Sukses

Studi Kasus adalah Metodologi Penelitian, Kenali Jenis dan Cara Menyusunnya

Studi kasus adalah bagian penting dalam menyusun penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Studi kasus adalah bagian penting dalam menyusun penelitian. Dalam penelitian, studi kasus adalah desain ketika ingin mendapatkan pengetahuan yang konkret. Studi kasus pasti sudah tak asing lagi dalam penyusunan skripsi, tesis atau disertasi.

Studi kasus adalah susunan yang terutama sangat bermanfaat untuk penelitian sosial. Biasanya, tujuan studi kasus adalah memperoleh pemahaman selengkap mungkin tentang kasus dan konteksnya. Studi kasus adalah rancangan yang digunakan dalam berbagai bidang termasuk psikologi, kedokteran, pendidikan, antropologi, ilmu politik, dan sosial.

Biasanya, kerja studi kasus adalah fokus pada satu individu atau kelompok. Studi kasus adalah metode yang baik untuk menggambarkan, membandingkan, mengevaluasi dan memahami aspek-aspek yang berbeda dari suatu masalah penelitian. Berikut pengertian studi kasus, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal studi kasus

Studi kasus adalah metodologi penelitian yang biasa digunakan dalam bidang ilmu sosial. Studi kasus adalah studi mendalam tentang satu orang, kelompok, atau peristiwa. Melansir Very Well Mind, dalam studi kasus, hampir setiap aspek kehidupan dan sejarah subjek dianalisis untuk mencari pola dan penyebab perilaku. Studi kasus adalah studi mendalam tentang satu orang, kelompok, atau peristiwa.

Studi kasus dapat digunakan dalam berbagai bidang termasuk psikologi, kedokteran, pendidikan, antropologi, ilmu politik, dan pekerjaan sosial. Studi kasus adalah desain penelitian yang tepat ketika ingin mendapatkan pengetahuan yang konkret, kontekstual, dan mendalam tentang subjek dunia nyata tertentu.

Sederhananya, studi kasus adalah studi intensif tentang seseorang, sekelompok orang atau suatu unit, yang bertujuan untuk menggeneralisasikan beberapa unit. Dalam studi kasus, peneliti mengkaji data mendalam yang berkaitan dengan beberapa variabel. Hasil dari penelitian studi kasus diharapkan dapat digeneralisasikan ke banyak kasus lainnya.

3 dari 6 halaman

Jenis studi kasus

Melansir Very Well Mind, ada beberapa jenis studi kasus. Jenis studi kasus adalah:

Studi kasus kolektif

Studi kasus kolektif melibatkan mempelajari sekelompok individu. Peneliti mungkin mempelajari sekelompok orang dalam pengaturan tertentu atau melihat seluruh komunitas orang.

Studi kasus deskriptif

Studi kasus deskriptif melibatkan dimulai dengan teori deskriptif. Subyek kemudian diamati dan informasi yang dikumpulkan dibandingkan dengan teori yang sudah ada sebelumnya.

Studi kasus penjelasan

Studi kasus penjelasan sering digunakan untuk melakukan penyelidikan kausal. Dengan kata lain, peneliti tertarik untuk melihat faktor-faktor yang mungkin sebenarnya menyebabkan hal-hal tertentu terjadi.

4 dari 6 halaman

Jenis studi kasus

Studi kasus eksplorasi

Studi kasus eksplorasi kadang-kadang digunakan sebagai pendahuluan untuk penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam. Hal ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan lebih banyak informasi sebelum mengembangkan pertanyaan penelitian dan hipotesis mereka.

Studi kasus instrumental

Studi kasus instrumental terjadi ketika individu atau kelompok memungkinkan peneliti untuk memahami lebih dari apa yang awalnya jelas bagi pengamat.

Studi kasus intrinsik

Jenis studi kasus ini adalah ketika peneliti memiliki kepentingan pribadi dalam kasus tersebut.

5 dari 6 halaman

Cara menyusun studi kasus

Dilansir dari Scribbr, berikut cara menyusun studi kasus:

Pilih kasus

Setelah mengembangkan pernyataan masalah dan pertanyaan penelitian, persiapkan untuk memilih kasus spesifik yang ingin difokuskan. Studi kasus yang baik harus memiliki potensi untuk:

- Memberikan wawasan baru atau tak terduga ke dalam subjek

- Menantang atau memperumit asumsi dan teori yang ada

- Mengusulkan tindakan praktis untuk menyelesaikan masalah

- Buka arah baru untuk penelitian masa depan.

Tidak seperti penelitian kuantitatif atau eksperimental, studi kasus yang kuat tidak memerlukan sampel acak atau representatif. Studi kasus seringkali dengan sengaja memusatkan perhatian pada kasus-kasus yang tidak biasa, terabaikan, atau terpencil yang dapat memberikan pencerahan baru pada masalah penelitian. Namun, kamu juga dapat memilih kasus yang lebih umum atau representatif untuk menunjukkan kategori, pengalaman, atau fenomena tertentu.

Bangun kerangka teoretis

Sementara studi kasus lebih fokus pada detail konkret daripada teori umum, mereka biasanya harus memiliki hubungan dengan teori di lapangan. Dengan cara ini studi kasus bukan hanya deskripsi yang terisolasi, tetapi diintegrasikan ke dalam pengetahuan yang ada tentang topik tersebut.

Mengaitkan kasus dengan teori bertujuan untuk mencontohkan sebuah teori dengan menunjukkan bagaimana teori itu menjelaskan kasus yang sedang diselidiki, memperluas teori dengan mengungkap konsep dan ide baru yang perlu dimasukkan, dan menantang teori dengan menjelajahi kasus outlier yang tidak sesuai dengan asumsi yang ada.

Untuk memastikan bahwa analisis kasus memiliki landasan akademis yang kuat, kamu harus melakukan tinjauan pustaka terhadap sumber-sumber yang terkait dengan topik dan mengembangkan kerangka teori.

6 dari 6 halaman

Cara menyusun studi kasus

Kumpulkan data

tudi kasus cenderung berfokus pada data kualitatif dengan menggunakan metode seperti wawancara, observasi, dan analisis sumber primer dan sekunder (misalnya artikel surat kabar, foto, catatan resmi). Terkadang studi kasus juga mengumpulkan data kuantitatif. Tujuannya adalah untuk memperoleh pemahaman selengkap mungkin tentang kasus dan konteksnya.

Jelaskan dan analisis kasusnya

Dalam menulis studi kasus, penulis perlu menyatukan semua aspek yang relevan untuk memberikan gambaran selengkap mungkin tentang subjek tersebut. Beberapa studi kasus terstruktur seperti makalah ilmiah atau tesis standar, dengan bagian atau bab terpisah untuk metode, hasil, dan diskusi.

Lainnya ditulis dengan gaya yang lebih naratif, bertujuan untuk mengeksplorasi kasus dari berbagai sudut dan menganalisis makna dan implikasinya. Namun, dalam semua kasus, pastikan untuk memberikan detail kontekstual tentang kasus tersebut, hubungkan kembali dengan literatur dan teori, dan diskusikan bagaimana hal itu cocok dengan pola atau perdebatan yang lebih luas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.