Sukses

Milad Artinya Hari Kelahiran, Ini Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Milad artinya waktu kelahiran kerap disandingkan dengan kata yaumul yang berasal dari kata yaum.

Liputan6.com, Jakarta Milad artinya adalah hari kelahiran, kata ini berasal dari Bahasa Arab dan telah diserap kedalam bahasa Indonesia. Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, membuat kata milad sering digunakan dalam peringatan organisasi maupun lembaga pemerintahan.

Milad artinya waktu kelahiran kerap disandingkan dengan kata yaumul yang berasal dari kata yaum. Yaum sendiri berarti hari, namun ketika disandingkan dengan kata milad menjadi ‘yaumul milad’ maka artiya menjadi ‘selamat hari ulang tahun’. Kalimat yaumul milad banyak digunakan untuk mengucapkan selamat bernuansa islami kepada orang yang sedang berulang tahun.

Mengucapkan selamat ulang tahun dengan kata serapan bahasa Arab ini selain indah juga lebih bermakna karena terasa menyatu dengan doa yang dipanjatkan.  Berikut ulasan tentang milad artinya hari kelahiran yang dirangkum Liputan6.com dari Berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Milad dan Penggunaanya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kata milad berasal dari bahasa Arab yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga, arti milad saat ini bisa kita jumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. dalam KBBI, arti milad adalah waktu kelahiran atau hari kelahiran.

Kata milad artinya hari kelahiran kemudian lazim digunakan dalam ucapan selamat ulang tahun masyarakat Indonesia juga. Kata milad biasanya didahului dengan kata yaumul, menjadi ‘yaumul milad’ yang berarti ‘selamat ulang tahun’. 

Selain didahului kata yaumul, kata milad sebagai ucapan selamat juga kerap disertai dengan ungkapan barakallah, barakallah fii umrik, dan sebagainya. Sehingga dalam ucapan selamat, arti milad atau yaumul milad tak saja jadi hari kelahiran. Melainkan menjadi sebuah ucapan selamat yang penuh makna dan doa.

Ucapan selamat ulang tahun yang penuh dengan doa ini dapat dijawab dengan yang baik pula. Misalnya ‘semoga Allah membalas kebaikanmu’ atau ‘semoga berkah Allah menyertaimu.

3 dari 4 halaman

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

1. Aku berdoa kepada Allah agar Dia selalu membuat kamu dikelilingi oleh kebahagiaan dan membimbingmu menuju jalan kejujuran dan integritas! Selamat ulang tahun!

2. Barakallah fii umrik, sahabatku. Semoga engkau selalu dalam keberkahan.

3. Barakallah fii umrik, teman. Tetaplah dan tambahlah kuat demi melanjutkan dakwah di Bumi Allah.

4. Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

5. Barakallahu fii umrik, ya. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat.

6. Barakallahu fii umrik. Semoga cita-citanya tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah.

7. Barakallahu fii umrik. Semoga menjadi pribadi yang semakin menawan, menawan dengan kecantikan yang terpancar dari kemurnian hati yang bening.

8. Beruntunglah kamu sobat. Usiamu bertambah dan keberkahanmu pun akan bertambah. Happy Milad sobat. Barakallah fii umrik, ya.

9. Happy Milad, Sahabatku. Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bertakwa lagi dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti.

10. Happy milad, sayang. Allah SWT benar-benar luar biasa telah mengirim pasangan yang luar biasa sepertimu kepada kami. Aku berdoa semoga hari istimewa ini diisi dengan momen-momen indah dan membahagiakan untukmu."

11. Happy milad! Semoga barokah sepanjang hayat, makin belajar, makin bermanfaat untuk orang lain.

12. Met milad, barakallahu fii umrik. Semoga mendapat kebahagiaan yang luar bisa. Semoga di hari berikutnya dapat menjadi bijaksana dibandingkan tahun lalu.

13.  Milad mubarak, barakallah fii umrik. Di hari spesialmu ini, semoga kamu sehat selalu dan diberikan rezeki yang melimpah.

14. Miladuki sa'idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikanNya, semoga dapat menjadi seseorang yang dirindukan oleh surga. Amin.

15. Miladuki saidah, barakallahu fii umrik! Semoga di sisa usiamu berkah sampai dunia akhir.

16. Yaumul milad, ibu dari anak-anakku. Dunia berbahagia dengan manusia paling berharga, selamat ulang tahun. Mudah-mudahan engkau senantiasa dilindungi Allah dalam kebaikan.

17. Yaumul milad. Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bertakwa lagi dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti.

18. Yaumul milad sahabatku. Semoga kamu selalu dalam kebaikan. Selamat berbahagia di hari ulang tahunmu. Setiap tahun, engkau adalah teman dekatku, sahabatku, dan orang yang paling berharga.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

1. Ied milad sa'eid. (Selamat ulang tahun!)

2. Ied milad sa'eid lak! (Selamat ulang tahun untukmu!)

3. Istamti' bi eidi milaadik! (Selamat menikmati hari ulang kelahiranmu.)

4. Mabruk alfa mabruk, yaum miladik mabruk! (Berkah seribu berkah, hari lahirmu berkah!)

5. Miladuki(ka) sa'idah, barakallahu fii umrik. (Semoga di sisa usiamu selalu diberikan keberkahan baik dunia maupun di akhirat.)

6. Yaumul milad, barakallah fii umrik. (Selamat hari kelahiran, semoga Allah melimpahkan keberkahan dalam pertambahan usiamu.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.