan menggunakan punggung. Gaya punggung dilakukan dalam posisi terlentang horizontal. Seperti dalam gaya bebas, kaki menendang dengan tendangan mengepak yang pendek dan konstan sementara lengan bergerak dalam pola bergantian terus menerus.

3 dari 8 halaman

Macam gaya renang

Gaya dada

Gaya dada termasuk macam gaya renang yang paling umum dipelajari. Ini sering diajarkan kepada perenang pemula karena tidak perlu memasukkan kepala ke dalam air. Seperti gaya bebas, gaya ini di mulai dalam posisi tengkurap horizontal. Namun, dalam gaya dada, kamu bergerak antara posisi yang lebih horizontal dan ramping dan posisi pemulihan yang lebih vertikal, di mana kamu menarik tubuh keluar dari air untuk bernapas.

Gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu termasuk macam gaya renang tingkat lanjut. Gaya kupu-kupu dilakukan dalam posisi tengkurap horizontal, menggunakan gerakan bergelombang seperti gelombang di mana dada, diikuti oleh pinggul, terus bergerak ke atas dan ke bawah. Gerakan ini di mulai dalam posisi ramping di bawah air. Dari sana, tangan membuat bentuk jam pasir di bawah air saat ditarik ke arah pinggul, lalu keluar dari air dan memulihkan posisi yang diperpanjang dengan berputar ke depan tepat di atas permukaan air.

4 dari 8 halaman

Macam gaya renang

Gaya samping

Gaya renang samping dilakukan dengan berenang menyampung, mendorong tubuh ke depan dengan tendangan gunting dan gerakan lengan bergantian. Gaya samping merupakan macam gaya renang lama yang sudah jarang digunakan dalam kompetisi renang. Namun, gaya ini penting dipelajari untuk pertahanan diri. Gaya ini paling sering digunakan oleh penjaga pantai saat mereka menyelamatkan seseorang, karena gaya ini paling mudah memungkinkanmu untuk menarik sesuatu bersamaan.

Gaya trudgen

Gaya trudgen berkembang dari gaya renang samping dan dinamai menurut nama perenang Inggris John Trudgen. Macam gaya trudgen mirip dengan gaya bebas, hanya saja dipasangkan dengan tendangan gunting, mirip dengan yang digunakan pada gaya samping.

5 dari 8 halaman

Macam gaya renang

Gaya anjing

Renang gaya anjing merupakan gaya yang mengadopsi gerakan anjing saat berada di air. Gerakan ini memposisikan kepala berada di atas air sambil kaki dan tangan melakukan gerakan berenang seperti anjing. Gaya ini dimulai dengan menghadap ke air dan mendayung dengan tangan bergantian, seringkali dengan hidung dan mulut di atas air. Gaya anjing dapat digunakan secara terbalik untuk menggerakkan kaki tubuh terlebih dahulu.

Gaya Batu

Renang gaya baru dilakukan dengan cara menyelam tanpa harus muncul ke permukaan. Macam gaya renang ini dilakukan seperti menyelam ke dalam kolam selama beberapa detik.

6 dari 8 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Bakar kalori

Macam gaya renang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari. Ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Sehatkan jantung

Macam gaya renang termasuk latihan aerobik. Berenang memperkuat jantung dengan membantunya menjadi lebih besar. Berenang membuat jantung lebih efisien dalam pemompaan. Ini mengarah pada aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh.

7 dari 8 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Baik untuk paru-paru

Berenang juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan daya tahan napas. Berenang dapat membuat paru-paru lebih efisien dalam memproses udara yang dihirup. Berenang memperkuat inti secara keseluruhan, yang merupakan rumah bagi otot pernapasan yang memindahkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Tingkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Ini bermanfaat untuk orang yang memiliki masalah tidur seperti susah tidur atau kurang tidur.

8 dari 8 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Tingkatkan mood

Berenang juga bisa membantu meningkatkan suasana hati. Olahraga seperti berenang melepaskan endorfin, yang meningkatkan mood. Latihan aerobik dapat meningkatkan dan menstabilkan suasana hati serta mengurangi ketegangan secara keseluruhan.

Baik bagi persendian

Berenang tidak membebani sendi seseorang. Jadi, orang dengan artritis atau cedera sendi bisa memilih berenang sebagai olahraga yang cocok. Ini karena daya apung air mengurangi tekanan pada sendi yang menahan beban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.